Keep your face always toward the sunshine, and shadows will fall behind you
Walt Whitman

Mengenalkan Huruf dan Angka pada Anak Usia Dini dengan Cara Menyenangkan

author
Ruth Sinambela
Kamis, 13 Januari 2022 | 14:55 WIB
Mengenalkan Huruf dan Angka pada Si Kecil dengan Cara Menyenangkan | Shutterstock

Bunda yang buah hatinya tengah berusia 2 – 4 tahun, pasti sudah mulai mengenalkan huruf dan angka, bukan? Pada usia dini, mengenalkan huruf dan angka memang disarankan, Bun. Dengan mengenalkan huruf dan angka sejak dini, nantinya si kecil akan lebih mudah mengikuti pelajaran saat mulai bersekolah.

Namun ingat, untuk anak usia dini, mengenalkan huruf dan angka jangan sampai menjadi momok atau keharusan. Namanya saja mengenalkan, bukan mengajarkan ya, Bun. Dengan mengenalkan, diharapkan si kecil akan akrab dan mau bermain-main dengan huruf dan angka tersebut. Jangan sampai, ke depannya anak malah menjadi takut, terpaksa, bahkan trauma untuk belajar huruf dan angka.

Ajaklah Si Kecil Menghitung Buah atau Mainan Miliknya, Bun! | Shutterstock

Baca Juga: Balita Punya Gaya Belajar Auditori, Apa Cirinya?

Oleh karena itu, demi dapat mengenalkan huruf dan angka pada si kecil dengan sukses, Bunda harus dapat melakukannya semenarik dan semenyenangkan mungkin. Yuk, simak tips dan trik mengenalkan huruf dan angka pada anak usia dini, berikut ini.

Melakukan pekerjaan rumah bersama Bunda

Bunda, ajaklah si kecil melakukan pekerjaan rumah, seperti menghitung pakaian yang akan Bunda jemur, menghitung buah dan sayur yang akan Bunda olah, atau menghitung susu kotak yang Bunda beli di warung maupun supermarket.

Menemani si kecil bermain dan berkegiatan di rumah

Kali ini, Bunda yang membantu si kecil menghitung boneka hewannya, menyusun puzzle huruf, atau dengan bermain ular tangga. Beberapa hal ini adalah kegiatan yang akan menyenangkan untuknya namun juga membuatnya melihat huruf dan angka di sekitarnya lebih sering, Bun.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Saat Anak Bosan dan Malas Belajar di Rumah

Bermain Engklek Dapat Digunakan untuk Mengajari Si Kecil Berhitung | Shutterstock

Berkegiatan seni

Bunda pasti setuju kalau anak-anak usia dini paling suka mencoret, menggambar, mewarnai dan menyanyi. Pergunakanlah saat-saat ini untuk menyanyikan lagu mengenai huruf dan angka, menggambar dan menghitung angka, melukis huruf, dan sebagainya. Tak lupa pula ajaklah si kecil untuk ikut terlibat aktif saat menyanyi, melukis, maupun mewarnai ya, Bun.

Menciptakan permainan yang kreatif

Bunda dapat berimajinasi dan menciptakan permainan-permainan yang menarik dan seru. Misalnya dengan menggunakan kardus bekas yang diisi potongan kertas berbentuk ikan bertuliskan huruf atau angka di sisinya. Ujung mulut ikan dapat ditempel paper clip sehingga si kecil dapat “memancingnya” menggunakan benang yang di ujungnya terikat potongan tusuk gigi atau lidi. Benang pancing ini nantinya dapat digunakan untuk memancing atau mengambil ikan kertas, dengan cara mengaitkan ujung tusuk gigi ke klip yang tertempel pada mulut ikan. Apabila si kecil memancing huruf maupun angka, ia wajib menyebutkan huruf apa atau angka berapa yang didapatnya, Bun.

Saat melakukan aktivitas sehari-hari

Misalnya saat makan, kenalkanlah si kecil apa nama sayur yang ia makan, dan bagaimana mengejanya. Hitung berapa potong buah yang Bunda sediakan di piringnya. Dan lakukanlah dengan gembira tanpa beban apapun untuk anak. Atau saat sore hari si kecil berjalan-jalan di sekitar rumah, ajaklah ia untuk mengamati bunga, tanaman, atau apapun. Bunda dapat menyebutkan namanya, warna, dan berapa jumlahnya. Si kecil pasti akan dengan senang hati mengikuti ucapan Bunda.

Si Kecil Akan Senang Mempelajari Angka dan Huruf Sambil Membantu Bunda Memasak atau Membuat Kue | Shutterstock

Baca Juga: Melatih Fokus Anak Saat Belajar, Yuk Simak Tipsnya Dari Psikolog Hanlie Muliani

Dalam mengenalkan huruf dan angka pada anak usia dini, satu-satunya yang harus memenuhi tuntutan adalah Bunda sendiri. Bunda dituntut untuk berpikir kreatif dan menyenangkan. Ingat ya, Bun, harus menyenangkan. Apabila Bunda berhasil melakukannya secara rutin, otak si kecil yang dapat menyerap sebanyak-banyaknya informasi, pasti akan segera menunjukkan hasil, dan dengan sendirinya akan mengenal huruf dan angka dengan baik.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela