For me, motherhood is learning about the strengths I didn’t know I had, and dealing with the fears I didn’t know existed.
Halle Berry

Lakukan 5 Hal Ini Saat Anak Bosan dan Malas Belajar di Rumah

author
Ratih Sukma Pertiwi
Rabu, 6 Mei 2020 | 12:00 WIB
Anak malas belajar karena bosan. | SHUTTERSTOCK

 

Sudah hampir dua bulan anak-anak bersekolah dari rumah karena pandemi Covid-19. Rasa bosan dan malas pun mulai melanda. Bagaimana mengatasinya?

Pandemi Covid-19 mengharuskan masyarakat untuk berada di rumah. Sekolah pun terpaksa dialihkan ke rumah. Bagi anak-anak hal ini awalnya terasa menyenangkan, seakan libur panjang.

Namun lama-kelamaan di rumah membuat anak-anak bosan juga. Anak mulai malas-malasan belajar dan sering cranky jika jam belajar di rumah tiba. Bunda pun bingung bagaimana mengatasinya.

Jangan khawatir, apalagi panik dan memarahi anak. Bunda sebaiknya melakukan beberapa tips berikut ini:

 

1.Orang Tua Terlibat

Sekolah dari rumah memang melibatkan guru di sekolah, namun pengawasan dan bimbingan dari orang tua juga dibutuhkan.

Tunjukkan bahwa orang tua juga tertarik dan bersemangat mendamping anak belajar dan mengerjakan tugas-tugas sekolah. Dengan begitu, anak merasa diperhatikan dan kembali bersemangat.

 

2.Pola Belajar yang Menyenangkan

Ada anak yang suka belajar ditemani camilan kecil, ada yang suka diberi pertanyaan teka-teki atau kuis, ada yang senang praktik langsung, ada yang banyak bertanya, ada yang senang mengerjakan PR setelah tidur siang, ada yang senang belajar sambil mendengar musik, dan sebagainya.

Cobalah orang tua mencari dan memahami pola belajar seperti apa yang nyaman dan menyenangkan bagi anak.

 

Baca juga:Duh... Si Kecil Kok, Malas Banget, Sih?

 

3.Hindari Memaksa dan Memarahi

Salah satu alasan yang membuat anak malas belajar adalah orang tua terlalu memaksa bahkan memarahi anak agar mau belajar. Cobalah untuk tidak melakukan dua hal tadi, sehingga anak tidak merasa tambah tertekan dan justru malas belajar.

Sebaliknya tanyakan kepada anak kenapa ia merasa malas belajar, apa yang menjadi kendalanya, dan bicarakan solusinya bersama.

 

4.Suasana Belajar Nyaman

Saat anak sedang belajar, orang tua atau saudaranya yang lain malah asyik nonton teve atau menyetel musik keras-keras. Tentu saja ini membuat anak sulit berkonsentrasi.

Ciptakan suasana nyaman pada jam belajar anak. Siapkan segala kebutuhan belajarnya untuk memperlancar proses belajar.

 

Baca juga: Anak Kesulitan Belajar, Lakukan 7 Hal Ini

 

5.Jangan Lupakan Pujian

Snack untuk si kecil, reward agar lebih semangat belajar. | SHUTTERSTOCK

Harus tinggal di rumah terus-menerus, sekolah dari rumah, aktivitas dibatasi, bertemu teman hanya via online, semua itu cenderung membuat anak jenuh bahkan stres.

Maka sebaiknya hargai setiap usaha anak. Pujian atau penghargaan atas sekecil apapun upaya belajar anak membuatnya lebih terpacu untuk belajar lebih giat.

Jangan hanya naik pitam saat nilai anak kurang, tapi Bunda lupa memujinya ketika nilainya baik.

 

Yuk, coba kita lakukan, Bunda.

 

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi