For me, motherhood is learning about the strengths I didn’t know I had, and dealing with the fears I didn’t know existed.
Halle Berry

Tahun Baru Imlek 2537, Tahunnya Macan Air

author
Ruth Sinambela
Senin, 31 Januari 2022 | 11:12 WIB
Tahun Baru Imlek 2022, Tahunnya Macan Air |

Sudah mulai hujan terus nih, tandanya sebentar lagi mau Imlek bukan sih, Bun? Mudah-mudahan rejeki lancar di sepanjang tahun ini, selancar rintik hujan yang turun dari langit dan membasahi bumi, ya!

Jatuh tepat di awal bulan Februari, tanggal 1 Februari 2022, akan dirayakan sebagai Tahun Baru Imlek oleh seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Tionghoa. Kalau sekarang Bunda jalan-jalan ke pusat-pusat perbelanjaan atau tempat pariwisata, suasana dan dekorasi yang dihadirkan pasti bernuansa merah dan emas. Warna yang sudah menjadi ciri khas perayaan Imlek setiap tahun di seluruh dunia.

Baca Juga: Bakso Ikan Untuk Imlek Ini Dijamin Enak Tanpa Pengenyal

Macan Air (Ren Yin) melambangkan kekuatan, dan keberanian

Menurut sistem penanggalan Cina, keberuntungan setiap shio selalu berubah-ubah setiap tahunnya. Hal ini dipengaruhi oleh lima elemen dalam astrologi Cina yang terdiri dari logam, air, kayu, api dan tanah. Masing-masing elemen dipercaya akan mempengaruhi sifat, karakter, dan peruntungan seseorang sesuai dengan tahun kelahirannya menurut penanggalan Cina.

Tahun 2022 atau tahun 2537 dalam penanggalan Cina, merupakan tahunnya shio Macan Air, yang seperti shio lainnya, memiliki siklus 60 tahun, Bun. Menurut ahli Feng shui, Yulius Fang, seperti dilansir dari Suara.com, tahun macan air akan menjadi tahun dimana masyarakat sudah bisa lebih leluasa bergerak dan beraktivitas. 

Baca Juga: Imlek Tidak Lengkap Tanpa Kue Lapis Surabaya, Yang Ini Ada 4 Lapisan!

Macan air yang memikili sifat positif, adaptif, bijak, cerdas kreatif, berhati-hati dan sosialisasinya tinggi. Namun juga berani dan kuat, akan membawa keleluasaan dalam bergerak dan berkreatifitas di tahun ini.

Macan Dengan Elemen Air Sebagai Shio Tahun Baru Imlek 2022 | Shutterstock

Keberuntungan bagi si kecil yang lahir di tahun macan air

Kalau menurut astrologi Cina, beberapa hal berikut ini dipercaya akan memberi keberuntungan bagi si kecil yang lahir di tahun ini, Bun!

  • Angka keberuntungan 1, 3, 4, dan semua angka yang mengandung angka-angka tersebut
  • Hari keberuntungan setiap tanggal 16, dan 27 menurut penanggalan Lunar Cina
  • Warna keberuntungan biru, abu-abu, dan oranye
  • Bulan keberuntungan 3, 7, dan 10 dalam penanggalan Lunar Cina

Baca Juga: Pindang Bandeng Pembawa Rejeki Ini Wajib Tersaji Saat Imlek

Gimana, Bun. Sudah siap menjalani tahun macan air? Semoga Bunda dan keluarga selalu berbahagia dan sukses juga meraih keberhasilan di tahun ini, ya. Selamat merayakan Tahun Baru Imlek 2537 bagi Bunda yang merayakan. Gong Xi Fat Chai!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela