You are beautiful because you let yourself feel, and that is a brave thing indeed.
Shinji Moon

Manfaat Luar Biasa Pretend Play bagi Tumbuh Kembang Anak

author
Ruth Sinambela
Jumat, 18 Februari 2022 | 11:07 WIB
Pretend Play Memungkinkan si Kecil Mengembangkan Kreativitas dan Imajinasinya | Shutterstock

Bermain adalah sarana yang paling diperlukan anak untuk tumbuh dan belajar sesuai dengan perkembangan usianya, Bun. Bermain juga merupakan waktu dan tempat dimana anak dapat berkreasi, berimajinasi, dan mengenali lingkungan, orang lain, dan dirinya sendiri.

Bermain juga bisa menjadi salah satu cara untuk membentuk kepribadian dan karakter, yang dapat dimanfaatkan oleh orang tua dengan mengenalkan nilai dan kebaikan pada anak sejak dini lewat permainan.

Dengan begitu, si kecil akan banyak belajar dan Bunda juga bisa mengenalkan nilai-nilai yang ingin Bunda ajarkan padanya. Dengan belajar sambil bermain seperti ini, si kecil juga menjadi lebih mudah mengerti dan memahami hal-hal baik yang Bunda sampaikan.

Baca Juga: Manfaat Besar dari Bermain Cilukba untuk Si Kecil

Misalnya saat Bunda dan si kecil memainkan permainan pura-pura, atau pretend play. Pretend play merupakan salah satu cara bermain yang baik dan memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembang si kecil, Bun.

Memainkan karakter yang sesuai dengan kehidupan nyata

Permainan pura-pura merupakan permainan sederhana, dimana si kecil akan memerankan sebuah karakter, atau seseorang yang diinginkannya. Saat memainkan permainan ini, sebaiknya Bunda tidak banyak mengatur atau melarang anak, Bun. Cukup ikuti cerita yang dibuatnya dan perhatikan saja agar cerita tidak “menyimpang” dari nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari yang ingin Bunda tanamkan. Selain itu, biarkan si kecil berkreasi dan menjadi kreatif.

Sebaliknya Bunda dapat memberi contoh bagaimana karakter yang dimainkan anak seharusnya bersikap. Dengan begitu si kecil akan mengetahui mana yang baik dan tidak baik, dari apa yang mungkin pernah ia lihat di televisi atau smartphone, secara sengaja maupun tidak disengaja, Bun.

Baca Juga: Anak Ternyata Butuh Bermain Sendiri, Ini Alasannya

Misalnya, ketika si kecil memerankan polisi. Bunda dapat mengajarkan atau memberi contoh padanya, bagaimana seorang polisi bekerja menjaga keamanan, dan membantu orang-orang, bukannya menggunakan senjata sebagai alat untuk menakut-nakuti apalagi menyakiti orang lain.

Bunda dan Ayah Perlu Menyempatkan Waktu Bermain Peran Bersama Si Kecil | Shutterstock

Manfaat bermain permainan pura-pura pada anak

Menurut Susan Linn, penulis The Case for Make Believe: Saving Play in a Commercialized World, bermain pura-pura sebetulnya lebih dari sekadar permainan anak-anak karena sangat penting bagi perkembangan kreativitas, empati, maupun kemampuan belajar dan memecahkan masalah pada anak.

Berikut ini beberapa manfaat luar biasa dari bermain permainan pura-pura pada si kecil:

  • Melatih kemampuannya untuk memutuskan sesuatu, berinisiatif untuk memulai dan mengakhiri sesuatu, dan lain sebagainya.
  • Belajar mengenai keterampilan hidup. Seperti tugas-tugas yang harus dilakukan dalam menjaga kebersihan rumah, kesehatan diri.
  • Belajar bersosialisasi dan berkomunikasi dengan orang lain.
  • Efektif dalam mendukung kesiapan anak untuk sekolah.
  • Mengembangkan kemampuan berbahasa.
  • Mengenalkan dan menumbuhkan empati dalam diri anak.

Baca Juga: 7 Tips dan Manfaat Bermain Bersama Anak

Karena begitu bermanfaatnya memainkan permainan pura-pura, Bunda tentu harus ikut ambil bagian dalam permainan ini ya, Bun. Memainkannya bersama teman-teman sebaya memang baik untuk si kecil. Namun, sesekali Bunda juga wajib ikut bermain, demi memberikan contoh dan nilai-nilai yang baik bagi anak.

Juga ketika anak bermain pura-pura bersama teman-temannya, sebaiknya tetaplah memperhatikan cerita yang dimainkan agar sesuai untuk usia dan tumbuh kembangnya, ya. Selamat menemani si kecil bermain, Bunda.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela