I finally realized that being grateful to my body was key to giving more love to myself.
Oprah Winfrey

Manfaat Besar dari Bermain Cilukba untuk Si Kecil

author
Ruth Sinambela
Selasa, 4 Januari 2022 | 11:19 WIB
Permainan Cilukba Sangat Digemari Anak-anak | Shutterstock

Permainan cilukba, atau peek-a-boo, adalah permainan yang dimainkan di seluruh dunia, dan sangat disukai bayi atau anak-anak. Permainan ini pasti sering juga Bunda mainkan bersama si kecil di rumah, bukan? Pernahkan Bunda mengamati bagaimana ekspresi si kecil, ketika Bunda menutup wajah dengan kedua telapak tangan? Awalnya si kecil pasti akan merasa sedikit takut atau gelisah, Bun.

Di dalam pemahamannya, ketika Bunda menutup wajah, ia menyadari kalau Bunda tiba-tiba menghilang. Lalu, ketika Bunda membuka penutup wajah sambil berkata “Ba!” si kecil akan tertawa gembira. Pada saat itu bayi atau anak-anak menyadari kalau Bunda sudah kembali bersama dengan mereka, Bun. Gemes, ya!

Baca Juga: Bukan Cuma Cilukba, Ini 5 Aktivitas Bermain Bersama Bayi

Alasan si kecil menggemari permainan “CILUKBA”

Cukup menarik nih, Bun. Seorang peneliti dari University of Cambridge, James Russel, mengamati bahwa balita yang diajak bermain cilukba, memiliki pemahaman kalau orang lain tidak dapat melihat mereka, saat mereka menutup wajah dengan kedua tangannya. Bagi si kecil hal ini sangat menarik karena mereka merasa dirinya tengah bersembunyi.

Selain itu, dengan bermain cilukba, anak-anak juga mulai memahami konsep muncul dan menghilang, Bun. Yaitu ketika Bunda menutup wajah, si kecil akan menganggap Bunda menghilang, lalu ketika Bunda membuka penutup wajah, mereka menganggap Bunda tiba-tiba muncul lagi. Tentu hal ini menjadi sesuatu yang seru bagi si kecil.

Sering Mengajak Si Kecil Bermain Cilukba Akan Mengasah Kemampuan Bersosialisasinya | Shutterstock

Baca Juga: Nggak Nyangka, Ini Manfaat Main Cilukba Bagi Bayi!

Manfaat yang didapat dari bermain cilukba

Dengan memainkan permainan cilukba, bukan hanya kegembiraan yang akan didapat oleh si kecil, Bun. Namun juga beberapa hal berikut ini:

  • Si kecil jadi terbiasa berinteraksi. Tak sekadar memancing tawa, permainan ini secara tak langsung juga meningkatkan kontak mata dan komunikasi non-verbal Bunda bersama si kecil, sehingga membuat si kecil terbiasa berinteraksi.
  • Mengenalkan pola dan kebiasaan pada si kecil. Seiring dengan bertambahnya usia anak, ia akan menyadari kalau permainan cilukba bukan hanya permainan “menghilang”, melainkan ada pola dan kebiasaan yang harus dilakukan ketika bermain.
  • Mengembangkan kemampuan kognitif. Termasuk juga membangun kemampuan awal matematikanya. Cilukba membuat si kecil lebih jeli dalam memperhatikan persamaan dan perbedaan objek. Pemahaman ini dipercaya merupakan langkah yang baik untuk si kecil dalam mengenal matematika.
  • Memperkuat ikatan antara Bunda dan si kecil. Dengan bermain cilukba, si kecil akan lebih jeli mengamati wajah juga suara Bunda, ia akan semakin mengenali orang tua yang menyayangi, menjaga, dan memberi rasa aman untuknya.

Baca Juga: 7 Tips dan Manfaat Bermain Bersama Anak

Permainan sederhana ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat ya, Bun. Kalau begitu, jangan lupa mengajak si kecil bermain cilukba hari ini, ya!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela