We may not be able to prepare the future for our children, but we can at least prepare our children for the future.
Franklin D. Roosevelt

Nggak Nyangka, Ini Manfaat Main Cilukba Bagi Bayi!

author
Isna Triyono
Kamis, 13 Desember 2018 | 14:49 WIB
SHUTTERSTOCK |

Setiap orangtua yang memiliki bayi, pasti pernah memainkan permainan sederhana cilukba.

Permainan yang menurut kita sangat sederhana ini nyatanya ampuh membuat senyum dan tawa bagi bayi.

Seperti yang dilansir dari Essensialbaby, permainan cilukba ini enggak cuma bikin tertawa bayi lo, tetapi juga punya manfaat besar banget untuk perkembangan bayi.

Apa aja manfaat itu?

1. Tidak Takut Berpisah

Dengan bermain cilukba yang berulang-ulang, bayi akan belajar bahwa ibu atau ayahnya ‘hilang’ sebentar namun akan muncul kembali sambil mengucapkan ‘baa..’
Bayi juga akan belajar bahwa ketika ayah dan ibunya enggak terlihat bukan berarti mereka enggak ada.

Baca juga: Anti Ribet, Ini Tips Menyimpan Puree Untuk Bayi

"Perpisahan sesaat (ketika orangtua menutup wajah dengan telapak tangan) yang diikuti dengan ‘pertemuan’ (ketika membuka telapak tangan dan bayi kembali bisa melihat wajah orangtuanya) membangun kepercayaan dan keterikatan yang kuat antara orang tua dan anak. Ini dapat membantu mengurangi risiko kecemasan perpisahan saat bayi dewasa," kata dr Kimberley O’Brien, Kepala Prikolog Anak di Quirky Kid Clinic, Australia.

2. Meningkatkan Keterampilan Motorik, Koordinasi Tangan dan Mata

Saat bayi mulai meraih dan menangkap objek, permainan cilukba bisa meningkatkan keterampilan motorik dan koordinasi tangan dan mata. Biarkan bayi berusaha membuka telapak tangan yang menutupi wajah orangtuanya. Ia akan belajar berusaha untuk mendapatkan apa yang ia inginkan.

3. Interaksi Sosial

Cilukba bisa disamakan seperti percakapan sederhana, ‘dimana ibu’ lalu diikuti dengan ‘baa…’ ibu di sini’. Untuk bayi, interaksi bolak-balik ini menjadi modal dasar untuk mereka membangun keterampilan interaksi sosial di masa datang.

SHUTTERSTOCK |


4. Belajar Antisipasi dan Pola

Setelah dilakukan berulang-ulang, bayi akan belajar soal pra-matematika, yaitu menyusun pola. Bayi akan mengetahui setelah kata ‘ciluk’ dan ibu bersembunyi di balik telapak tangan, selalu diikuti dengan kata ‘ba… dimana wajah ibu akan muncul kembali.

Bayi juga mengantisipasi kejutan wajah ibu akan tiba-tiba muncul dari balik telapak tangan.

Baca juga: Jangan Tidur Seranjang Dengan Bayi Jika …

5. Bonding yang Kuat Antara Orangtua dan Bayi

Dalam 6 bulan pertama kehidupannya, orangtua biasanya lebih fokus memenuhi kebutuhan bayi seputar memberi makan, mengganti popok, tidur, dan mandi.

“Permainan cilukba bisa menjadi kesempatan bagi orangtua beralih dari tugasnya ‘melayani’ menjadi teman bemain yang menyenangkan dan interaktif,” kata dr O’Brien.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono