Love as powerful as your mother’s for you leaves its own mark to have been loved so deeply .. will give us some protection forever.
J.K. Rowling

Free Play Sangat Bermanfaat untuk Tumbuh Kembang Anak, Bun!

author
Ruth Sinambela
Selasa, 22 Februari 2022 | 15:00 WIB
Free Play atau Bermain Bebas Berarti Membiarkan Si Kecil Bermain Sesuai Keinginan dan Imajinasinya Menggunakan Barang-barang yang Bukan Mainan | Shutterstock

Bermain merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam perkembangan motorik maupun kognitif anak, Bun. Namun jangan lupakan perkembangan emosional atau mentalnya. Lewat bermain, Bunda akan dapat memberikan kesemuanya sekaligus, lho.

Apalagi, kalau Bunda dapat mengarahkan si kecil untuk bermain bebas, atau lebih dikenal dengan “free play”, tentu akan lebih baik lagi.

Baca Juga: Anak Ternyata Butuh Bermain Sendiri, Ini Alasannya

Pengertian free play

Free play merupakan metode bermain bebas yang disarankan untuk anak. Yaitu dengan bermain tanpa arahan orang dewasa, juga tanpa menggunakan mainan elektronik maupun gadget, Bun. Free play menekankan pada kebebasan bermain dengan menggunakan benda atau barang di sekitarnya.

Dengan bermain bebas atau free play, anak-anak akan terbiasa untuk berpikir kreatif, memutuskan sesuatu untuk dirinya sendiri, melatih kemampuan sosialisasi, hingga memberi kesempatan si kecil mengasah kemampuan berpikir alaminya, Bun.

Apa saja sih, manfaat yang dapat Bunda juga si kecil dapatkan dari bermain bebas atau free play? Ini dia penjelasan lengkapnya!

Mengasah kreatifitas

Tanpa arahan maupun aturan dari orang dewasa, si kecil akan terdorong untuk mengembangkan imajinasinya, hingga berkreasi sesuai dengan minatnya. Apabila Bunda teliti memperhatikan arah permainan yang dipilih atau diciptakan si kecil setiap kali ia bermain bebas, Bunda akan bisa melihat dan menemukan bakat si kecil, lho!

Baca Juga: Manfaat Besar dari Bermain Cilukba untuk Si Kecil

Bermain tanpa Mainan dapat Pula Dilakukan Bersama Saudara juga Bunda dan Ayah di Rumah | Shutterstock

Mandiri dan percaya diri

Lagi-lagi, karena Bunda memberikannya kebebasan bermain, maka si kecil akan terbiasa untuk bersikap mandiri, tidak sedikit-sedikit minta bantuan Bunda. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi tumbuh kembangnya, Bun. Ia juga akan bisa menjadi dirinya sendiri, dengan cara dan sesuai kemauannya sendiri. Dengan begitu, nantinya si kecil akan tumbuh menjadi anak yang mandiri dan percaya diri.

Mudah bersosialisasi

Bermain bebas akan lebih baik apabila dilakukan bersama saudara maupun teman sebayanya, Bun. Anak yang lebih sering bermain bebas bersama anak lainnya, biasanya akan lebih mudah bersosialisasi. Dengan bermain bebas bersama teman sebaya, si kecil akan terbiasa untuk berbagi dan bercakap-cakap secara alami tanpa dipaksa atau diarahkan.

Mengenal minat dan bakat anak

Bukan hanya si kecil, Bunda juga akan dapat melihat dengan jelas, kemana ia cenderung mengarahkan minatnya. Maka akan lebih mudah bagi Bunda untuk mengarahkan minat dan bakat si kecil nanti setelah ia lebih besar.

Baca Juga: 7 Tips dan Manfaat Bermain Bersama Anak

Nah, itu dia beberapa manfaat bermain bebas atau free play untuk anak. Begitu banyak manfaat yang bisa didapat si kecil dari bermain. Bahkan para ahli maupun pakar sepakat bahwa waktu bermain merupakan hal yang wajib. Walau tidak ada aturan khusus yang mengatur jam bermain anak, sebaiknya si kecil memiliki waktu bermain minimal 3 jam dalam sehari ya, Bun!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela