Keep your face always toward the sunshine, and shadows will fall behind you
Walt Whitman

Ide Ngabuburit untuk Si Kecil di Bulan Ramadhan

author
Ruth Sinambela
Jumat, 15 April 2022 | 11:09 WIB
Menghabiskan waktu di bulan puasa bersama si kecil akan menjadi kenangan masa kecil yang menyenangkan bagi anak, Bun | Shutterstock

Dua minggu sudah umat Muslim di Indonesia menjalankan ibadah puasa. Bagaimana puasanya, Bun, lancar? Semoga ibadah puasa Bunda dan keluarga menjadi amal baik dan bermanfaat pula untuk seluruh anggota keluarga juga sesama, di mana pun berada, ya.

Menjalankan ibadah puasa di rumah, pastinya menjadi sebuah tradisi yang dinanti-nanti, terutama oleh si kecil. Apabila Bunda dan Ayah terbiasa menjadikan momen Ramadhan ini lebih bermakna dan seru, pasti si kecil semangat deh, menjalankan ibadah puasanya.

Baca Juga: Tips Menanamkan Kecintaan dan Kerinduan Beribadah Puasa di Bulan Ramadhan pada Si Kecil

Tidak sulit kok, Bun, membuat momen-momen di bulan suci Ramadhan jadi lebih berkesan. Untuk itu, yuk, simak dulu beberapa tips yang telah Kanya siapkan berikut ini, sebagai inspirasi bagi Bunda dan Ayah untuk mengajak si kecil lebih menikmati dan mensyukuri lagi ibadah puasanya.

Membuat busy book

Untuk membuat si kecil betah di rumah dan menikmati puasanya, Bunda harus berperan serta menemaninya beraktivitas, Bun. Salah satunya dengan membuat busy book bersama. Membuat busy book bersama akan menghabiskan banyak waktu, namun tak akan membuat si kecil bosan.

Dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah, Bunda dapat membuat busy book sekreatif dan sesuai imajinasi si kecil. Misalnya dengan menggunakan kain perca, manik-manik, atau bunga kering.

Berkreatifitas sambil menunggu waktu berbuka puasa bersama si kecil | Shutterstock

Berolahraga

Sambil menunggu buka puasa, olahraga dapat menjadi salah satu kegiatan menyenangkan juga menyehatkan, Bun. Namun Bunda harus pintar-pintar memilih olahraga yang sesuai dengan usia dan disukai si kecil, ya. Misalnya, lari sore, bersepeda, senam lantai di rumah, atau olahraga permainan, seperti hula hoop dan permainan menarik lainnya.

Tak lupa pula, aturlah waktu yang pas agar aktivitas olahraga dapat selesai saat waktunya berbuka. Dan pastikan Bunda juga Ayah juga sudah menyiapkan makanan untuk berbuka, ya!

Baca Juga: Perlukah Anak Berolahraga Setiap Hari?

Mengaji bersama

Nah, kegiatan yang satu ini wajib banget untuk dilakukan di sepanjang bulan Ramadhan, Bun. Mengaji bersama adalah ide ngabuburit yang bernilai ibadah. Adapun waktu yang tepat adalah ketika waktu adzan ashar atau selepas melaksanakan shalat ashar bersama.

Selain mengaji bersama keluarga di rumah, mengaji online juga bisa menjadi pilihan. Dengan mengaji online, si kecil bukan hanya dapat mengaji bersama teman-teman seusianya, namun juga akan mendapat penyegaran rohani melalui kisah-kisah Nabi, Bun.

Bersepeda bersama sambil menunggu waktu berbuka akan menyenangkan dan menyehatkan | Shutterstock

Bersih-bersih rumah

Bunda dapat mengajak si kecil merapikan kamarnya, menyusun buku-buku, hingga membersihkan pekarangan. Biasanya si kecil akan sangat bersemangat lho, Bun, setiap kali diajak berpartisipasi melakukan pekerjaan rumah.

Menonton film

Menonton kisah nabi dan rasul serta sahabat, akan sangat bermanfaat dalam pembentukan karakter anak, Bun. Dengan menonton bersama, Bunda juga dapat mengajak si kecil untuk meneladani sikap nabi dan rasul, juga mengambil pelajaran atas setiap kisah nabi dan rasul yang ditonton oleh si kecil.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Film Animasi Terbaik Studio Ghibli untuk Si Kecil

Banyak sekali kegiatan seru yang dapat dilakukan bersama si kecil sambil menunggu waktu berbuka, Bun. Dengan melakukan kegiatan-kegiatan seru yang bermanfaat, si kecil tentu akan jauh dari hanya memainkan gadget di saat-saat menunggu bedug Maghrib, Bunda.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela