Too much love never spoils children. Children become spoiled when we substitute presents for presence.
Anthony Withman

Rekomendasi 5 Film Animasi Terbaik Studio Ghibli untuk Si Kecil

author
Ruth Sinambela
Jumat, 11 Februari 2022 | 11:03 WIB
Film Animasi Studio Ghibli Cocok untuk Dinikmati Si Kecil |

Memilih tontonan untuk si kecil harus yang bermanfaat dan sesuai usianya, Bun. Jangan sampai si kecil terpapar tontonan yang kurang berkualitas, apalagi adegan-adegan yang dapat memberi dampak buruk bagi tumbuh kembangnya, ya. Misalnya saja adegan kekerasan, hingga adegan dewasa. Sangat berbahaya apabila si kecil menonton adegan-adegan tersebut, terlebih lagi tanpa didampingi oleh Bunda maupun Ayah.

Salah satu tontonan berkualitas dan cocok ditonton oleh si kecil yang berusia 6 tahun ke atas, adalah film-film animasi produksi Studio Ghibli. Sudah pernah dengar, Bunda? Film-film animasi seperti My Neighbor Totoro, dan Kiki’s Delivery Service, merupakan contoh film animasi produksi Studio Ghibli dengan cerita ringan namun imajinatif, yang sangat cocok ditonton oleh si kecil.

Baca Juga: Rekomendasi Film Keluarga untuk Liburan Akhir Tahun

Studio Ghibli

Studio Ghibli merupakan studio film yang memproduksi film animasi untuk anak dan segala usia. Didirikan pada tahun 1985, studio animasi yang kerap menelurkan karya berkualitas, dan sudah diakui oleh pencinta animasi internasional ini, paling sering menyajikan genre drama dan fantasi untuk anak-anak, Bun. Gambar dan ceritanya yang lembut juga menarik, sangat cocok untuk dinikmati si kecil.

Animasi yang didominasi oleh karya Hayao Miyazaki ini memiliki cerita dengan nilai-nilai kehidupan yang dalam dan kaya makna. Selain itu, banyak sekali penghargaan yang telah didapat oleh film-film karya Studio Ghibli, Bun. Sehingga kualitasnya tentu sudah tak perlu diragukan lagi.

Bagi Bunda yang mungkin belum terlalu mengenal film-film animasi dari Studio Ghibli, berikut ini Kanya kasih rekomendasi film-film Studio Ghibli terbaik untuk ditonton bersama si kecil dan keluarga di rumah!

Baca Juga: 5 Tempat Glamping yang Seru Bareng Keluarga

My Neighbor Totoro

My Neighbor Totoro | Studio Ghibli

Populer di kalangan anak-anak maupun pencinta film animasi, My Neighbor Totoro sangat direkomendasikan untuk ditonton bersama keluarga, Bun. Si kecil pasti akan sangat menyukai karakter Totoro yang menggemaskan. Selain itu, nilai-nilai baik dalam keluarga, kasih sayang, juga kesederhanaan, sangat menonjol dari film ini.

Kiki's Delivery Service

Kiki's Delivery Service | Studio Ghibli

Film animasi ini bercerita tentang penyihir cilik Kiki dan kucingnya, Jiji. Kiki tengah mencari tahu apa keahlian yang dimilikinya, hingga akhirnya memutuskan untuk menjadi pengantar barang, dan kemudian berteman dengan manusia biasa bernama Tombo.

Kisah manis yang menghangatkan hati ini, penuh dengan nilai-nilai perjuangan dan keceriaan dalam menjalani hari-hari seberat apapun, Bun.

Grave of the Fireflies

Grave of The Fireflies | Studio Ghibli

Kalau mau nonton film yang mengharu-biru, ini cocok banget, Bun. Jangan lupa siapin tisu karena nonton film ini pasti akan bikin Bunda nangis. Tapi tenang, Bun, asalkan didampingi, film ini tetap cocok ditonton bersama si kecil, kok. Justru dengan menonton film ini, si kecil akan bisa belajar banyak mengenai kasih sayang saudara, dan sulitnya hidup di masa-masa perang. Sehingga ia juga akan belajar bahwa perdamaian adalah sesuatu yang harus dijaga.

Spirited Away

Spirited Away | Studio Ghibli

Bisa dibilang film ini merupakan film Studio Ghibli yang wajib banget ditonton, Bun. Walau awalnya mungkin agak seram, dan di tengah-tengah akan penuh ketegangan, namun kesemua adegan itu merupakan simbol-simbol yang baik dan penuh pesan-pesan kebaikan, apabila Bunda dapat menjelaskannya pada si kecil yang usianya sudah lebih besar.

Dengan menonton film ini, bukan hanya Bunda dan si kecil, namun seluruh keluarga yang ikut menonton juga akan ikut terbawa hanyut keindahan animasi, cerita, dan juga musik yang disajikan.

Ponyo on the Cliff

Ponyo on the Cliff | Studio Ghibli

Menceritakan tentang persahabatan antara Ponyo dan Sosuke, dengan animasi yang menarik dan juga nilai moral yang bermanfaat bagi si kecil. Film ini sangat cocok untuk ditonton bersama keluarga maupun teman-teman si kecil.

Baca Juga: Burger Sushi, Cocok Untuk Quality Time Bareng Si Kecil Saat Liburan

Bagaimana, Bun, sudah memutuskan mau nonton film yang mana? Semua film animasi keluaran Studio Ghibli ini dapat disaksikan di aplikasi berbayar Netflix. Sangat cocok untuk dinikmati di akhir pekan bersama keluarga nih, Bun. Dengan menghabiskan waktu santai berkualitas bersama, Bunda jadi tak perlu khawatir si kecil bosan atau sibuk dengan gadgetnya.

Ditambah lagi, sajian gambar animasi, dan nilai-nilai yang terkandung di dalam setiap film Studio Ghibli ini, sudah pasti akan memanjakan mata, juga menghangatkan hati Bunda dan keluarga di rumah.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela