A father holds his daughter’s hand for a short while, but he holds her heart forever.
Unknown

Memiliki Asam Lambung? Bunda Tetap Dapat Beribadah Puasa dengan Aman, kok!

author
Ruth Sinambela
Rabu, 6 April 2022 | 10:56 WIB
Mengatasi Asam Lambung Saat Beribadah Puasa | Shutterstock

Bagaimana puasanya, Bun? Mudah-mudahan selalu lancar hingga saatnya merayakan hari kemenangan nanti, ya. Tetap jaga asupan makanan dan cairan, juga rutinlah berolahraga agar  tubuh tetap sehat dan segar, Bun.

Bagi beberapa orang, menjalankan ibadah puasa mungkin sudah tak lagi mengalami hambatan atau menjadi sesuatu yang berat untuk dilakukan. Namun tentu berbeda bagi beberapa orang dengan kondisi medis yang dapat mempengaruhi kesiapan tubuh atau fisik untuk menjalankan ibadah puasa.

Pada orang-orang yang memiliki asam lambung misalnya. Apabila Bunda atau anggota keluarga lain termasuk dari sebagian orang yang memiliki kondisi ini, maka Bunda wajib nih, untuk menyimak sampai selesai dan mengetahui tips yang dapat dilakukan selama beribadah puasa, agar asam lambung tidak kambuh berikut ini!

Baca Juga: Bolehkah Bumil Berpuasa?

Selalu makan sahur

Jangan pernah melewatkan sahur ya, Bun. Dengan melewatkan sahur, maka sama saja Bunda akan memperparah asam lambung di siang hari karena perut kosong seharian. Jadi, makan sahur adalah hal yang wajib dijalani oleh penderita asam lambung saat berpuasa!

Segera berbuka

Meski tidak langsung makan besar, yang penting Bunda sudah berbuka puasa dengan makanan kecil terlebih dahulu, agar asam lambung yang diproduksi seharian dapat langsung digunakan untuk menggiling makanan yang masuk, sehingga asam lambung tidak naik ke tenggorokan.

Sahur dan berbuka puasa yang benar akan membuat puasa aman dari asam lambung yang kambuh | Shutterstock

Makan dengan perlahan

Harap diperhatikan bahwa makan dengan perlahan wajib banget dilakukan oleh orang yang memiliki asam lambung. Dengan makan perlahan atau mengunyah makanan lebih lama, maka makanan pun lebih halus dan lebih mudah diproses di lambung, sehingga meringankan kerja lambung, Bun.

Baca Juga: Tips Menanamkan Kecintaan dan Kerinduan Beribadah Puasa di Bulan Ramadhan pada Si Kecil

Dilarang keras rebahan setelah makan

Banyak kasus GERD yang terjadi akibat kebiasaan tidur setelah makan lho, Bun. Karena itulah sangat diharapkan untuk tidak tidur setelah makan, demi mencegah terjadinya asam lambung yang tiba-tiba naik ke tenggorokan, karena kebiasaan yang kurang baik ini, Bunda.

Makanan yang harus dihindari

Pilih dan hindarilah makanan-minuman yang sering kali membuat asam lambung Bunda kambuh. Berikut ini merupakan beberapa contoh makanan yang sebaiknya dihindari oleh Bunda yang memiliki asam lambung, selama bulan puasa dan seterusnya juga, ya!

  • Minuman berkarbonasi
  • Tomat
  • Bawang 
  • Makanan pedas
  • Makanan berlemak tinggi, seperti gorengan
  • Makanan dan minuman berkafein, misalnya cokelat, kopi, dan teh
  • Citrus dan berbagai macam jeruk

Baca Juga: Jaga Berat Badan Usai Ramadan, Yuk Lakukan “Diet Puasa”

Dengan menjaga diri dan kebiasaan atau pola makan yang baik, maka Bunda maupun Ayah yang memiliki masalah dengan asam lambung, pasti akan bisa menjalani ibadah puasa dengan aman. Juga menjalani Ramadhan dengan lebih khusyuk dan jauh dari asam lambung yang kambuh!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela