When I come home, my daughter will run to the door and give me a big hug, and everything that’s happened that day just melts away.
Hugh Jackman

Segudang Manfaat Untuk Si Kecil yang Dekat Dengan Ayah

author
Ruth Sinambela
Senin, 25 April 2022 | 14:53 WIB
Hubungan Ayah dan Anak yang Dimulai Sejak DIni Akan Membentuk Karakter Terbaik Anak | Shutterstock

Tentu Bunda setuju kalau si kecil harus dekat dengan ayahnya, bukan? Bukan hanya karena hal ini memang sangat penting untuk tumbuh kembang emosi dan mentalnya, Bun. Namun lebih dari itu, kedekatan anak dengan ayah, terbukti memberikan segudang manfaat yang akan sangat rugi apabila tidak didapatkannya.

Meskipun begitu, pada kenyataannya memang masih banyak terjadi di zaman sekarang ini, ayah yang memiliki jarak dan tidak akrab dengan buah hatinya. Seperti ada keseganan bagi beberapa ayah untuk menunjukkan rasa sayangnya pada orang lain, termasuk pada anak kandungnya sendiri, Bun.

Baca Juga: 5 Bahasa Cinta yang Wajib Bunda dan Ayah Berikan untuk Si Kecil

Salah satu alasan yang mendasari sikap ini, bisa jadi karena pola asuh yang kurang tepat saat ayah masih kecil, trauma di dalam keluarga atau dalam suatu hubungan, atau watak yang terbentuk akibat lingkungan dan pergaulan sehari-hari.

Penting untuk mulai membangun hubungan yang baik antara ayah dan anak sejak dini | Shutterstock

Kedekatan ayah dan si kecil harus dibangun sejak dini

Psikolog Rosdiana Setyaningrum mengingatkan bahwa hubungan erat yang terjalin antara kedua orang tua dan anak harus dibangun sejak dini, karena akan memengaruhi perkembangan psikologi si kecil di masa mendatang, Bun. Kedekatan ini termasuk juga kedekatan dengan Ayah, bukan hanya Bunda saja, ya.

Beliau juga menambahkan bahwa kedekatan orang tua dengan anak tidak bisa dipaksakan nanti ketika anak sudah beranjak dewasa. Karena itulah, Bunda dan Ayah tak mungkin akan akrab begitu saja dengan si kecil saat remaja nanti, tanpa dasar hubungan yang baik sejak dini.

Baca Juga: Mimpi Basah Pada Anak Laki-Laki, Apa Peranan Bunda dan Ayah?

Manfaat kedekatan ayah dan si kecil

Banyak sekali lho, manfaat yang akan si kecil dapatkan ketika memiliki hubungan yang baik dan dekat dengan Ayah. Bahkan bukan hanya si kecil yang akan merasakan manfaatnya, namun Ayah sendiri juga! Apa saja sih, manfaat-manfaat baik tersebut?

  • Lebih cerdas, memiliki IQ yang lebih tinggi dari pada anak yang tidak akrab dengan ayahnya.
  • Lebih percaya diri, karena keakraban si kecil dengan Ayah membuatnya merasa aman dan nyaman dengan dirinya sendiri dan orang-orang di sekitarnya.
  • Memiliki emosi yang lebih stabil. Si kecil juga akan tumbuh menjadi pribadi yang berempati!
  • Jauh dari obat-obatan terlarang maupun alkohol.
  • Sopan dan mudah bersosialisasi. Ayah yang dekat dengan anaknya, secara tidak langsung akan memberikan contoh bagaimana harus bersikap dengan baik kepada orang yang lebih tua, juga teman sebaya, Bun.
  • Memiliki self-esteem yang lebih tinggi dari pada anak-anak yang tidak akrab atau dekat dengan ayahnya.
  • Ayah akan menerima cinta dan hormat tanpa syarat dari si buah hati kelak saat mereka tumbuh dewasa.

Kepribadian Anak Sangat Dipengaruhi oleh Kedekatan Si Kecil dengan Bunda dan Ayah Saat Membesarkan dan Merawatnya | Shutterstock

Nah, berhubung begitu banyak manfaat yang bisa didapat si kecil apabila akrab dan dekat dengan Ayah. Yuk, mulai lagi ingatkan si Ayah di rumah untuk lebih banyak memberikan waktu dan mengajak si kecil bermain ya, Bun.

Mulailah dari yang paling mudah yaitu mengajak si kecil bermain dan bercerita. Dengan terbangunnya hubungan spesial di antar Ayah dan si kecil, maka di masa mendatang si kecil akan tumbuh menjadi sosok yang penuh dan pengasih.

Baca Juga: So Sweet! Ini Kedekatan Ayah dan Putrinya yang Bikin Melting

Sedangkan untuk Ayah sendiri, manfaat yang paling bisa dirasakan adalah betapa besarnya rasa hormat dan kasih sayang yang akan si kecil curahkan kelak, bagi Ayah yang teramat disayanginya sedari kecil. Selain itu, Ayah juga akan panjang umur, sehat selalu, dan awet muda lho, apabila dekat dan akrab dengan anak-anak! Kalau begitu, selamat mengasihi anak-anak bersama Ayah di rumah ya, Bun.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela