The best way to make children good is to make them happy.
Oscar Wilde

Tips Sehat Merayakan Idul Fitri Bersama Keluarga

author
Ruth Sinambela
Senin, 2 Mei 2022 | 10:51 WIB
Silaturahmi Lebaran | Shutterstock

Bagi Bunda dan keluarga yang mungkin telah lama tidak mengadakan open house atau menghindari pertemuan dengan kerabat, teman, maupun keluarga besar saat Hari raya Idul Fitri di 2 tahun ke belakang karena pandemi Covid-19, tentu akan merasakan kesan dan haru di perayaan Idul Fitri tahun ini.

Akhirnya, setelah 2 kali Idul Fitri harus dilewati dengan hanya silaturahmi online. Kini silaturahmi sudah dapat dilaksanakan secara normal, dengan tetap menjaga protokol kesehatan yang masih disarankan, Bun. 

Walau PPKM telah turun ke level 1, dan mudik juga silaturahmi bisa diadakan oleh seluruh masyarakat, ada baiknya Bunda dan keluarga tetap menjalankan protokol minimal, yang sebenarnya dapat tetap dilaksanakan tanpa mengurangi rasa bahagia dan syukur saat bersilaturahmi lho, Bun. Misalnya dengan tetap rajin mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, juga mengenakan masker.

Baca Juga: DUA CATATAN LEBARAN

Mengenakan masker

Bukan hanya demi menangkal virus corona lho, Bun. Pada dasarnya, masker dapat menangkal segala jenis virus yang mudah ditularkan lewat udara, akibat bersin atau batuk. Dengan mengenakan masker, maka Bunda dan Ayah tak perlu khawatir bila ada keluarga maupun kerabat yang sedang flu, pilek, atau batuk. Karena dengan memakai masker, Bunda, Ayah, dan si kecil tidak akan mudah tertular.

Namun demikian, Bunda dan keluarga tetap dapat melepas masker saat akan menyantap hidangan dan berfoto kok, Bun. Sehingga acara kumpul-kumpul akan tetap terasa lengkap saat Hari Raya, juga tetap sehat hingga perayaan Hari Raya Idul Fitri selesai.

Hari Raya Idul Fitri | Shutterstock

Rajin mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer

Nggak repot kok, Bun, mengajak si kecil cuci tangan terlebih dahulu sebelum mengambil atau menyantap hidangan Hari Raya. Apalagi, mencuci tangan sebelum menyantap makanan merupakan kebiasaan baik yang tak ada salahnya dipelihara oleh Bunda dan Ayah, juga si kecil.

Namun, kalau dirasa mencuci tangan dengan sabun di air mengalir tak dapat dilakukan, maka membawa hand sanitizer di tas atau kantong kemanapun Bunda dan keluarga bersilaturahmi akan dapat menyelesaikannya!

Baca Juga: Silaturahmi Lebaran, Ini 10 Trik Makeup Buat Yang Malas Dandan

Vaksinasi lengkap

Nah ini dia yang tak kalah pentingnya, pastikan kalau Bunda dan keluarga telah mendapatkan vaksin lengkap atau 3 kali, serta 2 kali untuk anak-anak, demi kebaikan dan kesehatan bersama ya, Bun.

Silaturahmi Lebaran | SHUTTERSTOCK

Konsumsi vitamin

Sangat baik untuk mendukung kesehatan dan imunitas Bunda sekeluarga, yaitu dengan rutin mengonsumsi vitamin. Selain menjaga tubuh agar tak mudah sakit maupun tertular penyakit, vitamin juga akan memastikan kesehatan dan kebugaran Bunda sekeluarga untuk menikmati perayaan Hari Raya Idul Fitri dengan maksimal.

Bunda dan keluarga yang juga akan menikmati libur Lebaran, tentu sangat membutuhkan stamina dan kebugaran fisik, agar libur Lebaran dapat dijalani dan dinikmati dengan gembira.

Istirahat cukup

Istirahat cukup di sepanjang perayaan Idul Fitri dan libur Lebaran yang lumayan panjang, akan memastikan Bunda sekeluarga selalu sehat dan kuat saat akan memulai hari dan aktivitas yang akan dijalani sepanjang hari, Bun.

Memastikan Bunda dan keluarga mendapat waktu tidur yang cukup wajib dilakukan ya, Bun. Jangan sampai terlalu antusias dan malah menyebabkan kurang tidur, sehingga mengganggu aktivitas keesokan harinya.

Makanan bernutrisi

Jangan lupa untuk tetap mengonsumsi sayur, buah-buahan, protein, dan serat ya, Bun. Boleh saja Bunda menikmati jajanan atau makanan yang mungkin kurang sehat saat Hari Raya, seperti kue-kue manis, atau makanan tinggi lemak, namun tetaplah ingat untuk mengontrol dan mengonsumsi nutrisi untuk menyeimbangkannya.

Baca Juga: Bunda, Ini 3 Makna Lebaran yang Harus Ditanamkan Pada Anak

Bijaksana mengatur keuangan

Last but not least, mengatur keuangan agar jangan sampai defisit juga wajib direncanakan nih, Bun. Bukan hanya tubuh yang sehat, namun hati yang sehat juga penting bukan?

Nah, kalau Bunda sudah menjalankan tips-tips di atas sih, sudah tentu Hari Raya Idul Fitri akan menjadi titik balik yang membahagiakan, mengharukan, juga patut disyukuri, setelah beberapa tahun ke belakang begitu banyak cobaan yang menimpa Indonesia dan seluruh dunia. Sehat selalu ya Bunda dan keluarga, selamat merayakan Hari Kemenangan bersama orang-orang tercinta!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela