You are beautiful because you let yourself feel, and that is a brave thing indeed.
Shinji Moon

Tidak Mudik Lebaran? Ini Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Rumah

author
Ruth Sinambela
Senin, 2 Mei 2022 | 14:55 WIB
Lebaran di Rumah | SHUTTERSTOCK

Walau pada Lebaran tahun ini aturan mengenai pengetatan perjalanan akibat pandemi telah ditiadakan, tak seperti yang terjadi di 2 tahun terakhir. Dan seluruh masyarakat dapat kembali melakukan tradisi mudik ke kampung halaman untuk merayakan Idul Fitri. Namun tentu saja tak semua keluarga dapat mudik atau berlibur karena berbagai pertimbangan, seperti tak mendapat cuti, sedang sakit atau isolasi mandiri, kendala keuangan, dan lainnya ya, Bun.

Hal ini tentu tak boleh sampai membuat perayaan Idul Fitri bersama keluarga jadi berkurang kegembiraannya. Apalagi, merayakan Hari Raya atau Hari Kemenangan bagi seluruh umat muslim di dunia, merupakan hak segala umur, kalangan, maupun profesi, yang baiknya dapat membawa kebahagiaan di tengah-tengah seluruh keluarga.

Tak melulu harus dengan berlibur, mudik atau pulang kampung kok, Bun. Apabila memang harus merayakan Lebaran di rumah saja, Bunda dan keluarga dapat tetap merayakannya dengan gembira dan penuh syukur, dengan mencoba beberapa tips berikut ini!

Baca Juga: Balikin Semangat Kerja Setelah Libur Lebaran, Ini Tipsnya

Shalat Ied bersama

Ketika Bunda dan seluruh keluarga tak berhalangan, maka melakukan shalat Ied baik itu di Mesjid maupun di rumah, akan mengawali Hari Raya dengan indah, Bun. Bangun pagi-pagi sekali, menata dan membersihkan rumah, hingga menyiapkan diri dan keluarga untuk shalat berjamaah tentu akan meningkatkan keimanan, syukur, juga mood di awal Hari Raya.

Menikmati santapan sederhana

Tak perlu makanan mewah. Ketika merayakan Idul Fitri di tengah kebersamaan dan kesederhanaan dengan tawa riang anak-anak dan senyum ikhlas serta bahagia Bunda juga Ayah, sudah tentu akan membuat makanan sesederhana apa pun itu akan terasa mahal dan lezat.

Saling mengucapkan selamat kepada seluruh anggota keluarga sambil menambahkan pelukan hangat, tentu akan menambah cinta dan kehangatan di tengah-tengah keluarga.

Baca Juga: 

Silaturahmi Lebaran di Rumah Bisa Tetap Menyenangkan | Shutterstock

Membuat daftar kegiatan

Ketika libur Lebaran tak bisa dihabiskan di luar rumah, tentu membuat daftar kegiatan selama libur Lebaran akan sangat membantu Bunda dan Ayah agar tidak membuat si kecil bosan dan merengek minta liburan.

Banyak sekali kegiatan-kegiatan seru yang bisa dilakukan di rumah bersama si kecil, Bun. Berikut ini beberapa ide untuk Bunda:

  • Mengecat rumah bersama
  • Menonton film bersama
  • Membaca buku 
  • Pertunjukan dongeng
  • Berolahraga, misalnya lari pagi, badminton
  • Bermain air di kolam karet
  • Menyelesaikan puzzle
  • Bermain monopoli
  • Karaoke di rumah

Menonton Film Keluarga Bersama di Libur Lebaran | Shutterstock

Nah, banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengisi libur Lebaran di rumah ya, Bun? Kalau masih kurang kegiatannya, Bunda juga bisa memikirkan ide kegiatan dengan bertanya langsung pada si kecil, lho.

Misalnya dengan bertanya apa yang sedang ingin sekali ia makan, dan Bunda sekeluarga dapat memasak bersama dengan menu yang berbeda setiap hari, sesuai request masing-masing anggota keluarga pada hari itu. 

Baca Juga: Contek Idenya, 6 Modest Wear Cocok Buat Libur Lebaran

Pasti seru deh, Bun. Apalagi kalau Bunda juga si kecil, nantinya akan menilai sendiri hasil masakan yang telah dibuat, dan tertawa gembira karena pasti ada saja hasil yang tak terduga, lucu, atau menggemaskan saat memasak dan menikmati hasilnya.

Sekarang tak perlu khawatir lagi, Bun. Walau tak bisa mudik atau berlibur, asal Bunda dan Ayah tak kehabisan akal mengisi liburan di rumah dengan kegiatan-kegiatan seru, anak-anak pasti akan tetap menikmati sekali libur Lebarannya, bersama Bunda dan Ayah tersayang.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela