Being a parent has made me more open, more connected to myself, more happy, and more creative. I’m more discerning in what I do and how I do it. It’s just made me a better person all the way around.
Alicia Keys

Rekomendasi Wisata Keluarga untuk Mengisi Libur Lebaran di Jakarta dan Sekitarnya

author
Ruth Sinambela
Selasa, 3 Mei 2022 | 14:56 WIB
Menikmati LIbur Lebaran Bersama Keluarga | Shutterstock

Bagi Bunda yang tak bisa mengajak anak-anak menikmati libur Lebaran di luar kota, tak perlu risau, karena di sekitaran Jabodetabek-pun banyak kok, tempat-tempat wisata keluarga, yang menarik untuk dikunjungi saat libur Lebaran.

Karena diprediksi semua tempat wisata pasti akan penuh, ingatlah untuk tetap berjaga-jaga dengan menerapkan protokol kesehatan yang baik, seperti mengenakan masker dan menggunakan hand sanitizer di mana pun, saat Bunda sekeluarga hendak memegang makanan, ya.

Selain itu, usahakanlah untuk datang sepagi mungkin, saat tempat wisata baru dibuka ketika pengunjung belum terlalu ramai. Karena biasanya semakin siang, jumlah pengunjung pasti akan makin banyak, Bunda. Paling tidak, Bunda tak terlalu lama beramai-ramai, sehingga wisata pun jadi terasa lebih menyenangkan.

Baca Juga: Hobi Berwisata Alam atau ke Tempat Suci, Sudah Tahu Etikanya?

Kalau begitu, langsung saja yuk, pilih tempat wisata yang akan Bunda dan keluarga kunjungi untuk menghabiskan libur Lebaran tahun ini!

Margasatwa Muara Angke, Jakarta

Margasatwa Muara Angke, Jakarta | Tempo Foto

Hutan bakau yang berlokasi di Jakarta Utara, tepatnya di depan perumahan Pantai Indah Kapuk ini, merupakan hutan bakau yang bertujuan sebagai kawasan konservasi bagi berbagai jenis tumbuhan dan hewan yang hidup di dalamnya, Bun.

Dipenuhi oleh berbagai jenis hewan, seperti biawak, monyet, dan beragam jenis burung. Belum lagi tumbuh-tumbuhan hijau, sebagai satu-satunya hutan yang berada di Jakarta, tempat ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu dengan mengeksplor, mengamati, dan mengedukasi si kecil tentang pentingnya menjaga keseimbangan ekosistem alam.

Dunia Fantasi, Jakarta

Dunia Fantasi Masih MEnjadi Salaj Satu Tempat Wisata Favorit Keluarga di Jakarta | Shutterstock

Bagi Bunda dan si kecil yang ingin menghabiskan waktu di luar ruangan sambil mencoba berbagai macam permainan, maka Dufan sangat cocok dijadikan pilihan, nih. Bunda dan Ayah tentu tak akan merasa bosan juga, karena dapat bergantian menikmati wahana untuk orang dewasa.

Mengingat akhir-akhir ini cuaca masih tak menentu, dan juga karena hampir semua aktivitas dan permainan Dufan dilakukan di luar ruangan, maka tentu Bunda dan si kecil juga harus menyiapkan kebutuhan darurat, seperti jas hujan dan payung, sebagai persiapan apabila tiba-tiba turun hujan ya, Bun.

Baca Juga: Seperti di Luar Negeri, Ini 7 Tempat Wisata Wajib Dikunjungi di Banyuwangi

Kampung Budaya Sindang Barang, Bogor

Kampung Budaya Sindang Barang, Bogor | Republika.co.id

Kampung Budaya Sindangbarang terletak di kampung Sindangbarang, desa Pasir Eurih, kecamatan Tamansari, kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dimana mata pencaharian sebagian besar penduduk adalah menjadi pengrajin sandal, sepatu, dan petani, Bun. 

Terdapat 8 macam kesenian Sunda yang telah direvitalisasi dan dilestarikan sehingga menjadi sebuah wisata edukasi yang menyenangkan untuk Bunda sekeluarga, lho. Selain itu, di sini terdapat pula situs-situs purbakala peninggalan kerajaan Pajajaran berupa bukit-bukit berundak, yang menambah daya tarik Kampung Budaya Sindang Parang sebagai objek wisata bermain, sambil mempelajari budaya juga sebagian dari sejarah Indonesia nih, Bun.

Bukit Gantole, Bogor

Bukit Gantole, Bogor | Koran Jakarta

Bagi Bunda yang ingin merasakan sensasi terbang menggunakan paralayang, dapat datang dan menjajalnya di sini nih, Bun. Bukit gantole sendiri memang sudah terkenal dengan kegiatan paralayang ini, sehingga mulai banyak mendatangkan wisatawan untuk mencobanya.

Tak perlu khawatir kalau ini merupakan kali pertama Bunda dan Ayah mencobanya, karena memiliki instruktur yang profesional dan perlengkapan yang aman, maka paralayang di bukit gantole akan menambah seru libur Lebaran Bunda dan keluarga. Jangan lupa mainnya gantian ya, Bun, supaya ada yang menemani si kecil saat menunggu di bawah.

Baca Juga: Musim Hujan, Ini 5 Tempat Wisata Indoor yang Menarik

Teras Surken, Bogor

Teras Surken, Bogor | Travel-Dream

Kalau Bunda ingin menjajal kuliner legendaris yang jarang ditemui di mana pun, cobalah berwisata kuliner ke Teras Surken, Bun.

Di sini Bunda dapat mencoba berbagai menu makanan mulai dari yang legendaris, unik, dan tentu saja enak. Untuk Bunda ketahui, makanan yang dijual di sini kebanyakan merupakan penjual yang telah berjualan sejak tahun 70-an, sehingga tak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Kandang Godzila Tebing Koja

Kandang Godzila Tebing Koja | Liburan Anak

Wah, dari namanya saja kok bikin penasaran, ya? Tapi tenang, tidak ada godzila kok di sini, Bun. Yang ada adalah susunan tebing cantik, yang terbentuk secara alamiah serta berpadu harmonis dengan liukan sungai dan hijaunya sawah, di bawah tebing, Bun.

Dari atas tebing, Bunda dan keluarga dapat menikmati indahnya pemandangan di bawah, bagai memandangi lukisan alam, Bun. Secantik itu.

Baca Juga: Cuma 3 Jam Dari Jakarta, Ini 5 Tempat Wisata Hits di Cirebon

Floating Castle Froggy Edutography

Floating Castle Froggy Edutography | Viitor Media

Nah, kalau tempat wisata yang satu ini pasti akan jadi favoritnya princes-princess Bunda, nih. Bermain di sini akan membuat si kecil merasakan pengalaman jadi princess ala-ala dengan istana, gaun cantik, kereta kuda bak Cinderella, dan lain sebagainya. 

Tapi bukan hanya itu, si kecil juga dapat sembari mempelajari banyak hal. Karena tempat ini memang menyediakan banyak aktivitas belajar sambil bermain untuk anak, seperti di negeri dongeng, Bun.

Yuk, coba rembukan dulu dengan anggota keluarga di rumah yuk, mau mengunjungi yang mana saja nih, untuk mengisi libur Lebaran kali ini? Selamat berlibur ya, Bunda dan keluarga. Sehat selalu!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela