Try to be a rainbow in someone else’s cloud.
Maya Angelou

Afirmasi Positif: Sangat Penting bagi Kesehatan Fisik dan Mental Anak

author
Ruth Sinambela
Jumat, 24 Juni 2022 | 16:44 WIB
Afirmasi positif untuk si kecil wajib Bunda berikan setiap hari | shutterstock

Anak yang sehat dan bahagia dapat dibentuk dari lingkungan dan nutrisi yang baik, Bun. Keduanya sama-sama penting dalam menunjang kebahagiaan juga kesehatan anak. 

Terlebih lagi, nutrisi untuk tubuh dan jiwa lah yang akan menciptakan rasa penuh, juga menjadi penopang ketika nantinya si kecil tumbuh dewasa dan mulai hidup bermasyarakat.

Namun tahukah Bunda kalau kesehatan tubuh dan kebahagiaan hati, kenyataanya tidak serta-merta hadir begitu saja, namun butuh waktu untuk menanam dan memupuknya, lho. Hal inilah kemudian, yang menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Bagaimana setiap orang tua dapat menciptakan kebahagiaan dan rasa aman sejati di dalam hati anak.

Yang salah satu caranya dapat dilakukan dengan memberikan afirmasi positif bagi anak setiap hari!

Baca Juga: Menerapkan Pola Asuh Positif atau Positive Parenting pada Si Kecil

Makna afirmasi positif 

Melansir dari Parapuan, afirmasi positif sendiri memiliki makna sebagai sebuah cara untuk menguatkan batin dan menambah rasa percaya diri lewat kata-kata yang diucapkan secara rutin atau setiap hari, Bun.

Kata-kata afirmasi biasanya sederhana, namun efektif memberikan bantuan bagi orang tua maupun anak dalam menghindari pikiran negatif, atau pikiran-pikiran yang sifatnya tidak baik untuk kesehatan mental seseorang.

Afirmasi positif juga dapat diartikan sebagai sebuah motivasi, dan khususnya bagi anak-anak, untuk meyakinkan anak bahwa ia akan selalu memiliki Bunda dan Ayah yang mendukung dan mencintainya bagaimana pun keadaannya.

Afirmasi positif dari Bunda dan Ayah layaknya kebutuhan nutrisi bagi tumbuh kembang dan kesehatan mental anak, Bun | Shutterstock

Manfaat afirmasi positif untuk anak

Beberapa manfaat yang bisa didapat si kecil dari afirmasi positif yang diterimanya setiap hari, seperti mengeluarkan hal-hal baik dari dirinya, membentuknya untuk selalu bersyukur, mengurangi energi atau pikiran negatif di dalam dirinya, menyehatkan tubuh dan mengoptimalkan tumbuh kembangnya, hingga jauh dari depresi maupun stres, akan dapat dimiliki si kecil apabila afirmasi positif benar-benar dilakukan secara rutin setiap hari, dan dengan suasana yang mendukung pula di rumah.

Baca Juga: Bagaimana Menjadi Teman Bagi Buah Hati Bunda yang Beranjak Remaja?

Keakraban dan saling memberi rasa sayang merupakan hal penting yang juga harus dijaga selama Bunda dan Ayah berkeinginan untuk mengafirmasi si kecil!

Contoh kalimat afirmasi positif untuk anak

Apabila Bunda baru akan mulai memberikan afirmasi positif bagi si kecil, beberapa contoh kalimat berikut ini dapat dijadikan inspirasi maupun pembelajaran, Bun. Ke depannya, ketika Bunda sudah mulai terbiasa memberikan afirmasi positif, maka membuat kalimat untuk afirmasi tidak akan terasa sulit kok, Bun! Bahkan, Bunda dan Ayah akan terbiasa mengucapkannya dengan alami.

  • Bunda mencintai mu
  • Maafkan Bunda sudah marah sama kamu
  • Maafkan Bunda yang tadi salah mengira ya, Kak/Dik
  • Bunda percaya kamu pasti bisa melakukannya!
  • Yuk, Bunda bantu membereskan kamar dan mainan mu
  • Kamu semakin baik dari hari ke hari, bagus sekali!
  • Hari ini mau makan siang apa?
  • Tidak apa-apa. Nanti coba lagi di lain kesempatan, ya!
  • Menurut Bunda kamu bukan hanya cantik, tapi juga penyayang, dan pintar menyanyi pula!
  • Bunda dan Ayah yakin kamu bisa melakukannya

Baca Juga: Wabi-Sabi: Mengenalkan Kesederhanaan dan Ketidaksempurnaan pada Anak

Nah, itu dia beberapa contoh afirmasi positif yang dapat Bunda ucapkan untuk si kecil setiap hari, ya. Kalau Bunda dan Ayah sendiri, punya kalimat lain yang biasa dipakai untuk meng-afirmasi si kecil di rumah tidak? Yuk, bagikan artikel ini untuk keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan, agar semakin banyak orang tua yang menyadari betapa pentingnya afirmasi positif bagi tumbuh kembang anak, dan memulainya. Selamat membersamai si kecil, Bunda dan Ayah hebat!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela