The best way to make children good is to make them happy.
Oscar Wilde

Si Kecil Sulit Dibangunkan di Pagi Hari, Bun? Yuk, Simak Tipsnya Berikut Ini!

author
Ruth Sinambela
Jumat, 8 Juli 2022 | 15:01 WIB
Membangunkan si kecil di pagi hari terkadang menjadi hal yang sangat melelahkan untuk sebagian orang tua | SHUTTERSTOCK

Bunda pernah ngerasain nggak sih, kalau saat weekend atau akhir pekan, si kecil justru akan lebih pagi atau lebih mudah bangun sendiri atau dibangunkan tidur daripada saat hari sekolah atau weekdays?

Kadang gemes ya, Bun, masih enak-enak tidur ingin bangun agak siang saat libur, malah si kecil sudah bangun duluan dan sibuk membangunkan Bunda, hihi. Giliran harinya sekolah, Bunda sudah bangun subuh-subuh, membangunkan si kecil jadi kegiatan yang menguras energi deh, apalagi kalau pas Bundanya juga lagi agak kesiangan. Duh, rasanya pengin marah nggak, sih.

Eits, sabar ya, Bun... Kalau Bunda sering mengalami kesulitan membangunkan si kecil di pagi hari khususnya untuk berangkat sekolah. Berikut ini tips ampuh yang dapat Bunda coba agar membangunkan si kecil di hari sekolah, bisa lebih mudah dan lancar!

Baca Juga: Stroke dapat Terjadi di Usia Muda, Kurang Tidur atau Begadang Menjadi Salah Satu Pemicu

Perhatikan kebiasaan tidur anak

Hal yang paling utama untuk mempermudah si kecil bangun di pagi hari adalah apabila waktu tidurnya sudah terpenuhi, Bun. Meskipun pada setiap anak, kebiasaan tidur akan sangat mungkin berbeda, Bunda tetap perlu membuat peraturan yang harus sama-sama dijalankan dengan disiplin oleh seluruh anggota keluarga. 

Misalnya dengan memberlakukan jam tidur. Ketika Bunda meminta si kecil untuk tidur lebih cepat, maka sebaiknya Bunda dan Ayah juga mengikutinya, buatlah suasana tenang sehingga anak mengerti kalau memang sudah waktunya semua orang tidur atau beristirahat. 

Lakukan ritual sebelum tidur lebih dini

Dengan menjalankan ritual tidur anak, seperti menggosok gigi, buang air kecil, atau membaca buku sebelum tidur, lebih cepat atau lebih maju dari waktu biasanya, maka Bunda dapat membuat si kecil tidur lebih dini. Sehingga diharapkan ia akan lebih mudah di bangunkan di pagi hari.

Suasana Kamar yang Nyaman Membantu Anak Untuk Tidur Lebih Cepat | shutterstock

Buat suasana tidur yang menyenangkan

Tidak hanya jauh dari kebisingan maupun hal-hal serupa yang dapat mengganggu tidur si kecil, namun jagalah juga suasana hatinya, Bun. Perhatikanlah untuk tidak memarahi atau membuat anak menangis sebelum tidur apalagi sampai tertidur ya, Bun. Selain tidak sehat untuk mentalnya, kemungkinan si kecil tidak mendapat kualitas tidur yang baik juga lebih terbuka. 

Sebaliknya, berikan pelukan hangat, dan kecuplah kening anak sesaat sebelum mereka tidur, agar suasana hatinya menjadi lebih santai dan esok pagi bangun dengan gembira.

Baca Juga: Duh, Si Kecil Bangunnya Kepagian Nih…

Selamat pagi, i love you!

Bangunkanlah si kecil dengan kata-kata positif setiap pagi ya, Bun. Kata-kata positif atau afirmasi positif setiap pagi yang dapat Bunda berikan untuk si kecil, salah satunya adalah saat membangunkannya tidur di pagi hari, yaitu dengan penuh cinta dan semangat!

Pujilah dan berilah si kecil dorongan positif untuk memulai aktivitasnya setiap pagi, hal ini kelak akan menjadi sumber semangat dan contoh yang baik untuknya.

Putar musik atau masak sarapan kesukaan anak

Dengan mendengar musik yang disukai, atau mengendus aroma makanan favorit yang dikenalnya, tentu akan membuatnya lebih mudah dibangunkan. Biasanya kedua hal ini selalu dapat menjadi trik yang ampuh untuk membangunkan anak di pagi hari, lho! Gimana, Bunda sudah pernah coba, belum?

Matikan AC atau kipas angin, dan nyalakan lampu kamar

Kalau cara-cara sebelumnya masih belum bisa membuat si kecil bangun dengan mudah dan tepat waktu, Bunda bisa coba cara ini, nih, yaitu dengan mematikan penyejuk udara, menyalakan lampu kamar, dan membuka jendela atau pintu, agar si kecil menyadari kalau hari sudah pagi dan dia harus mulai bangun untuk menjalani aktivitasnya.

Gunakan alarm dan hewan peliharaan di rumah

Suara alarm yang bising, “gangguan” dari hewan peliharaan di rumah, biasanya juga akan mempermudah Bunda untuk membangunkan si kecil.

Membiarkan anak menerima konsekuensi dari sikap atau pilihannya, akan membuat anak kelak lebih bertanggung jawab, Bun | Shutterstock

Biarkan anak sesekali merasakan konsekuensinya

Apabila segala cara sudah dicoba namun belum juga membuahkan hasil yang diharapkan, berarti saatnya Bunda membiarkan anak untuk menjalani proses dari ketidak mauannya tidur lebih cepat di malam hari, dan bangun tepat waktu di pagi hari, Bun.

Sesekali, Bunda harus menyiapkan hati untuk membiarkan si kecil merasakan akibat dari sikapnya yang tetap tidak mau atau tidak bisa tidur lebih awal dan bangun lebih pagi. Biarkan ia sesekali terlambat berangkat sekolah, lupa membawa buku atau perlengkapan sekolah lainnya, atau tidak sempat menyantap sarapan, dan lain sebagainya.

Dengan begitu, anak akan mendapat pengalaman dan efek jera, yang diharapkan dapat membuatnya mau dan mampu lebih bertanggung jawab juga mengerti bagaimana sebaiknya ia mengatur waktu.

Baca Juga: Bunda, Jangan Sampai Ada 5 Benda Ini di Box Atau Tempat Tidur Bayi, ya!

Melakukan kesalahan dan mau memperbaikinya lebih baik lho, Bun. Daripada terbiasa tidak pernah berbuat salah, karena selalu dibantu oleh Bunda dan Ayah! Hal ini tentu akan membuat buah hati Bunda jauh lebih dewasa, bertanggung jawab, dan lebih mendengarkan saat dibangunkan di pagi hari! Selamat mencoba ya, Bunda-bunda hebat kesayangan.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela