When I get up and work out, I’m working out just as much for my girls as I am for me, because I want them to see a mother who loves them dearly, who invests in them, but who also invests in herself. It’s just as much about letting them know as young women that it is OK to put yourself a little higher on your priority list.
Michelle Obama

Ke Mana Bunda Dapat Menyetorkan Sampah yang Sudah Dipilah untuk Didaur Ulang?

author
Ruth Sinambela
Kamis, 30 Juni 2022 | 11:07 WIB
Yuk, mulai kebiasaan baik memilah sampah di rumah | Shutterstock

Sudahkah Bunda dan keluarga mulai memilah sampah keluarga di rumah? Kalau belum, jangan khawatir, Bun, tidak ada kata terlambat untuk memulai kebiasaan baik ini. 

Yuk, mulai dari sekarang. Bukan hanya Bunda dapat ikut berkontribusi dalam melestarikan lingkungan hidup, lho. Namun dengan mulai menerapkan kebiasaan baik ini, berarti Bunda juga telah membekali si kecil sebagai pewaris masa depan, dengan kecintaan pada lingkungan yang disertai pula tanggung jawab untuk ikut serta menjaganya.

Baca Juga: 7 Tips Memilah Sampah Dapur

Selain itu, tidak perlu khawatir atau bingung di mana dan bagaimana mengumpulkan sampah-sampah yang bisa didaur ulang, Bun. Karena sekarang ini sudah semakin banyak dan mudah mendapatkan informasi mengenai berbagai hal tersebut. Termasuk pula, lokasi daur ulang yang dapat Bunda jadikan tempat untuk menyetor sampah-sampah anorganik yang telah Bunda kumpulkan, seperti plastik kemasan, kertas atau kardus, hingga minyak jelantah.

Ini dia rekomendasi beberapa tempat daur ulang, yang dapat Bunda pilih!

Pilah Sampah

Berlokasi di Jalan Raya Rawa Buntu No.5 BSD, Serpong. Pilah sampah yang telah beroperasi sejak bulan Juni Tahun 2020 ini, masih aktif menampung berbagai sampah rumah tangga yang dapat didaur ulang, dan menyalurkannya ke berbagai komunitas maupun usaha yang akan mendaur ulang berbagai kemasan tersebut, Bun.

Ada banyak jenis sampah yang diterima di Pilah Sampah beserta bagaimana kondisi dan persyaratan yang perlu diperhatikan sebelum menyetorkannya. Untuk itu, Bunda dapat mengikuti akun Instagram @pilahsampah apabila untuk mengetahui berbagai informasi dan update terbarunya, ya!

Memilah sampah kini semakin marak dikampanyekan di seluruh dunia, termasuk Indonesia | Shutterstock

Armada Kemasan

Sangat cocok untuk Bunda yang mungkin kesulitan menyetor sampah daur ulang yang telah dipilah dan dikumpulkan. Armada Kemasan akan menjemput sampah-sampah tersebut langsung ke lokasi yang telah ditentukan atau tempat tinggal Bunda, asalkan masih berada di wilayah Jabodetabek, Bun. 

Bagi Bunda yang ingin menggunakan jasa jemput sampah ini, sebaiknya kunjungi terlebih dahulu Instagram @armadakemasan untuk mengetahui jadwal jemput juga bagaimana tata cara penjemputan, hingga jenis sampah apa saja yang dapat diterima, ya.

Baca Juga: 7 Fakta Sampah Plastik

Rekosistem

Rekosistem memiliki 2 cara dalam penyetoran sampah yang telah dipilah, Bun. Yaitu dengan menyetorkan langsung ke drop point, dimana Bunda diwajibkan untuk terlebih dahulu mendaftar melalui aplikasi rekosistem yang dapat Bunda download di Play Store maupun Appstore

Dan melalui layanan Repickup, yaitu layanan penjemputan sampah ke rumah, khusus untuk Bunda yang berdomisili di Jakarta dan Surabaya, dengan menggunakan layanan Repickup. Untuk mengetahui lebih detail mengenai kedua layanan ini, Bunda dapat mengunjungi Instagram @rekosistem.

Waste4change

Dengan layanan Send Your Waste, dan Dropbox yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia, Bunda dapat memiliki akses terbaik untuk menyetorkan sampah yang sudah Bunda pilah di rumah, nih. Untuk mengetahui berbagai persyaratan dan aturan dalam mengirim sampah pilahan Bunda agar tepat guna dalam daur ulang, yuk, kunjungi dahulu Instagram @waste4change dan dapatkan detail informasinya, ya.

Agar lebih mudah, Bunda perlu mempersiapkan beberapa tempat sampah sesuai dengan jenisnya | Shutterstock

Luar kota

Bagi Bunda yang berada di luar kota khususnya di luar Pulau Jawa, Bunda dapat mendapatkan informasi perihal daur ulang sampah rumah tangga, maupun penyetoran sampah ke berbagai komunitas dengan mencari informasinya dari aplikasi, maupun halaman Instagram berikut ini, Bun:

  • Mallsampah, Makassar
  • Octopus Indonesia, Makassar
  • Gringgo, Denpasar
  • Angkuts, Pontianak

Baca Juga: Yuk, Diet Plastik!

Mudah-mudahan, dengan semakin banyak dan semakin mudahnya penyetoran, pengiriman, maupun penjemputan sampah yang dapat di daur ulang di Indonesia, semakin banyak lagi Bunda-bunda yang tergerak hatinya untuk mulai memilah dan mendaur ulang sampah ya, Bun. Yuk, sebarkan kebaikan ini ke teman maupun keluarga yang membutuhkan. Selamat memilah sampah!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi