Try to be a rainbow in someone else’s cloud.
Maya Angelou

Puncak Peringatan Hari Anak Nasional 2022 akan Diadakan di Lombok Timur, 23 Juli 2022

author
Ruth Sinambela
Senin, 11 Juli 2022 | 11:33 WIB
Hari Anak Nasional 2022 akan diadakan di Lombok | Shutterstock

Akan diadakan di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Perayaan dan Puncak Acara Hari Anak Nasional 2022, yang diselenggarakan mulai tanggal 11 hingga 23 Juli 2022, akan menggelar sejumlah agenda atau acara, yang telah disusun oleh Kementerian Sosial, dengan garis besar acara yaitu untuk mengedepankan empati bagi anak-anak yang membutuhkan bantuan, seperti miskin, terlantar, dan disabilitas, Bun.

Baca Juga: Peran Serta Ayah dalam Pengembangan Diri Anak Serta Ide Aktivitasnya

Agenda kegiatan

“Sejumlah agenda akan digelar sebagai rangkaian peringatan Hari Anak Nasional 2022 di Lombok Timur,” Direktur Rehabilitasi Sosial Anak Kemensos RI, Kanya Eka Santi, menyampaikan hal tersebut saat bertemu Bupati Lombok Timur, H.M. Sukiman Azmy, di Lombok Timur Rabu kemarin (6/7/2022), seperti dilansir dari Antara News. 

Dimana fokus kegiatan akan berkaitan dengan bagaimana mengatasi permasalahan yang dihadapi anak-anak, khususnya di Lombok Timur, yaitu salah satunya dalam hal kepemilikan dokumen kependudukan seperti akta kelahiran, Bun.

Selain itu, kegiatan yang akan dilakukan secara merata dan tersebar di 21 kecamatan di Lombok Timur ini, juga akan melakukan rangkaian kegiatan di bidang lainnya, apa saja?

  • Di bidang kesehatan, seperti vaksinasi, pemeriksaan mata, dan pemeriksaan kesehatan lainnya untuk anak.
  • Pembangunan satu unit rumah layak huni, yang diperuntukkan bagi masyarakat yang membutuhkan atau kurang mampu, yang juga menjadi salah satu acara yang paling menarik dan ditunggu-tunggu oleh masyarakat.
  • Kampanye yang berkesinambungan, untuk mengajak anggota keluarga menempatkan dirinya untuk mau dan mampu ikut aktif dan berperan serta dalam hal yang menyangkut isu kekerasan pada anak, perkawinan anak, hingga penguatan pengasuhan atau parenting yang baik dan sesuai dengan perkembangan zaman, di dalam keluarga.

Baca Juga: Ini yang Membuat Jepang Menjadi Negara dengan Tingkat Kesehatan Anak Terbaik di Dunia

Anak Indonesia berhak dipenuhi segala haknya | Shutterstock

Dukungan masyarakat khususnya keluarga

Tidak akan mudah membangung kehidupan yang layak dan bahagia untuk seluruh anak di Indonesia, kalau tidak dengan peran serta semua pihak, yaitu pemerintah, orang tua, juga masyarakat, dalam memenuhi kebutuhan atau hak anak yang paling penting, yaitu kesehatan, hak untuk berkembang, dan hak untuk Bahagia.

Namun dengan semangat Hari Anak Nasional 2022, seperti yang juga disampaikan oleh Bupati Lombok Timur, dalam kesempatan yang sama, semoga perayaan Hari Anak Nasional 2022 dapat mewujudkan harapan semua pihak, yakni mencukupi kebutuhan riil setiap anak, meliputi hak-hak anak, anak sehat dan kreatif, dan perlindungan bagi setiap anak Indonesia di mana pun mereka berada ya, Bun.

Baca Juga: Waktu Screen Time Anak Menurut Anjuran WHO

Semoga cita-cita ini ke depannya dapat dijaga dan terus diusahakan menuju kemampuan terbaiknya, hingga seluruh anak Indonesia bisa menjadi anak-anak yang sejahtera, dan menjadi pewaris masa depan yang unggul di mata dunia tentunya.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi