Being a parent has made me more open, more connected to myself, more happy, and more creative. I’m more discerning in what I do and how I do it. It’s just made me a better person all the way around.
Alicia Keys

Yuk, Ajak Si Kecil Memasak Bersama Bunda dan Ayah!

author
Ruth Sinambela
Senin, 15 Agustus 2022 | 15:00 WIB
Belajar memasak ternyata bisa meningkatkan kemampuan kognitif anak, lho! | Shutterstock

Si kecil suka menemani Bunda memasak di dapur? Memang terkadang rasanya sedikit merepotkan ya, Bun. Apalagi kalau si kecil mulai mengeluarkan semua barang untuk dimainkan, belum lagi ingin mencoba semua hal yang Bunda lakukan. Duh, seneng sih melihat ekspresi gembira mereka. Tapi kebayang deh, nanti harus beberesnya.

Meski memang akan sedikit repot, tetap jangan larang si kecil menemani Bunda memasak di dapur, ya? Kenapa? Karena banyak sekali manfaat baik yang dapat si kecil pelajari dengan memperhatikan juga mencoba berbagai kegiatan di dapur bersama Bunda! Noted ya, Bun, harus bersama Bunda, lho, jangan tanpa pengawasan.

Mengasah keterampilan hidup

Mengasah keterampilan hidup bisa Bunda lakukan dengan berbagai cara, salah satunya yaitu belajar memasak. Nanti ketika si kecil dewasa, baik perempuan maupun laki-laki, sama-sama memerlukan keterampilan dasar ini untuk bertahan hidup lho, Bunda.

Sebagai bunda cerdas, yuk, mulai ajarkan keterampilan memasak untuk putra dan putri Bunda di rumah, tanpa membeda-bedakan.

Belajar mengenal berbagai rasa

Dengan membantu atau menemani Bunda memasak, si kecil juga bisa mulai mempelajari atau mengenal berbagai rasa dengan indera pengecapnya, Bun. Harapannya, si kecil juga akan menikmati apa pun rasa yang Bunda siapkan sebagai menu makan maupun MPASI mereka. 

Selain itu, dengan mengenalkan berbagai rasa pada anak-anak, juga bisa menjadi salah satu trik agar si kecil tidak pilih-pilih makanan, atau picky eater, bahkan hingga besar nanti.

Baca juga: Baru Mulai Sering Memasak? Kenali 5 Metode Menggoreng Yang Kamu Wajib Tahu

Melatih fisik

Memasak sambil berolahraga? Bisa banget lho, Bun. Izinkan si kecil mengaduk masakan Bunda, itu artinya Bunda sudah mengajak mereka berolahraga, yaitu dengan menggerakkan atau menggunakan otot-ototnya, Bun!

Selain itu, koordinasi tangan dan mata juga akan menjadi latihan yang baik dalam mengembangkan kemampuan fisik hingga koordinasi otak anak.

| Shutterstock

Mengembangkan kemampuan kognitif dan kreativitas anak

Yaitu dengan menghitung, mengenal nama-nama ikan, sayuran dan buah, hingga menanyakan pendapat mengenai menu apa yang paling baik untuk Bunda dan si kecil masak hari ini.

Menguatkan bonding

Hubungan yang dalam dan hangat tentu akan tercipta seraya Bunda menghabiskan waktu berkualitas bersama si kecil di dapur. Tak hanya Bunda lho, si kecil juga bisa menghabiskan waktu memasak bersama Ayah, saat akhir pekan. Kegiatan ini akan membuat Bunda, Ayah, dan si kecil semakin dekat dan akrab!

Baca juga: Pentingnya Bonding Ayah-Anak, Berikut 5 Pilihan Aktivitasnya

Membangun dasar kepercayaan diri anak

Kepercayaan diri anak merupakan hal yang penting untuk dipupuk sedini mungkin, Bun, salah satu cara yang dapat Bunda gunakan adalah mengajak si kecil untuk melakukan aktivitas bersama, misalnya memasak.

Dengan mengizinkan anak melakukan berbagai hal di dapur, seperti mengaduk, memetik sayuran, memotong tempe, tentunya sesuai usia dan kemampuannya dan dalam pengawasan Bunda, dengan sendirinya kepercayaan diri anak akan terbangun. 

Nantinya kepercayaan diri si kecil akan menjadi salah satu kualitas terbaik yang dimilikinya hingga ia besar nanti, Bun!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi