We may not be able to prepare the future for our children, but we can at least prepare our children for the future.
Franklin D. Roosevelt

Rekomendasi Mainan untuk Menemani Si Kecil Mandi

author
Ruth Sinambela
Senin, 19 September 2022 | 11:00 WIB
Rekomendasi mainan untuk menemani si kecil mandi | Shutterstock

Bunda pasti pernah mengalami situasi ketika si kecil sulit sekali diajak mandi, atau selalu merengek bahkan tantrum saat Bunda meminta dan mengajaknya mandi. Padahal, kalau sudah di kamar mandi sulit sekali mengajaknya selesai atau udahan ya, Bun.

Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu cara yang banyak disarankan oleh para ahli adalah dengan mengajak atau menawarkan mainan untuk dibawa saat mandi, Bun. Asal selalu dalam pengawasan Bunda, trik ini aman untuk dicoba lho, Bun! Berikut ini merupakan beberapa jenis mainan mandi bayi yang bisa dijadikan pilihan.

Baca Juga: Mandi Bersama Si Kecil, Bolehkah? Sampai Usia Berapa?

Bola mandi plastik

Bola warna-warni | Shutterstock

Tidak ada anak yang menolak diajak mandi kalau Bunda sudah menyiapkan bak mandi berisikan bola-bola mainan warna-warni ini!

Selain aman untuk dimainkan di bak mandi, dengan bola warna-warni ini Bunda sekaligus bisa mengenalkan si kecil dengan berbagai warna, hingga mengasah kemampuan berhitung dan motorik halusnya. Perlu diingat agar Bunda melakukannya sesuai dengan usia dan perkembangan anak, ya.

Bebek karet

Bebek karet | Shutterstock

Salah satu mainan yang wajib dimiliki si kecil baik yang sulit diajak mandi maupun yang hobinya mandi nih, Bun!

Sambil memainkan bebek karet, Bunda dapat bercerita pada si kecil mengenai bagaimana kehidupan bebek, misalnya dengan menceritakan tentang keluarga bebek, kemampuan bebek menghasilkan telur, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Bayi Selalu Menangis Saat Dimandikan? Lakukan 5 Hal Ini

Pancing-pancingan

Permainan memancing | Shutterstock

Seru sekali untuk dimainkan sambil mandi nih, Bun. Dengan memainkan mainan pancingan, si kecil pasti akan selalu tidak sabar menunggu waktunya mandi. 

Selain itu, permainan ini juga dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi serta fokus anak, lho. Pastikan Bunda selalu menemani si kecil saat memainkannya, agar selalu aman saat bermain.

Bubble gun

Bermain bubble atau gelembung | Shutterstock

Balita maupun anak usia sekolah pasti akan menyukai permainan ini, Bun. Dengan memainkan permainan ini, si kecil sekaligus bisa mengasah motorik halus dan kemampuan melihatnya, saat berusaha menangkap gelembung dengan kedua jarinya!

Bathketball

Permainan bathketball |

Mainan yang sekilas mirip dengan permainan bola basket ini memang dirancang khusus untuk dimainkan saat mandi. Dilengkapi dengan ring dan bola-bola kecil, anak akan berusaha memasukkan bola tersebut ke ring yang disediakan. 

Tentu permainan ini akan menarik si kecil untuk semangat mandi, serta membuat mereka lebih cekatan dalam memasukkan bola agar tepat sasaran.

Baca Juga: 8 Cara Membujuk Si Kecil Saat Mogok Mandi

Menarik ya Bun, kelima rekomendasi permainan anak yang cocok untuk dilakukan saat si kecil mandi! Dijamin deh, dengan kelima permainan ini Bunda tidak akan kesulitan lagi saat mengajak buah hati Bunda mandi. Ditambah lagi, si kecil juga dapat belajar banyak dan bersenang-senang ketika waktunya mandi! 

Untuk mendapatkannya, Bunda tinggal mencari di marketplace kesayangan Bunda, ya. Dan pastikan Bunda maupun Ayah selalu menemani dan mengawasi si kecil saat mereka memainkannya!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi