We may not be able to prepare the future for our children, but we can at least prepare our children for the future.
Franklin D. Roosevelt

Ini Waktu Terbaik Untuk Mandi, Cek Alasannya

author
Hasto Prianggoro
Kamis, 26 September 2019 | 16:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

 

Berapa kali kamu mandi sehari? Kapan kamu mandi, pagi atau sore hari? Ternyata mandi pada pagi hari tak terlalu bermanfaat bagi kesehatan.

 

Kebanyakan dari kita mandi pada pagi hari sebelum melakukan aktivitas. Paling tidak ini merupakan hasil beberapa survei yang dilakukan. Bahkan, 61% warga Inggris mengaku melakukannya, seperti dikutip ari womenshealthmag.com.

Padahal, seperti disampaikan ahli kulit Dr. Simon Zokaie, waktu yang paling tepat buat mandi bukanlah di pagi hari, melainkan petang atau sore hari. Pasalnya, kotoran, kuman, dan racun yang menempel di kulit selama seharian kita beraktivitas akan masuk ke dalam pori-pori kulit sehingga menyebabkan kulit menjadi usak.

Ya, jika menyangkut perawatan kulit, mandi pada sore atau petang hari adalah pilihan terbaik. Pasalnya, mandi pada waktu ini akan membantu mengenyahkan sisa make up, minyak, kotoran dan polutan yang terkumpul setelah seharian beraktivitas. Lagipula, siapa yang mau pergi tidur dengan wajah dan tubuh penuh kotoran dan kuman, bukan?

| SHUTTERSTOCK
Tetapi, bukan berarti mandi pada pagi hari tidak baik atau tidak perlu. Di negara tropis seperti Indonesia yang kelembabannya cukup tinggi dan cuacanya cukp panas, mandi 2 kali sehari adalah pilihan yang masuk akal. Mandi pagi juga akan membantu membuat kita merasa segar sebelum melakukan berbagai aktivitas, meskipun tidak banyak dampak positifnya bagi kulit.

Jadi, meskipun kamu suka mandi di pagi hari, jangan lupa untuk mandi di sore hari juga sepulang dari beraktivitas. “Mandi ringan cukup, kok, untuk membersihkan kulit dan menjaga kesehatan kulit kita.”

Baca juga: 9 Tanaman Hias yang Cocok Untuk Kamar Mandi

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro