I don't believe in luck. It's persistence, hard work, and not forgetting your dream.
Janet Jackson

Gejalanya Seperti Flu, Tetapi…

author
Hasto Prianggoro
Rabu, 25 September 2019 | 16:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Cuaca yang kurang baik akhirakhir ini membuat banyak orang yang terserang flu. Tetapi jangan buru-buru minum obat flu. Bisa jadi, yang kamu alami bukan flu.

 

Ya, meski gejala yang muncul sangat mirip gejala flu, antara lain hidung gatal dan tersumbat, batuk, tenggorokan sakit, demam, dan sakit kepala, belum tentu yang menyerang itu flu. Bisa jadi, itu adenovirus. Adenovirus adalah penyakit umum yang sering dialami banyak orang. Karena gejalanya yang sangat mirip dengan flu, seringkali penyakit ini sulit didiagnosa selain flu.

Belum tersedia virus untuk penyakit ini. Untuk memastikan, terdapat pemeriksaan molekuler bagi adenovirus, tetapi tak semua dokter atau rumah sakit mampu melakukannya. Satu-satunya cara untuk membedakan antara flu dan adenovirus adalah dengan rapid flu test. Jika positif, berarti yang menyerang adalah flu, jika negatif bisa jadi adenovirus. Sayangnya, tes ini pun tak sepenuhnya akurat. Hasil negatif juga tak selalu berarti bebas dari flu.

Baca juga: 7 Gejala Mirip Flu Yang Harus Diwaspadai

Yang bisa dilakukan adalah mencegah adenovirus dengan rajin mencuci tangan dan membatasi interaksi dengan mereka yang sedang flu. “Sama seperti pencegahan untuk flu, hanya saja adenovirus belum ada vaksinnya,” kata Amesh A. Adalja. MD, peneliti senior dari John’s Hopkins Center for Health Security, seperti dikutip womenshealthmag.com.

Apa yang harus dilakukan jika gejala-gejala adenovirus muncul? “Tak perlu panik. Bagi sebagian besar orang, ini sama seperti flu biasa yang akan sembuh sendiri dalam beberapa hari,” kata Adalja. Adenovirus juga bukan penyakit serius.

Jika kamu merasa infeksinya meningkat dan gejala yang muncul lebih hebat ketibang gejala flu biasa, misalnya sampai sesak napas, segera hubungi dokter. Dokter biasanya akan memberikan obat untuk meredakan gejala. Antibiotik pun tidak mempan karena adenovirus merupakan penyakit akibat virus.

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro