I think a lot about teaching my kids to work hard. I’ve learned something about kids ? they don’t do what you say; they do what you do.
Jennifer Lopez

Sittervising, Caranya Menikmati Momen Hangat di Sela Waktu Sibuk Setiap Hari

author
Ruth Sinambela
Senin, 10 Oktober 2022 | 15:00 WIB
Sittervising, cara sederhana untuk beristirahat sambil memberi perhatian pada si kecil | Shutterstock

Seringkali demi menjaga kewarasan atau kesehatan mental, Bunda perlu lho mengambil waktu sejenak, berhenti dari aktivitas apapun yang tengah dikerjakan untuk duduk dan menikmati waktu santai sambil tetap mengawasi si kecil bermain atau beraktivitas sendiri di rumah.

Hal ini menurut Susie Allison, seorang penulis, blogger, pemerhati anak, juga seorang ibu dari 3 buah hatinya, seperti dilansir dari Verywell Family, disebut sebagai sittervising, Bun!

Baca Juga: Playdough Tak Sengaja Tertelan Saat Bermain. Aman Nggak, ya?

Pengertian sittervising

Merupakan hal yang sangat sederhana namun sekaligus juga memberi banyak ruang, kebebasan, kesempatan bereksplorasi, melatih kemandirian, dan memberi waktu berkreasi bagi anak. Sittervising lebih dari itu juga menjadi waktu berharga untuk Bunda dapat beristirahat sambil menikmati momen yang ada.

Sittervising seperti makna harfiahnya, memang merupakan waktu dimana Bunda dapat duduk sambil memperhatikan atau mengawasi si kecil yang tengah bermain atau melakukan aktivitas apa pun di rumah. 

Meski terdengar sederhana dan lebih seperti bersantai, kenyataannya dengan Bunda memilih meninggalkan pekerjaan yang tengah dilakukan dan mengawasi si kecil bermain atau berkegiatan, banyak hal bermanfaat yang telah Bunda lakukan untuk tumbuh kembangnya, lho. Apa saja?

Bunda dapat beristirahat dari aktivitas sambil berinteraksi dengan buah hati | Shutterstock

Waktunya si kecil bermain bebas

Dengan melakukan sittervising sama saja seperti Bunda tengah memberikan waktu bermain bebas untuk anak. Bermain bebas seperti Bunda ketahui, merupakan salah satu cara atau waktu bermain yang sangat baik dan dibutuhkan si kecil karena memberikan manfaat berikut ini:

  • Mengasah kreatifitas dengan mengembangkan imajinasi, serta mengeksplorasi benda maupun mainan yang ada di sekitarnya
  • Mengetahui minat dan bakat anak, dengan memperhatikan interaksi maupun kegiatan yang mereka pilih untuk dilakukan
  • Menumbuhkan kepercayaan diri
  • Melatih kemandirian
  • Melatih anak untuk bersosialisasi apabila bermain bebas dilakukan bersama teman atau saudara

Baca Juga: Pentingnya Membangun Self-Boundaries Sedini Mungkin

Say bye to burn out!

Ketika Bunda mulai merasa kewalahan dengan pekerjaan di rumah, Bunda bisa banget lho, menjadikan waktu ini untuk rileks sebentar. Ajaklah anak-anak bermain di ruang keluarga atau di kamar dan Bunda cukup mengawasi mereka dari jauh, mungkin sambil menikmati air dingin atau teh hangat!

Dengan melakukan ini tentu Bunda bisa mencegah burn out, dan menjaga mood sehingga situasi di rumah jadi lebih tenang terkendali, Bun. Namun ingat, ambillah waktu sittervising untuk benar-benar beristirahat dan memperhatikan si kecil bermain, ya. 

Tentu boleh-boleh saja kalau Bunda mengecek layar smartphone sebentar, namun alangkah baiknya kalau Bunda menunjukkan kepada si kecil kalau dirinya lebih menarik dan lebih berarti untuk diperhatikan daripada smartphone.

Biarkan si kecil merasa kalau Bunda lebih memperhatikannya daripada pekerjaan atau gadget | Shutterstock

Menikmati momen

Ketika Bunda duduk santai dan memperhatikan si kecil dari jauh, maka manfaatkanlah waktu yang ada untuk menikmati dan merekam momen ini di dalam hati, Bun. Pasti hati Bunda akan segera terasa penuh dan hangat.

Perhatikan betapa sehatnya si kecil, sudah besar, dan pintar pula! Pikirkanlah betapa Bunda telah melakukan pekerjaan yang sangat luar biasa dengan melahirkan, mengurus, dan membesarkan mereka hingga menjadi anak-anak luar biasa seperti sekarang ini. Percayalah Bun, ini akan menjadi momen yang kelak Bunda rindukan ketika mereka telah dewasa.

Baca Juga: Nonton Film “Throwback” Menguatkan Kembali Bonding Orang Tua dan Anak, lho!

Minimal satu kali setiap hari lakukanlah sittervising di rumah, Bun. Atau kalau Bunda setiap hari bekerja dari kantor, Bunda bisa banget melakukan hal ini saat akhir pekan. Apabila memungkinkan ajaklah juga si Ayah untuk ikut menikmati kebersamaan dan kehangatan ini, Bun. Selamat mencoba sittervising!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi