Too much love never spoils children. Children become spoiled when we substitute presents for presence.
Anthony Withman

Itaewon, Tempat Berkumpulnya Turis Mancanegara yang Menarik dan Multikultural

author
Ruth Sinambela
Selasa, 1 November 2022 | 11:00 WIB
Keindahan Itaewon Street di malam hari | cheria-travel.com

Pusat jalanan Itaewon memang telah lama dikenal sebagai tempat multicultural dimana banyak sekali turis maupun masyarakat Korea Selatan yang datang dan berbaur untuk mengunjungi berbagai tempat makan internasional maupun berpesta di berbagai klub dan kafe yang banyak tersebar di sana, Bun.

Alasannya, daerah Itaewon dahulu adalah tempat yang banyak dikunjungi tentara Amerika Serikat karena dekat dengan pangkalan militernya sehingga hingga saat ini pun toko maupun restoran di Itaewon banyak menyajikan makanan internasional dan bahkan karyawannya banyak menggunakan bahasa Inggris untuk melayani pengunjung, tidak seperti di tempat-tempat lain di Korea Selatan, Bun.

Baca Juga: 7 Street Food yang Wajib Dicoba di Korea

Dahulunya merupakan daerah kumuh

Itaewon sendiri dulunya merupakan daerah kumuh bahkan memiliki banyak rumah bordil yang sering dikunjungi oleh tentara Amerika hingga kemudian diubah dan dibangun kembali, Bun. Dengan mendirikan berbagai restoran, bar, serta toko-toko yang ditujukan untuk kalangan menengah ke atas, Itaewon berubah menjadi salah satu tujuan wisata yang sangat menarik.

Bahkan beberapa tahun terakhir Itaewon makin populer karena drama korea yang digandrungi dan ditonton banyak pencinta drama korea di seluruh dunia, yakni Itaewon Class. Pusat hiburan Itaewon pun menjadi salah satu tempat yang menarik dan ingin dikunjungi oleh masyarakat Korea Selatan sendiri, juga turis mancanegara dari seluruh dunia.

Potongan gambar adegan dalam k-drama Itaewon Class saat menunjukkan festival Halloween di Itaewon yang banyak dikunjungi turis asing | Drama korea Itaewon Class/ Tribunnews.com

Bahkan sebelum pandemi Covid-19 melanda pada tahun 2022, Itaewon memang telah menjadi tujuan utama masyarakat Korea maupun turis untuk merayakan pesta Halloween setiap tahunnya. Dimana semua orang dari berbagai negara akan berbaur di sana menggunakan kostum halloween, berpesta, atau sekedar menikmati suasana festival Halloween yang ramai dan menarik di jalanan Itaewon dan sekitarnya.

Baca Juga: Sebelum Traveling ke Korea Ketahui 9 Tradisi Ini

10 kali lebih ramai dari biasanya

Pembatasan yang telah berlaku selama tiga tahun terakhir akibat pandemi Covid-19 tentu menjadikan perayaan Halloween tidak lagi dirayakan di Itaewon. Karena itulah ketika tahun ini menjadi tahun pertama diadakannya kembali perayaan Halloween Party di Itaewon, banyak orang menduga pastinya pengunjung akan lebih ramai dari biasanya.

Namun apakah akan seramai Sabtu (29/10/2022) malam kemarin yaitu sekitar 100.000 orang pengunjung memadati jalanan Itaewon yang sempit dan beberapa menurun ini, tak ada yang menduganya. Karena itulah pemerintah Korea Selatan maupun instansi terkait hingga kini masih melakukan penelusuran dan kemungkinan-kemungkinan yang bisa menjadi penyebab utama terjadinya insiden massal tersebut.

Baca Juga: Mengenal Sindrom Asperger dari Drama Korea Populer, Extraordinary Attorney Woo

Kita doakan semoga pemerintah Korea Selatan dapat segera menemukan penyebab insiden massal ini sehingga ke depannya Itaewon dapat berbenah dan tidak lagi mengalami hal yang serupa di masa depan ya, Bun! Semoga.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi