There is no such thing as a perfect parent. So just be a real one.
Sue Atkins

Banyak Manfaatnya! Yuk Ayah, Lakukan Skin-to-Skin dengan Si Kecil Sejak Awal Kelahirannya ke Dunia

author
Ruth Sinambela
Jumat, 11 November 2022 | 12:50 WIB
Menggendong bayi di dada Ayah dan membiarkan bayi merasakan kehangatan tubuh Ayah juga mendengarkan degupan jantung Ayah, akan membuat bayi merasa nyaman. | Shutterstock

Memiliki banyak manfaat, skin-to-skin bayi dengan Ayah kini menjadi hal yang lumrah dilakukan terutama di awal kehidupan atau kelahirannya ke dunia, Bun. Tidak hanya Bunda, kini para Ayah pun mulai memahami bagiannya sendiri dalam menyambut buah hatinya dengan cara ini.

Selain memberi kehangatan dan perasaan dicintai, skin-to-skin rupanya juga memiliki manfaat hebat lainnya yang akan sangat baik apabila bisa diterima dan dirasakan oleh semua anak, Bun. Seperti mengurangi stres pada bayi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi, menghidrasi kulit bayi, menyelaraskan detak jantung bayi dan Ayah, serta beberapa manfaat besar lainnya! Apa sajakah?

Baca Juga: Segudang Manfaat Untuk Si Kecil yang Dekat Dengan Ayah

Memberi rasa nyaman

Setelah lahir ke dunia, wajar saja apabila bayi dapat merasakan yang namanya ketidaknyamanan, Bun. Bagaimana tidak? Dari yang tadinya berada di dalam rahim Bunda yang aman tentu ia akan merasa asing di tempat tidur bayi atau box bayinya. 

Namun dengan menggendong bayi di dada Ayah dan membiarkan bayi merasakan kehangatan tubuh Ayah juga mendengarkan degupan jantung Ayah, itu merupakan hal yang akan sangat mampu membuatnya nyaman.

Mengembangkan kemampuan kognitif

Lakukanlah skin-to-skin setiap hari secara rutin ya, Ayah. Para ahli menyatakan kalau dengan mendapatkan skin-to-skin secara rutin maka perkembangan otak bayi akan berkembang cepat dan sempurna. Hal ini tentunya berhubungan pula dengan kecerdasan atau kemampuan kognitifnya kelak, Bun.

Di zaman sekarang ini, para Ayah telah lebih memahami bagiannya sendiri dalam menyambut sang buah hati, Bun! | Shutterstock

Baca Juga: Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Merawat Bayi Prematur di Rumah

Mendukung pemulihan bayi prematur

Bayi prematur yang baru saja lahir biasanya akan segera dibaringkan di box bayi khusus bayi prematur atau inkubator untuk mendapat kehangatan.

Nantinya setelah beberapa jam atau beberapa hari para Ayah akan diizinkan untuk memberikan skin-to-skin oleh dokter, Bun. Hal ini dianggap penting karena terbukti dapat mempercepat proses pemulihan sehingga bayi prematur bisa pulang ke rumah lebih cepat.

Manfaat untuk Ayah: meningkatkan produksi hormon oksitosin

Menurut penelitian, ketika Ayah melakukan skin-to-skin dengan bayi maka di dalam tubuh Ayah akan terjadi penurunan testosteron, juga peningkatan oksitosin dan dopamin. 

Hal ini kemudian akan membuat otak Ayah menciptakan perasaan positif dan hubungan yang dekat sejak awal si kecil lahir ke dunia hingga memunculkan pula naluri pengasuhan alami para Ayah!

Baca Juga: 7 Cara Bikin Ikatan Ayah dan Bayi Lebih Kuat

Karena itulah jangan pernah berpikiran kalau Ayah tidak akan mampu menjadi Ayah yang baik bagi si kecil, ya. Karena secara alamiah kemampuan tersebut akan terbentuk, kok! Selain itu, mulailah dengan hal pertama yang paling bisa Ayah lakukan, yaitu melakukan skin-to-skin dengan buah hati tercinta.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela