If you have never been hated by your child, you have never been a parent.
Bette Davis

Mengenal Lebih Dekat Sosok Ibu Negara Korea Selatan yang Sukses Curi Perhatian di KTT G20 Bali

author
Ruth Sinambela
Rabu, 16 November 2022 | 13:21 WIB
Madam Kim bersama Ibu Iriana saat acara jamuan teh di Bali | Parapuan, Youtube channel Sekretariat Presiden

Sosok anggun The First Lady of South Korea, Kim Keon Hee, sukses menjadi sorotan dan ramai diperbincangkan di media sosial. Istri dari Presiden Korea Selatan, Yoon Suk Yeol ini tampak menonjol di antara ibu negara lainnya yang juga hadir pada perhelatan KTT G20 di Bali sejak 15-16 November 2022 kemarin.

Madam Kim, begitu ia biasa disapa, memang memberikan kesan bak istri pimpinan atau istri presiden di berbagai film atau k-drama lewat penampilannya, Bun. Hal ini juga yang membuatnya menarik. Bagaimana tidak, kalau masyarakat Indonesia sendiri merupakan salah satu negara dengan penggemar k-drama maupun k-pop terbanyak di dunia!

Baca Juga: Ini Makna dari Tema dan Monumen yang Disiapkan Khusus untuk KTT G20 di Bali, Bun!

Meski juga tak dipungkiri kalau penampilan Madam Kim jelas terlihat awet muda di usianya yang telah menginjak 50 tahun. Sederhana namun menawan merupakan beberapa kata yang bisa menggambarkan sosoknya.

Menyelesaikan pendidikan seni

Seperti dilansir dari The Straits Times, Madam Kim mengambil jurusan melukis di Universitas Kyonggi, Korea Selatan. Setelah itu ia melanjutkan pendidikan untuk gelar master pendidikan seni, hingga akhirnya mendapatkan gelar doktor dalam desain konten digital.

Membangun kariernya di industri seni dan desain, Madam Kim pernah bekerja sebagai instruktur di sekolah dan universitas, juga mulai mendirikan perusahaan konten budaya Covana Contents pada 2007.

Ibu Iriana mendampingi para ibu negara di perhelatan KTT G20, Bali | Youtube channel Sekretariat Presiden

Baca Juga: Bunda Perlu Tahu, KTT G20 Resmi Diselenggarakan di Bali Mulai Hari Ini

Seorang pebisnis

Tidak seperti ibu negara Korea Selatan sebelumnya yang merupakan ibu rumah tangga, Madam Kim merupakan seorang wanita karir yang sukses, pebisnis juga pengusaha, Bun. Bahkan hingga kini ia masih aktif sebagai pimpinan di perusahaan start-up yang dimilikinya, yaitu Covana Contents, yang sudah dijalankannya sejak 2009.

Perusahaan yang menjalankan perencanaan pameran seni ini diketahui telah banyak mengadakan pameran seni yang terbilang sukses di Korea Selatan. Sehingga wajar saja apabila jumlah kekayaan yang dimiliki Madam Kim juga tidak sedikit. Bahkan seperti dilansir dari Yonhap News, jauh lebih besar dari harta yang dimiliki sang suami!

Baca Juga: Pemerintah Resmi Tetapkan Skrining Hipotiroid Kongenital Sebagai Skrining Wajib Bayi Baru Lahir

Tidak hanya di luar Korea Selatan, kenyataannya kepopuleran Madam Kim juga terasa di negara asalnya tersebut. Bahkan ia juga memiliki klub penggemar yang diberi nama Koen Hee Sarang, dengan jumlah anggota lebih dari 93.000 orang. Wow, angka yang fantastis ya, Bun! Bak pesohor, pebisnis yang kini juga menjalankan peran sebagai ibu negara, Madam Kim jelas bukan wanita sembarangan. Setuju, Bun?

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi