When I get up and work out, I’m working out just as much for my girls as I am for me, because I want them to see a mother who loves them dearly, who invests in them, but who also invests in herself. It’s just as much about letting them know as young women that it is OK to put yourself a little higher on your priority list.
Michelle Obama

Tertawa Ternyata Bermanfaat untuk Perkembangan Otak Bayi, Bun!

author
Ruth Sinambela
Kamis, 17 November 2022 | 15:00 WIB
Tertawa merupakan cara bayi untuk merespon, juga sebagai tanda kalau mereka tengah mempelajari lingkungan dan orang-orang di sekitarnya. | Shutterstock

Semua Bunda pasti setuju kalau saat melihat buah hatinya yang masih bayi tertawa adalah saat-saat paling membahagiakan sebagai seorang ibu. Tawa bayi dengan suara dan wajahnya yang bagai malaikat, seketika saja dapat menumbuhkan rasa bahagia di dalam hati setiap Bunda juga Ayah.

Namun tahukah Bunda, kalau tawa bayi ternyata juga bisa memberikan manfaat yang sangat penting untuk tumbuh kembang mereka? Apa saja sih, manfaat yang bisa dirasakan bayi dengan lebih sering tertawa?

Baca Juga: 7 Fakta Tertawa

Memperkuat ikatan

Tertawa pada bayi tentu saja hanya dapat tercipta karena hubungan yang dekat antara Bunda dan si kecil. Namun lebih dari itu, tertawa juga merupakan cara bayi untuk merespon, juga sebagai tanda kalau mereka tengah mempelajari lingkungan dan orang-orang di sekitarnya.

Bayi biasanya akan tertawa pada orang-orang yang sudah dikenal maupun orang-orang yang bersikap baik kepadanya. Dengan begitu bayi juga akan mulai membangun hubungan dengan orang tersebut. Serta lebih luas lagi, dengan sering tertawa maka bayi akan belajar bagaimana berpikir, memahami, berkomunikasi dan menunjukkan emosi.

Dengan tertawa bayi akan mulai membangun hubungan dengan orang-orang di sekitarnya. | Shutterstock

Mengenalkan dunia

Sudah tentu tertawa akan membuat suasana hati bayi menjadi baik dan bayi akan merasa nyaman dan aman, Bun. Hal inilah yang kemudian oleh para ahli dinilai sebagai langkah penting orang tua dalam mengenalkan dunia kepada buah hatinya.

Bahwa dunia yang mereka tinggali dipenuhi kebahagiaan. Bahwa ia dicintai dan berharga. Dunia yang dipenuhi kasih sayang, kehangatan, aman, dan nyaman.

Baca Juga: Kenapa Bayi Suka Tertawa Saat Tidur?

Baik untuk perkembangan otak

Tertawa adalah hal yang sangat penting dalam perkembangan otak anak lho, Bun. Seperti dilansir dari Halodoc, saat tertawa tubuh akan melepaskan bahan kimia yang membuat bayi merasa bahagia dan aman bahkan juga berperan dalam mempengaruhi bagaimana otak bayi tumbuh dan berkembang, Bun. 

Di sisi lain, apabila bayi merasa tidak aman atau stress maka akan ada peningkatan hormon stress di dalam tubuhnya. Hormon inilah yang dapat mengganggu proses pembelajaran bayi dan memengaruhi perkembangannya secara keseluruhan.

Bermain adalah salah satu cara yang dapat Bunda lakukan untuk membuat bayi tertawa | Shutterstock

Belajar bersosialisasi

Dengan lebih sering mengajak bayi tertawa artinya Bunda juga telah mengajarkan bayi untuk lebih ramah, sehingga bayi pun akan terbiasa atau mudah tersenyum. Pada usia ini tentu tersenyum dan tertawa merupakan hal yang baik untuk diajarkan.

Selain itu, dengan lebih sering mengajak bayi tertawa maka Bunda telah mengenalkan dan menanamkan cara menjalin hubungan yang baik dengan orang lain.

Baca Juga: Kenapa Bayi Sering Memainkan Air Liur?

Tak diragukan lagi tertawa merupakan pengalaman yang sangat penting dan berguna sekali dalam tumbuh kembang bayi ya, Bun. Karena itulah Bunda harus lebih banyak lagi mengajak si kecil tertawa, dengan bercanda, memeluk, mencium, dan menyayanginya, ya!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi