For me, motherhood is learning about the strengths I didn’t know I had, and dealing with the fears I didn’t know existed.
Halle Berry

Rekomendasi Taman Bermain Outdoor Ramah Anak di Jakarta dan Sekitarnya

author
Ruth Sinambela
Jumat, 18 Maret 2022 | 11:02 WIB
Bunda dan Ayah Mengajak Si Kecil Berpiknik Outdoor | Shutterstock

Situasi pandemi yang dinilai sudah mulai membaik, kembali menarik para orang tua untuk merencanakan liburan di akhir pekan bersama buah hati tercinta nih, Bun. Bagaimana dengan Bunda sendiri? Sudahkah Bunda dan Ayah kembali mengajak anak-anak untuk bermain atau rekreasi di luar rumah? Ke mana Bunda dan Ayah berencana, atau sudah membawa si kecil jalan-jalan?

Bermain di luar ruangan   

Mengajak si kecil bermain di luar rumah, misalnya di taman atau tempat wisata outdoor, bisa dijadikan pilihan, lho! Tentu Bunda dan Ayah sudah tahu kalau bermain di luar ruangan dinilai lebih aman untuk menghindari penyebaran Covid-19 bukan?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Restoran dan tempat Rekreasi Outdoor Ramah Anak

Apalagi sekarang ini, tempat atau taman bermain outdoor di daerah Jakarta dan sekitarnya sudah semakin banyak pilihan, juga menawarkan fasilitas ramah anak yang menarik dan aman, Bun.

Apabila Bunda tertarik untuk mengajak si kecil bermain di taman atau tempat terbuka, beberapa pilihan atau rekomendasi taman bermain outdoor ramah anak berikut ini, dapat dijadikan pilihan!

Tebet Eco Park

Tebet Eco Park Dijadwalkan Akan Segera Dibuka untuk Umum di Bulan Maret 2022 |

Baru akan dibuka untuk umum dalam waktu dekat, taman ramah lingkungan juga ramah anak ini, digagas oleh Gubernur DKI Jakarta, Bapak Anies Baswedan, Bun.

Mengusung konsep “connecting people with nature”, Tebet Eco Park yang dibagi menjadi dua wilayah, yaitu utara dan selatan ini, memiliki banyak sarana interaksi, edukasi, sekaligus rekreasi bagi masyarakat.

Tebet Eco Park dibangun di atas lahan seluas 7 hektar, dan memiliki fasilitas taman bermain ramah anak dengan berbagai konsep, yang bertujuan untuk memberikan tempat bagi anak-anak bermain, bereksplorasi, belajar, dan mencintai alam.

Sangat menarik, ya! Jangan ragu untuk membawa si kecil ke Tebet Eco Park nanti setelah dibuka ya, Bunda.

Taman Budaya Sentul

Taman Budaya Sentul Dikelilingi Oleh 4 Gunung di Bogor |

Dari namanya saja, mungkin Bunda sudah bisa menebak konsep yang disuguhkan oleh Taman Budaya Sentul ini. Benar Bun, Taman Budaya Sentul memang memiliki konsep menarik yaitu taman bertema tradisional.

Di taman ini Bunda akan menemukan banyak sekali tradisi Sunda, selain juga pemandangan alamnya yang sangat cantik. Lokasinya yang dikelilingi oleh empat gunung di Bogor, membuat Bunda dan keluarga akan merasa betah menikmati suasana sambil bermain dan melekat dengan alam.

Baca Juga: 6 Aktivitas Outdoor Yang Membantu Meningkatkan Kosakata Anak

Scientia Square Park

Scientia Square Park di Serpong |

Berlokasi di Tangerang Selatan, Scientia Square Park mungkin sudah tak asing lagi bagi Bunda sekeluarga. Menyuguhkan banyak aktivitas seru di atas lahan seluas 7500 meter persegi, membuat taman terbuka ini dipilih oleh banyak keluarga untuk menghabiskan waktu bermain di luar ruangan, Bun.

Konsep taman terbuka, hijau, dan modern, membuat Scientia Square Park sangat menarik untuk dikunjungi. Apalagi taman ini juga dirawat dengan baik, sehingga lingkungan dan fasilitasnya bersih juga nyaman untuk digunakan.

Kampung Main Cipulir

Kampung Main Cipulir | NativeIndonesia

Terletak di Selatan Jakarta, Kampung Main Cipulir merupakan wahana outbond yang juga menawarkan suasana terbuka hijau. Sangat cocok untuk Bunda dan keluarga yang tinggal di Jakarta dan ingin mengajak si kecil bermain di luar, namun tidak terlalu jauh dari rumah.

Kampung Main Cipulir memiliki banyak fasilitas bermain anak, aktivitas outbond yang cukup lengkap, dan rekreasi edukasi yang bermanfaat untuk menambah pengetahuan si kecil.

Kebun Raya Bogor

Berpiknik di Area Kebun Raya Bogor | Republika

Mengajak si kecil bermain di Kebun Raya Bogor, Bunda tak akan kehabisan aktivitas. Selain si kecil dapat bebas berlari di atas rumput di bawah pepohonan rindang, Kebun Raya Bogor juga memiliki banyak spot menarik untuk dikunjungi, dinikmati, dan dipelajari, lho.

Sebut saja, taman mexico, taman akuatik, taman kupu-kupu, museum zoologi, dan masih banyak lagi. Walau hanya bersantai di atas tikar dan membiarkan si kecil bermain bebas berlarian di atas rumput saja, sangat nyaman untuk dilakukan di sana, Bun. Tempatnya yang luas, dan fasilitasnya yang bersih, membuat pengunjung taman akan merasa nyaman dan tentu saja dapat berpiknik dengan gembira.

Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara Sangat Cocok untuk Berpiknik atau Bersantai Bersama Keluarga di Akhir Pekan | Travellink-Indonesia

Bagi Bunda yang menginginkan suasana sejuk, tenang, bersih, dan cantik dikelilingi berbagai bunga indah, wajib datang dan mengajak si kecil ke Taman Bunga Nusantara. Walau letaknya agak jauh dari Jakarta, namun suasana yang didapatkan di sana akan sebanding kok, Bun, dengan perjalanannya.

Di sana, Bunda dapat berpiknik dan anak-anak akan puas bermain dan berlarian di alam terbuka. Selain itu, dari sisi edukasi, si kecil akan mendapatkan banyak pengetahuan dan ilmu tentang tumbuh-tumbuhan khususnya bunga dari berbagai negara di dunia, dengan berkunjung ke Taman Bunga Nusantara ini, lho!

Baca Juga: 8 Alasan Bermain Outdoor Itu Bagus

Bagaimana Bunda, sudah kepikiran mau mengajak si kecil bermain di mana akhir pekan ini? Jangan lupa untuk tetap menjalankan protokol kesehatan, di mana pun Bunda dan keluarga menikmati waktu di luar rumah, ya!

Bagaimanapun, mencegah lebih baik daripada mengobati. Untuk itu, tetaplah menaati Prokes 5M, karena pemerintah dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum mengumumkan kalau pandemi Covid-19 telah berakhir! Salam sehat selalu, dan selamat mengajak si kecil bermain di luar ruangan, Bunda.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela