When I get up and work out, I’m working out just as much for my girls as I am for me, because I want them to see a mother who loves them dearly, who invests in them, but who also invests in herself. It’s just as much about letting them know as young women that it is OK to put yourself a little higher on your priority list.
Michelle Obama

Bagaimana Proses Menidurkan Bayi yang Baik? Ini Rekomendasi dari IDAI, Bun!

author
Ruth Sinambela
Jumat, 25 November 2022 | 10:00 WIB
Sentuhan lembut yang Bunda berikan saat menidurkan si kecil adalah senjata yang sangat ampuh untuk menidurkan bayi | Shutterstock

Waktu tidur bagi bayi merupakan waktu-waktu dimana pertumbuhan mereka berkembang sangat pesat untuk mendukung setiap organ maupun fisik bayi agar semakin kuat juga menjadi sempurna, Bun.

Bayi memerlukan banyak sekali waktu tidur, selain untuk beristirahat juga untuk mempersiapkan diri dimana nantinya beberapa bulan setelah lahir mereka akan menghadapi banyak pelajaran yang harus dilewatinya, mulai dari belajar duduk, merangkak, berdiri, berjalan, dan seterusnya.

Tentu setiap fase tersebut membutuhkan kekuatan fisik dan kesehatan yang baik. Karena itulah Bunda dan Ayah juga harus memperhatikan pentingnya waktu tidur bayi hingga ke semua faktor yang dapat mendukung si kecil bisa mendapatkan tidur yang berkualitas.

Baca Juga: Kurang Tidur Bikin Anak Gampang Sakit, Berapa Durasi Tidur Anak yang Ideal?

Salah satunya adalah bagaimana Bunda dan Ayah menidurkan bayi dengan baik. Karena itulah penting untuk menidurkan bayi dengan baik seperti yang direkomendasikan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) berikut ini!

Membuat rutinitas

Rutinitas selalu menjadi bagian penting bagi tumbuh kembang anak, tak terkecuali rutinitas tidur saat bayi, Bun. Rutinitas bagaimana pun selalu bisa menumbuhkan rasa aman dan nyaman bagi anak, dengan rutinitas yang baik maka anak juga akan lebih mudah mengenal waktu tidurnya dan mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

Menciptakan rutinitas dapat Bunda lakukan dengan selalu menidurkannya di waktu yang sama, meninabobokan, atau memasang musik pengantar tidur.

Pakaian dan ruangan yang nyaman, juga pencahayaan yang redup, sangat ampuh untuk menidurkan bayi | Shutterstock

Ruangan dan pakaian tidur yang nyaman

Bukan hanya orang dewasa saja, Bun. Bayi pun akan merasa lebih nyaman dan bisa mendapat tidur yang lebih berkualitas dengan mengenakan pakaian bersih, lembut, tidak gerah, dan nyaman, juga tentu saja ruangan yang tenang, sejuk, berventilasi baik, dan tempat tidur yang empuk juga bersih.

Penerangan yang redup

Kebanyakan orang menyukai penerangan redup saat waktunya tidur terlebih ketika sudah sangat mengantuk. Meski demikian, ada juga orang maupun anak-anak yang tidak menyukainya dan sebaliknya harus mendapatkan cahaya terang agar bisa tidur. Bunda perlu mengetahui kebiasaan ini, ya. 

Baca Juga: Penyebab Anak Sulit Tidur dan Cara Mengatasinya

Namun perhatikan pula kalau anak biasanya menyukai pencahayaan redup kemudian berubah menjadi tidak suka, karena hal ini pasti ada penyebabnya. Kemungkinan besar karena mereka mulai takut gelap, kalau memang demikian cari tahu mengapa mereka takut gelap agar Bunda bisa mengatasi penyebabnya.

Buat perbedaan antara kegiatan siang dan malam

Dengan demikian bayi akan mengerti dan mulai memahami kalau hari sudah malam dan sudah waktunya pula ia harus tidur. Misalnya dengan mengajak bermain setelah menyusu di siang hari, dan membedakannya dengan meninabobokannya setelah menyusu di malam hari.

Menimang samil meninabobokan bayi juga boleh Bunda lakukan untuk menidurkan bayi | Shutterstock

Meninabobokan bayi

Bisa Bunda lakukan dengan menyanyikan lagu, memperdengarkan musik pengantar tidur, atau melantunkan sholawat. Ketahuilah kalau bayi sangat menyukai suara halus, lembut, dan berulang-ulang yang akan membuatnya rileks dan mengantuk, Bun. Terutama suara Bunda sendiri!

Sentuhan atau pijatan lembut

Sentuhan lembut yang Bunda berikan saat menidurkan si kecil adalah senjata yang sangat ampuh untuk menidurkan bayi dan memicu tidur yang berkualitas bagi mereka, Bun. Karena itulah, tidak perlu ragu untuk menggendong si kecil sambil membelainya, atau menemaninya tidur di kasur sambil menyanyikan lagu dan membelai tubuhnya dengan lembut. 

Baca Juga: Si Kecil Tidur Dengan Mata Terbuka, Normalkah?

Bunda, semua yang Bunda miliki adalah kenyamanan untuk mereka! Bunda, suara dan belaian mu adalah apa yang paling buah hati mu butuhkan untuk merasa aman, nyaman, dan mendapatkan tidur yang berkualitas! Selamat meninabobokan si kecil, Bunda-bunda hebat.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi