Success is not final, failure is not fatal: it is the courage to continue that counts.
Winston Churchill

7 Rekomendasi Peralatan Pelindung Si Kecil di Rumah

author
Ruth Sinambela
Rabu, 30 November 2022 | 15:00 WIB
Penutup kipas angin akan melindungi jari-jari si kecil agar tidak terluka saat tidak sengaja memegang kipas angin yang berputar kencang | JD.ID

Memiliki bayi di rumah mungkin akan membuat Bunda jadi harus ekstra hati-hati, terutama saat meninggalkan si kecil bermain sebentar karena harus melakukan hal “urgent” lainnya. Meski demikian, ada beberapa hal yang bisa Bunda lakukan untuk lebih menambah keamanan di sekitar rumah terutama untuk melindungi si kecil, lho. Berikut ini beberapa rekomendasinya, Bun!

Penutup kipas angin

Penutup kipas angin atau sarung kipas angin dibuat dengan material khusus yang juga memiliki lubang-lubang kecil di seluruh permukaannya, Bun. Lubang-lubang inilah yang tetap bisa mengeluarkan hembusan angin. Sedangkan dengan menggunakan penutup kipas angin ini, ada 2 manfaat yang bisa Bunda dapat, yaitu kipas angin tidak mudah berdebu dan yang lebih penting lagi, jari-jari si kecil tidak bisa masuk menyelinap ke dalam kipas angin!

Baca Juga: Bagaimana Proses Menidurkan Bayi yang Baik? Ini Rekomendasi dari IDAI, Bun!

Pagar pembatas

Sangat penting untuk Bunda yang memiliki rumah 2 lantai untuk memasang pagar pembatas di setiap ujung tangga ya, Bun. Hal ini lantaran aktivitas bayi yang sering kali sangat cepat dan bisa saja saat Bunda tidak menyadarinya si kecil tahu-tahu sudah berada dekat atau menuju tangga, Bun. Akan berbahaya sekali ketika rumah yang memiliki 2 lantai dan terdapat anak-anak yang baru bisa merangkak atau belajar jalan di situ, namun tidak memiliki pagar pembatas.

Pagar pengaman untuk tangga maupun kamar bayi | Shopee

Penutup stop kontak

Wajib dimiliki oleh semua Bunda yang anaknya masih berusia balita, ya. Karena pada usia ini anak-anak biasanya paling tidak bisa menahan keingintahuannya, selain itu keinginan untuk bereksplorasi juga sangat besar, sehingga sering terjadi ketika berada di luar jangkauan Bunda, si kecil akan mencoba memasukkan jarinya ke stop kontak!

Alas karet untuk lantai kamar mandi

Tidak bisa dipungkiri, kamar mandi merupakan salah satu tempat favorit si kecil untuk bermain ya, Bun. Meskipun saat bermain sambil mandi di kamar mandi, Bunda pasti akan menemaninya, alas karet tetap diperlukan agar si kecil yang sedang aktif-aktifnya tidak sampai terpeleset saat mandi akibat lantai yang basah dan licin terkena sabun dan shampo.

Baca Juga: Tertawa Ternyata Bermanfaat untuk Perkembangan Otak Bayi, Bun!

Penutup sudut meja yang runcing

Jangan sampai si kecil mengalami luka atau lecet karena terantuk sudut meja yang keras dan runcing ya, Bun. Kalau tidak diperhatikan, bisa saja hal ini membuat si kecil trauma saat baru belajar berjalan dan enggan mengeksplor kemampuannya lagi. Namun ingat, saat buah hati Bunda terantuk jangan salahkan bendanya ya, Bun. Melainkan berilah pengertian agar nantinya si kecil bisa lebih berhati-hati lagi.

Sudut meja yang tajam seringkali membahayakan keselamatan si kecil, Bun | Shutterstock

Pengaman pintu lemari, laci, atau kulkas

Kalau alat yang satu ini mungkin lebih bermanfaat untuk Bunda daripada si kecil, nih. Dengan menggunakan pengaman ini, selain demi keamanan si kecil dari benda-benda tajam yang membahayakan, Bunda dan Ayah pun jadi aman dari kewajiban beres-beres berulang kali akibat ulah si kecil yang sangat enjoy mengeluarkan semua isi lemari, laci-laci, dan kulkas!

Pagar tempat tidur

Menyusun bantal di sekeliling tempat tidur mungkin sudah tidak lagi efektif untuk si kecil, Bun? Kalau begitu, Bunda bisa memasang pagar di sekeliling tempat tidur. Kekurangannya adalah, harganya lumayan mahal sih, Bun. Dan repot juga untuk melepas-pasangnya setiap kali dibutuhkan. Namun, patut dicoba kalau memang Bunda sering meninggalkan si kecil di atas tempat tidur, ya.

Baca Juga: Kenapa Bayi Suka Tertawa Saat Tidur?

Nah, itu dia ketujuh barang keamanan yang dapat Bunda gunakan sesuai dengan kebutuhan Bunda untuk melindungi si kecil dari bahaya-bahaya yang mungkin bisa terjadi di rumah, ya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi