If you have never been hated by your child, you have never been a parent.
Bette Davis

Ini Tips untuk Mengurangi Rasa Gatal Saat Hamil, Bun!

author
Ruth Sinambela
Selasa, 6 Desember 2022 | 15:00 WIB
Meski terjadi secara alamiah, Bunda bisa kok berusaha untuk mengurangi rasa gatal agar bisa menjalani masa-masa kehamilan yang lebih nyaman. | Shutterstock

Merasakan gatal saat hamil, terlebih lagi ketika usia kehamilan menginjak trimester ketiga, memang kerap dialami oleh ibu hamil. Ukuran perut yang semakin besar, perubahan hormon estrogen yang meningkat, hingga kolestasis intrahepatik yaitu kondisi yang terjadi ketika ada masalah di organ hati karena asam empedu menumpuk di tubuh saat kehamilan, merupakan penyebabnya Bun.

Menahan gatal yang seringkali sangat mengganggu dan membuat Bunda merasa tidak nyaman pun tak terelakkan. Meski terjadi secara alamiah, Bunda bisa kok berusaha untuk mengurangi rasa gatalnya agar bisa menjalani masa-masa kehamilan yang lebih nyaman. Berikut ini beberapa tipsnya!

Baca Juga: Obat Gatal Alami yang Dapat Bunda Temui di Rumah

Tidak menggaruk perut

Meski mungkin rasa gatalnya tak tertahankan, ingatkan diri Bunda untuk tidak menggaruknya, ya. Cobalah meringankan gatal dengan mengelusnya dengan tisu bersih, Bun. Biasanya akan bisa menenangkan rasa gatalnya. Selain itu, pikirkanlah kalau menggaruknya dengan jari-jari Bunda justru akan bisa membuatnya semakin terasa gatal, atau lebih parah lagi membuat kulit iritasi dan terluka.

Rutin mengoleskan pelembap

Kulit yang kering seringkali membuat kulit terasa gatal dan tidak nyaman. Dalam kasus kehamilan, kulit kering sebaiknya dihindari sebisa mungkin, karena peningkatan hormon dan kondisi kulit yang kering akan membuat gatal terutama di bagian perut semakin menjadi-jadi, Bun.

Menggunakan pakaian longgar dan nyaman dapat membantu mengurangi rasa gatal pada ibu hamil | Shutterstock

Baca Juga: Mata Gatal dan Merah Setiap Pakai Maskara? Ini Penyebabnya

Gunakan pakaian yang longgar, bersih, dan nyaman

Penting sekali untuk memiliki pakaian-pakaian hamil yang nyaman ya, Bun. Pilih juga bahan katun yang halus dan tidak terlalu tebal. Pakaian berukuran longgar juga sangat membantu dalam memberi kenyamanan bagi Bumil dan tentu saja bisa mencegah atau mengurangi rasa gatal.

Mandi dengan air dingin bukan air hangat

Mandi menggunakan air hangat memang nyaman dan membuat rileks. Namun sebaiknya dihindari selama masa kehamilan. Air hangat dapat membuat kulit kering, Bun. Mandi dengan air hangat saat hamil tidak disarankan karena dapat memicu gatal pada kulit. Sebaliknya mandilah dengan air bersuhu normal, selain menyegarkan, air dingin juga memberi efek menenangkan pada kulit.

Tidak keluar rumah saat cuaca panas

Sebisa mungkin menghindari aktivitas di luar rumah akan mengurangi rasa gatal di kulit terutama area perut Bumil. Cuaca yang panas tentu akan membuat Bumil lebih banyak berkeringat, apalagi kalau harus beraktivitas di luar ruangan.

Baca Juga: 7 Bahan Alami Hilangkan Kulit Kepala Gatal dan Ketombe

Kelima cara atau tips di atas sifatnya memang hanya akan mengurangi gatal, Bun. Saat Bunda merasa kalau gatal di area perut maupun area tubuh lainnya menjadi lebih gatal dari biasanya atau semakin parah dan tak tertahankan, sebaiknya segeralah berkonsultasi pada dokter kandungan Bunda, ya. 

Dokter biasanya akan memberikan salep pereda gatal yang aman untuk digunakan oleh ibu hamil. Ingat, jangan sampai membeli atau menggunakan obat-obatan yang bukan diresepkan dokter ya, Bun!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi