Too much love never spoils children. Children become spoiled when we substitute presents for presence.
Anthony Withman

Wajib Coba, Bun! Ini Solusi Mengatasi Hilangnya Nafsu Makan Saat Hamil

author
Ruth Sinambela
Kamis, 8 Desember 2022 | 10:00 WIB
Banyak hal dapat membuat Bumil kehilangan nafsu makan, salah satunya mual dan muntah pada trimester pertama, Bun | Shutterstock

Mual, muntah, tidak bersemangat, cepat merasa lelah, uring-uringan, hingga nafsu makan hilang, merupakan beberapa perubahan yang sering dialami para Bumil dan memang merupakan hal yang wajar, Bun. Perubahan hormon seringkali menjadi pemicu perubahan-perubahan tersebut. Apa mau dikata ya, Bun. 

Meski demikian, Bunda bisa kok mengurangi dan mengatasi sederet keluhan yang sering dialami oleh ibu hamil tersebut. Kali ini yuk, belajar bagaimana caranya menyikapi dan mengatasi keluhan hilangnya nafsu makan, terutama saat trimester awal masa kehamilan Bunda.

Baca Juga: Penularan HIV AIDS dari Ibu Hamil ke Janin Dapat Dicegah!

Kenali perubahan selera makan

Sering terjadi, Bun. Pada masa kehamilan ibu hamil merasa tidak nafsu makan karena perubahan selera makan, lho! Misalnya saja, ketika sebelum hamil Bunda sangat menyukai makanan berkuah, kemudian setelah hamil malah merasa mual setiap mencium aromanya, atau tiba-tiba saja jadi tidak menyukai menu favorit Bunda sama sekali.

Aneh bin ajaib, namun hal ini normal dialami terutama saat trimester awal bahkan ada pula yang mengalaminya hingga melahirkan. Hal ini memang dapat terjadi karena perubahan hormon di dalam tubuh Bumil. Maka mencoba berbagai menu berbeda sangat mungkin bisa membuat Bunda mendapatkan selera makan Bunda kembali.

Kehamilan seringkali mempengaruhi nafsu makan ibu hamil | Shutterstock

Salad buah dan sayur

Para ahli mengatakan kalau mengonsumsi salad buah maupun sayur terbukti dapat meningkatkan selera makan lho, Bun. Hanya saja, Bunda harus memastikan kalau sayur dan buah yang digunakan benar-benar telah dicuci bersih dan aman untuk dikonsumsi Bumil, ya. Sebelumnya, konsultasikan dahulu hal ini pada dokter kandungan Bunda agar lebih aman.

Kurangi porsi makan

Jangan sampai Bunda memaksakan diri untuk makan namun pada akhirnya malah membuat Bunda jadi mual dan muntah. Sebaliknya, coba kurangi porsi makan Bunda dan ubahlah dengan makan lebih sering. Pastikan kalau kebutuhan nutrisi Bunda telah terpenuhi dan jangan sampai Bunda merasa lapar atau menahan lapar, ya. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Barang yang Wajib Bumil Punya agar Kehamilan Lebih Nyaman

Rutin berolahraga

Pilihlah olahraga yang aman untuk Bumil dan lakukanlah secara rutin. Berolahraga secara rutin akan membakar kalori sehingga dapat meningkatkan nafsu makan, Bun. Meski demikian, jangan sampai Bumil terlalu bersemangat dan malah menjadi kelelahan, ya. Lebih baik lagi untuk mengkonsultasikan dahulu rencana Bumil untuk memilih dan melakukan olahraga secara rutin dengan dokter kandungan Bunda.

Berolah raga rutin dapat membuat Bumil meningkatkan nafsu makannya, lho. | Shutterstock

Hindari stres

Memiliki support system yang baik memang sangat penting dan dibutuhkan oleh Bumil. Dengan support system yang baik maka Bumil dapat terhindar dari masalah mental, seperti stres hingga depresi. Stres dan depresi seringkali menyebabkan hilangnya nafsu makan dan sangat berpengaruh pada kesehatan Bumil juga tumbuh kembang calon buah hati Bunda dan Ayah.

Kehamilan memang seringkali membuat Bumil merasakan ketidaknyamanan. Selama 9 bulan atau lebih, Bunda harus banyak belajar dan menyesuaikan diri lagi. Belum pula menyiapkan mental untuk menjalani persalinan dan menjalani peran sebagai seorang ibu. 

Baca Juga: Mengenal Tokophobia, Ketakutan Ekstrem pada Hamil dan Melahirkan

Banyak hal, begitu besarnya tanggung jawab dan perjuangan yang harus Bunda jalani. Bunda hebat sekali. Bunda kuat dan tegar sekali. Yuk semangat terus ya, Bunda-Bunda hebat. Demi sehat dan baiknya pertumbuhan si kecil di dalam perut juga tentu saja kesehatan Bunda sendiri. Peluk jauh untuk semua Bumil di Indonesia.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi