I finally realized that being grateful to my body was key to giving more love to myself.
Oprah Winfrey

Pentingnya Edukasi dan Dukungan untuk Para Bunda Saat Fase Menyusui

author
Ruth Sinambela
Kamis, 4 Agustus 2022 | 15:00 WIB
Minggu menyusui atau Breastfeeding Week 2022 mengingatkan lagi pentingnya edukasi dan dukungan untuk ibu menyusui | SHUTTERSTOCK

Breastfeeding Week atau Pekan Menyusui 2022, yang merupakan salah satu upaya untuk memberi edukasi juga dukungan bagi para Bunda yang tengah menyusui di seluruh dunia, kini tengah diselenggarakan sejak tanggal 1 hingga 7 Agustus 2022, Bun!

Betapa pentingnya nutrisi dan gizi yang dapat diberikan ASI untuk memenuhi kebutuhan bayi, menjadi salah satu alasan pentingnya edukasi dan dukungan terutama lewat diselenggarakannya Pekan Menyusui 2022 ini untuk seluruh Bunda pejuang ASI.

Baca Juga: Kisah Bunda Mona Ratuliu Menyusui Keponakan yang Ditinggal Ibu 2 Hari Setelah Dilahirkan

Edukasi

Meski telah sering dikampanyekan dan disuarakan oleh berbagai pegiat ASI, aktivis menyusui, hingga para ahli, ternyata pengetahuan tentang menyusui dan manfaat besar yang terkandung di dalam ASI belum bisa memberi dampak yang cukup besar bagi sebagian kalangan, Bunda.

Masih banyaknya ditemui bayi-bayi dengan berat badan rendah, atau bahkan kekurangan gizi, di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia, menjadi salah satu isu yang amat penting untuk diperhatikan, dan dicari jalan keluarnya. 

Tentu hal ini bukan hanya tugas pemerintah saja, karena sesungguhnya, semakin canggihnya zaman, terutama lewat fungsi internet maupun media sosial, setiap orang tua juga bisa mengakses informasi-informasi yang dibutuhkan terkait pemberian ASI eksklusif, manfaat, hingga tips atau bahan-bahan makanan yang baik untuk Busui.

Dukungan dan perhatian para ayah sangat dibutuhkan saat fase menyusui | Shutterstock

Apalagi seperti Bunda ketahui, memberikan ASI eksklusif bagi anak selama 6 bulan, merupakan hal yang lebih mudah dan lebih murah tentunya dibandingkan dengan harus membeli dan memberikan susu formula.

Baca Juga: Kata Dokter: Menyusui Dengan Lancar dan Nyaman

Dukungan

Tak kalah pentingnya dukungan dari pasangan, keluarga, maupun lingkungan, adalah faktor yang terbukti dapat mempengaruhi pemenuhan ASI bagi bayi, Bun!

Dengan menjadi teman bicara, memberi waktu dan tenaga, merupakan dukungan yang paling dibutuhkan para ibu dalam perjalanannya memenuhi kebutuhan ASI buah hatinya. Bagaimana dukungan tersebut begitu mempengaruhi kondisi mental dan fisik Bunda sekali lagi menjadi sangat berpengaruh dalam keseharian Bunda dan si kecil saat menjalani fase menyusui.

Walaupun tak dapat dipungkiri, masih banyak alasan lain terkait tidak mampunya seorang ibu menyediakan ASI bagi buah hatinya, menjadi hal penting lain yang juga perlu diperhatikan, agar jangan sampai menjadi alasan atau penyebab seorang ibu sampai mengalami depresi.

Baca Juga: 5 Tips Menyusui Saat Hamil

Sekali lagi Breastfeeding Week 2022 mengingatkan seluruh masyarakat untuk ambil bagian dalam pemberian nutrisi terbaik bagi calon-calon pemilik masa depan. Meskipun begitu, ingatlah selalu bahwa setiap Bunda adalah Bunda yang hebat dengan cara dan kemampuannya masing-masing. Selamat menyusui si kecil di rumah, Bunda! Selamat mengASIhi.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi