Being a parent has made me more open, more connected to myself, more happy, and more creative. I’m more discerning in what I do and how I do it. It’s just made me a better person all the way around.
Alicia Keys

Bunda Harus Tahu, Ini Manfaat Penting Kolostrum untuk Bayi Baru Lahir

author
Ruth Sinambela
Selasa, 13 Desember 2022 | 10:00 WIB
Dukungan dan perhatian para ayah sangat dibutuhkan saat fase menyusui | Shutterstock

Kolostrum merupakan air susu ibu (ASI) yang dikeluarkan pertama kali dari payudara ibu tepat setelah melahirkan hingga 3-14 hari setelahnya. Kolostrum memiliki warna yang agak berbeda yaitu kekuningan dan kental, sehingga banyak orang tua dahulu memilih untuk tidak memberikannya pada bayi dan justru membuangnya.

Selain itu, karena mitos yang banyak beredar di zaman dahulu mengenai kolostrum yang disebut sebagai ASI yang belum matang atau mentah, membuat banyak orang tua tidak berani memberikannya pada buah hatinya.

Baca Juga: Pentingnya Edukasi dan Dukungan untuk Para Bunda Saat Fase Menyusui

Padahal, kolostrum sebenarnya sangat dibutuhkan oleh bayi baru lahir, Bun! Kabar baiknya, semakin sadarnya para Bunda mengenai inisiasi menyusui dini (IMD) sekarang ini telah membuat kolostrum tak lagi dibuang dan justru diberikan pada si kecil saat IMD. 

Para ahli pun kini semakin banyak yang menyuarakan pentingnya kolostrum untuk bayi karena berbagai manfaat atau nutrisi di dalamnya. Ini dia berbagai manfaat kolostrum untuk bayi, Bun!

Inisiasi Menyusui Dini Demi Memberikan Manfaat Kolostrum untuk Bayi | Shutterstock

Baik untuk pencernaan

Melansir dari halodoc, Kolostrum adalah asupan yang mengandung protein dan vitamin A dalam jumlah tinggi, yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan bayi yang baru lahir. Kandungan imunoglobulin pada kolostrum juga membantu melindungi usus bayi yang baru lahir, Bun. 

Selain itu, kolostrum juga menjadi pencahar alami saat bayi akan mengeluarkan feses pertamanya yang disebut mekonium. Dalam hal ini kolostrum akan membuang bilirubin dan menghindari kemungkinan bayi terkena penyakit kuning (neonatal jaundice).  

Baca Juga: Yang Perlu Bunda Ketahui dari Inisiasi Menyusu Dini (IMD)

Sebagai vaksinasi alami

Mengapa disebut demikian? Melansir dari The Health Site, kolostrum terbukti memiliki kandungan leukosit atau sel darah putih tinggi yang akan melindungi bayi dari infeksi bakteri dan virus di beberapa hari pertama kehidupannya, Bun.

Bahkan penelitian menyebutkan kalau antibodi yang dimiliki kolostrum jauh lebih baik dari antibodi yang bisa diperoleh dari susu mana pun!

Kolostrum diproduksi sejak bayi lahir hingga berusia 3-4 hari | Shutterstock

Memenuhi semua kebutuhan nutrisi

Selain mudah dicerna sehingga sangat nyaman untuk dikonsumsi oleh bayi baru lahir, kolostrum juga memiliki nutrisi lengkap yang sangat dibutuhkan bayi setelah lahir ke dunia, Bun. Beberapa nutrisi penting tersebut antara lain rendah kandungan lemak, tinggi protein, tinggi karbohidrat, tinggi vitamin K, vitamin A, serta nutrisi lainnya seperti karbohidrat, lemak, vitamin C, vitamin D dan vitamin B komplek.

Baik untuk pertumbuhan sel-sel otak anak

Kerennya lagi, kolostrum rupanya juga memiliki nutrisi penting untuk perkembangan otak anak, seperti zinc, kalsium, vitamin A, B6, B12, dan K yang sangat membantu pertumbuhan sel-sel dan saraf otak pada bayi baru lahir.

Baca Juga: Kata Dokter: Menyusui Dengan Lancar dan Nyaman

Begitu banyak manfaat dan nutrisi yang terkandung di dalam kolostrum untuk bayi baru lahir ya, Bun. Yuk, sebarkan informasi penting ini kepada teman maupun saudara yang membutuhkan agar semakin banyak orang tua yang sadar akan pentingnya inisiasi menyusui dini juga kolostrum untuk kesehatan dan kebaikan tumbuh kembang buah hatinya, Bun.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi