I think a lot about teaching my kids to work hard. I’ve learned something about kids ? they don’t do what you say; they do what you do.
Jennifer Lopez

Selamat Memperingati Hari Ibu, Perempuan-Perempuan Hebat Indonesia

author
Ruth Sinambela
Kamis, 22 Desember 2022 | 11:16 WIB
Perempuan Indonesia berdaya | Shutterstock

Dalam rangka memperingati Hari Ibu tahun ini, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) telah memilih tema “Perempuan Berdaya Indonesia Maju” sebagai tema besar Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-94 yang tepat jatuh pada hari Kamis (22/12/2022) ini, Bun.

Tema ini dipilih sebagai satu tujuan besar, bukan hanya bagi para ibu, namun juga mencakup seluruh perempuan di Indonesia, untuk bisa bersama-sama menguatkan tonggak perjuangan perempuan dalam keterlibatannya mengisi kemerdekaan serta pergerakan perempuan Indonesia dari masa ke masa. 

Baca Juga: Ini Dia 20 Tokoh Perempuan dalam Most Powerful Women 2022 Versi Fortune Indonesia

Untuk menyuarakan hak-haknya, untuk mendapatkan perlindungan, juga untuk mencapai kesetaraan di segala bidang.

Berbeda dengan mother’s day

Peringatan Hari Ibu (PHI) di Indonesia sendiri, pada dasarnya berbeda dengan peringatan atau perayaan hari ibu di negara-negara lain. Dimana di negara lain biasanya hari ibu diperingati sebagai hari khusus untuk berterima kasih atas jasa dan kasih sayang sosok ibu di dalam keluarga. 

Sedangkan Peringatan Hari Ibu di Indonesia lebih luas memperingati semangat seluruh kaum perempuan di dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Selamat hari ibu, perempuan-perempuan hebat Indonesia | Shutterstock

Sejarah Peringatan Hari Ibu (PHI)

Melansir dari Kemdikbud.go.id, Peringatan Hari Ibu ditetapkan oleh Presiden Soekarno melalui Dekrit Presiden No. 316 pada tahun 1959. Dekrit tersebut menetapkan tanggal 22 Desember sebagai Peringatan Hari Ibu yang hingga kini dirayakan secara nasional. 

Dalam Dekrit tersebut Presiden Soekarno ingin mengobarkan semangat kaum perempuan dalam memperjuangkan hak-haknya juga mendorong kaum perempuan Indonesia untuk menyumbangkan kemampuannya dalam upaya perbaikan dan meningkatkan kualitas bangsa.

Baca Juga: Kisah 5 Perempuan Hebat Pimpinan Perusahaan Otobus di Indonesia

Dengan semangat dan kebanggaan itulah hingga hari ini Peringatan Hari Ibu tercermin sebagai semangat kaum perempuan dari berbagai latar belakang untuk bersatu dan bekerja bersama demi kesetaraan dan kemajuan bangsa, Bun.

Subtema PHI 2022

Berikut ini merupakan subtema PHI 2022 yang disusun oleh KemenPPPA untuk menjadi fokus dalam menyuarakan hak-hak perempuan, perlindungan terhadap kaum perempuan, dan mencapai kesetaraan.

  • Sub Tema 1 Kewirausahaan Perempuan: Mempercepat Kesetaraan, Mempercepat Pemulihan
  • Sub Tema 2 Perempuan dan Digital Economy
  • Sub Tema 3 Perempuan dan Kepemimpinan
  • Sub Tema 4 Perempuan Terlindungi, Perempuan Berdaya

Perempuan setara dan berhak memilih profesinya sendiri | Shutterstock

Apabila dahulu PHI dilakukan dengan menggelar pawai dan rapat umum yang menyuarakan kepentingan kaum perempuan secara langsung. Kini harus diakui, kiprah perempuan sudah semakin luas diakui dan setara dengan kaum laki-laki ya, Bun.

Meski begitu, masih banyak pula kasus maupun situasi yang seringkali meninggalkan jejak kelam dimana kaum perempuan seperti masih mendapatkan perlakuan bias dari sebagian masyarakat juga berbagai pihak hingga instansi.

Baca Juga: Bunda Perlu Tahu nih, Hak Apa Saja sih, yang Seharusnya Didapat Pekerja Perempuan dari Perusahaan

Karena itulah dorongan, bimbingan serta perindungan dari KemenPPPA masih sangat dibutuhkan. Dukungan pemerintah dalam membantu perjuangan kaum perempuan untuk bisa lebih maju dan menunjukkan kemampuannya, serta sekali lagi mendapat tempat yang setara, merupakan hal yang penting. Dengan demikian kaum perempuan dapat menjalankan perannya dengan aman, maksimal, dan tanpa diskriminasi.

Selamat memperingati Hari Ibu, perempuan-perempuan hebat Indonesia!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela