If you have never been hated by your child, you have never been a parent.
Bette Davis

Ini Dia 20 Tokoh Perempuan dalam Most Powerful Women 2022 Versi Fortune Indonesia

author
Ruth Sinambela
Jumat, 17 Juni 2022 | 15:00 WIB
Sri Mulyani, Najwa Shihab, dan Khofifah Indar Parawansa | Spost.id

Ditengah masih maraknya isu bias gender yang berkembang di dalam kehidupan bermasyarakat khususnya di Indonesia, Fortune Indonesia untuk pertama kalinya mengeluarkan daftar 20 perempuan Indonesia yang paling berpengaruh, dalam Most Powerful Women 2022, pada Senin (13/6/2022). Berikut ini merupakan ke-20 nama dalam daftar tersebut, Bunda:

  1. Megawati Soekarnoputri, Presiden RI Ke-5 & Ketua Umum PDI-P
  2. Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri RI
  3. Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan RI
  4. Tri Rismaharini, Menteri Sosial RI
  5. Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur
  6. Mari Elka Pangestu, Managing Director World Bank
  7. Alissa Wahid Aktivis, Psikolog, Dan Ketua Tanfidziyah PBNU
  8. Najwa Shihab, Jurnalis & Founder Narasi
  9. Nurhayati Subakat, Pendiri Paragon Technology and Innovation
  10. Shinta Widjaja Kamdani, CEO Sintesa Group
  11. Kartini Muljadi, Pendiri Tempo Scan Pacific
  12. Nicke Widyawati, Direktur Utama Pertamina
  13. Ira Noviarti, Presiden Direktur Unilever Indonesia
  14. Febriany Eddy, CEO & Presiden Direktur Vale Indonesia
  15. Dian Andyasuri, Presiden Direktur & Country Chair Shell Indonesia
  16. Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia
  17. Phillia Wibowo, Managing Partner Mckinsey & Company, Indonesia
  18. Alexandra Askandar, Wakil Direktur Utama Bank Mandiri
  19. Handayani, Direktur Bisnis Konsumer Bank Rakyat Indonesia
  20. Vera Eve Lim, Direktur Keuangan Bank Central Asia

Baca Juga: Kisah 5 Perempuan Hebat Pimpinan Perusahaan Otobus di Indonesia

Indikator yang digunakan dalam memilih ke-20 nama tokoh perempuan dalam daftar ini tidak sembarangan | Sulselsatu

Bentuk penghargaan dan pengakuan bagi kaum perempuan

Menjadi hal yang menarik bagaimana Fortune Indonesia menyadari bahwa pencapaian dan kemampuan kaum perempuan di bidangnya masing-masing, masih jauh dari pengakuan atau pun kesetaraan, meskipun “kelihatannya” telah mendapatkan perlakuan dan kesempatan yang sama, Bun.

Hal ini pula lah yang kemudian menjadi salah satu pemicu Fortune Indonesia membuat daftar ini. Yaitu keinginan untuk mengangkat nama-nama perempuan luar biasa yang memberikan kontribusi besar sebagai pemimpin di bidang pemerintahan, politik, juga ekonomi, yang secara signifikan telah berperan serta pula dalam mendukung perekonomian negara.

Isu kesetaraan gender

Winston Utomo, CEO & Founder IDN Media, seperti dilansir dari katadata, dalam keterangan tertulisnya menyampaikan bahwa permasalahan gender yang pada kenyataannya masih terjadi, dan bukan hanya di Indonesia tapi juga di dunia, membuat daftar Most Powerful Women 2022 ini, sebagai sebuah langkah untuk memberi tahu dunia bahwa tokoh perempuan di dalam daftar tersebut telah menjadi kekuatan dalam membawa perubahan besar yang didambakan dunia bisnis, pemerintahan, termasuk pula seluruh masyarakat yang ada di dalamnya.

Baca Juga: Mengajarkan Kesetaraan Antara Anak Perempuan dan Anak Laki-Laki Sejak Dini

“Mereka secara langsung dan tak langsung menjadi perwakilan untuk mewujudkan cita-cita itu (kesetaraan gender) karena berada di dalam ring kepemimpinan, yang bisa menentukan arah perubahan,” ungkapnya, pada Senin (13/6/2022).

Megawati Soekarnoputri, Presiden Perempuan Pertama dan Satu-satunya di Indonesia | Internet

Indikator penentu yang digunakan

Dalam kesempatan yang sama, Pemimpin Redaksi Fortune Indonesia, Hendra Soeprajitno, menyampaikan pula bahwa 20 nama yang masuk dalam Fortune Indonesia Most Powerful Women 2022 ini disusun bukan berdasarkan pemeringkatan, Bun. 

“Semuanya memiliki kekuatan, prestasi, dan manifestasi di bidangnya masing-masing. Mereka memberikan dampak positif ke masyarakat dengan caranya masing-masing,” Dalam keterangannya, Hendra Soeprijatno menjelaskan mengenai tak adanya pemeringkatan karena ke-20 tokoh telah dianggap sama-sama memiliki pengaruh dan jasa yang sama besarnya dalam aspek yang mereka tekuni di bidangnya masing-masing. 

Meskipun tentu saja, indikator yang digunakan dalam memilih ke-20 nama tokoh perempuan dalam daftar ini juga tidak sembarangan. Diantaranya yaitu besarnya pengaruh, perubahan, dan dampak yang dihasilkan oleh setiap tokoh bersama perusahaan, arah, serta tujuan kepemimpinan yang jelas, performa bisnis atau lembaga, beserta pula karir yang cemerlang. Tak lupa disertai pula sumbangsih nyata di tengah masyarakat dan bernegara. 

Baca Juga: Apa Sih Makna “Break The Bias” Sebagai Tema International Women’s Day 2022?

Bangga sekali Indonesia memiliki nama-nama besar yang dapat terus menginspirasi dan berdaya guna, selain juga semakin memajukan isu kesetaraan gender di dalam kehidupan bermasyarakat, khususnya di Indonesia ya, Bunda!

Semoga ke depannya semakin banyak lagi tokoh-tokoh perempuan hebat di bidangnya masing-masing demi semakin majunya Indonesia dalam kesetaraan di tengah perbedaan.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela