Too much love never spoils children. Children become spoiled when we substitute presents for presence.
Anthony Withman

Benarkah Mengonsumsi Air Kelapa Hijau Secara Rutin Bisa Meningkatkan Kesuburan?

author
Ruth Sinambela
Selasa, 17 Januari 2023 | 15:00 WIB
Air kelapa hijau sudah sejak lama dianggap memberikan manfaat baik untuk kesehatan, maupun kesuburan. | Shutterstock

Meski manfaat air kelapa hijau dalam meningkatkan kesuburan pada manusia belum bisa dibuktikan secara ilmiah, namun para ahli meyakini kalau kandungan nutrisi di dalam air kelapa hijau memiliki kemampuan yang mumpuni dalam hal kebaikannya untuk kesehatan, Bun.

Selain itu, beberapa penelitian yang dilakukan para ilmuwan kepada hewan coba banyak memberikan hasil yang mengejutkan dan membuat para ahli optimis kalau air kelapa hijau apabila dikonsumsi secara rutin sangat mungkin bisa membantu meningkatkan kesuburan, lho. Berikut beberapa hasil penelitiannya!

Baca Juga: Bumil Minum Air Kelapa Bikin Kulit Bayi Bersih?

Meningkatkan jumlah serta motilitas sperma

Melansir dari KlikDokter, hasil penelitian yang diungkapkan oleh Asian Journal of Pregnancy and Childbirth menyebutkan kalau air kelapa hijau terbukti mampu meningkatkan jumlah dan motilitas sperma pada tikus wistar jantan, Bun.

Motilitas sperma sendiri merupakan jumlah sel sperma yang bergerak progresif, sehingga sangat mempengaruhi kesuburan, khususnya dalam hal seseorang merencanakan kehamilan.

Baik Bunda dan Ayah yang tengah merencanakan kehamilan dapat mengonsumsi air kelapa hijau secara rutin, untuk menjaga kesehatan dan kesuburan | Shutterstock

Meningkatkan kadar testosteron

Hasil penelitian yang dibagikan oleh The FASEB Journal menyebutkan kalau air kelapa hijau terbukti dapat meningkatkan kualitas air mani dan kadar testosteron tikus wistar jantan. 

Selain itu, air kelapa disebut memiliki zat mirip estrogen yang berdampak baik pada kesuburan tikus wistar betina, Bun. Hal ini tentu saja sangat menarik, meskipun diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah hasil yang sama juga bisa dialami manusia.

Baca Juga: Apa Benar Air Kelapa Bisa Lancarkan Persalinan? Cek Faktanya, yuk!

Kualitas air mani meningkat

Bukan hanya pada tikus, kelinci pun mendapatkan manfaat baik dalam hal kesuburan setelah mengonsumsi air kelapa hijau, Bun. Hal ini dibuktikan lewat penelitian yang dilakukan oleh Researchgate pada kelinci persilangan selandia baru putih dan chinchilla.

Hasil penelitian mengungkapkan, air kelapa rupanya bisa menjadi pengencer air mani kelinci yang efektif untuk inseminasi buatan di peternakan. Air kelapa juga disebut dapat meningkatkan produktivitas kelahiran kelinci di sana, Bun.

Manfaat air kelapa hijau pun baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, Bun! | Shutterstock

Meski demikian tentu saja dibutuhkan penelitian lebih lanjut pada manusia sehingga diperoleh hasil konklusif mengenai air kelapa hijau untuk meningkatkan kesuburan hingga membantu terjadinya proses kehamilan.

Baca Juga: 6 Ciri Minyak Kelapa yang Baik Untuk Perawatan Rambut dan Kulit

Namun bukan berarti juga Bunda jadi menyerah atau tidak mempercayai khasiat yang dimiliki air kelapa hijau. Karena bagaimana pun, para ahli setuju kalau kandungan yang terdapat di dalam air kelapa hijau sedikit banyak pasti akan mempengaruhi kesehatan, termasuk rencana atau program kehamilan.

Maka mengonsumsi air kelapa hijau secara rutin boleh-boleh saja, Bun. Karena akan memberikan manfaat kesehatan, baik bagi Bunda maupun Ayah. Selamat mencoba!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi