To her, the name of father was another name for love.
Fanny Fern

Membanggakan! Siswa Berprestasi dari NTT Meraih Juara 1 Olimpiade Matematika Internasional setelah Mengalahkan 7000 Peserta dari Seluruh Dunia

author
Ruth Sinambela
Jumat, 20 Januari 2023 | 11:36 WIB
Nono, siswa jenius dari NTT meraih juara 1 olimpiade matematika internasional | Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi NTT

Membanggakan Indonesia, Caesar Archangels Hendrik Meo Tnunay, siswa kelas 2 SD Inpres Buraen 2, Kupang, berhasil meraih prestasi tertinggi dalam ajang olimpiade matematika internasional yang diselenggarakan oleh Abacus Brain Gym di tahun 2022, dimana pengumuman pemenangnya baru diumumkan pada akhir Desember 2022 yang lalu.

Baca Juga: Ciri-Ciri Anak Jenius Menurut Mensa, Perkumpulan Orang Jenius di Seluruh Dunia

Dalam kompetisi bertajuk Abacus World Competition, yang merupakan wadah perlombaan matematika untuk seluruh siswa Abacus Brain Gym (ABG) di seluruh dunia ini, Nono, begitu ia biasa disapa, mendapatkan penilaian  dari jumlah file yang telah dikerjakannya selama satu tahun. Satu file yang berisikan 10 soal ini dikoreksi dan diberi skor mulai dari 70-100, Bun. Kemudian dihitung dan diakumulasikan hingga terlihat siapakah yang menjadi pengumpul skor atau nilai tertinggi.

Mengalahkan 7000 pesaing dari seluruh dunia

Prestasi membanggakan ini diraih Nono setelah berhasil mengalahkan sekitar 7000 pesaing dari seluruh dunia lho, Bun. Dimana dalam ajang yang diselenggarakan secara online ini, Nono berhasil meraih juara pertama. Sedangkan juara kedua dan ketiganya diraih oleh peserta dari Qatar dan Amerika Serikat.

Baca Juga: Agar Melahirkan Bayi Cerdas, Lakukan Ini Saat Hamil

Rupanya, Nono tidak hanya baru kali ini saja meraih prestasi di bidang matematika, Bun. Ia juga pernah meraih juara ketiga di kompetisi yang sama pada tahun 2021. Selain itu, Nono juga pernah menjuarai Olimpiade Matematika Internal Sekolah Binaan Astra.

Apapun minat, bakat, dan cita-cita anak, memerlukan dukungan dari semua pihak, mulai dari orang tua, pengajar, hingga pemerintah | Shutterstock

Kebanggaan masyarakat NTT

Prestasi yang diraih Nono ini membuatnya menjadi kebanggaan masyarakat NTT juga Indonesia. Tak terkecuali Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat. Ia menyampaikan rasa terima kasih, bangga, juga gembiranya atas prestasi gemilang yang telah diraih Nono kepada orang tua juga para guru yang telah berkontribusi atas pendidikan Nono khususnya di bidang Matematika.

Dalam acara penyerahan hadiah yang bertajuk Abacus Brain Gym Award 2022 yang juga disiarkan lewat tayangan Youtube Biro Umum Setda Provinsi NTT ini, Beliau bersama dengan Bupati Kupang Korinus Masneno, Founder ABG USA Juli Agustar Djonli, juga Founder ABG Indonesia Aguslina Angkasa, di Ruang Rapat Gubernur NTT pada Selasa (10/1/2023) yang lalu, menyampaikan kalau prestasi Nono tidak hanya membanggakan NTT namun juga Indonesia dan dunia, Bun. 

Baca Juga: 5 Tips Mudah Mengembangkan Bakat Anak yang Bisa Bunda Lakukan Sekarang

Sebagai masyarakat Indonesia tentu kita juga turut bangga atas prestasi yang diraih calon-calon penerus bangsa seperti Nono. Namun tidak hanya Nono, kita juga yakin kalau masih banyak anak-anak muda di luar sana yang memiliki kemampuan tak kalah, baik di bidang akademis maupun bidang-bidang lainnya.

Seperti kata Bapak Gubernur NTT, kita berharap para pengajar khususnya, dapat terus membantu anak-anak berprestasi ini dalam mengasah serta mengembangkan bakat yang mereka miliki, untuk menjadi sesuatu yang gemilang di masa depan, Bun. Selamat untuk Ananda Nono, dan maju terus, anak-anak Indonesia!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi