I finally realized that being grateful to my body was key to giving more love to myself.
Oprah Winfrey

Belajar Parenting ala Armand Maulana untuk Si kecil yang Beranjak Remaja

author
Ruth Sinambela
Jumat, 27 Januari 2023 | 10:00 WIB
Potret kedekatan Naja Dewi dan sang ayah, Armand Maulanan | Instagram @najandmm

Memiliki anak yang telah beranjak remaja merupakan sebuah pengalaman baru yang mungkin tidak selalu mulus atau mudah untuk dijalani bagi sebagian orang tua. Meski demikian, bukannya sulit atau tidak bisa diusahakan ya, Bunda dan Ayah. Apalagi, anak berusia remaja justru sangat membutuhkan perhatian dan keberadaan orang tuanya, untuk belajar, mengerti, menerima, mengupayakan, hingga menjalani dunia barunya dengan baik. 

Baca Juga: 5 Ide Hadiah untuk Remaja yang Pasti Sukses Bikin Happy

Maka jangan sampai ya, Ayah dan Bunda membiarkan buah hati yang beranjak remaja begitu saja tanpa pendampingan. Ingatlah, meskipun mereka sudah lebih dewasa dan bisa lebih bertanggung jawab, namun kebutuhan emosional mereka harus terus dicukupi sehingga self-esteem dan kemampuan anak untuk bisa menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri pun akan bisa terwujud dengan mulus.

Salah satu caranya yaitu dengan mendapatkan kasih sayang yang cukup dari Ayah! Seperti contoh hubungan selebritis tanah air Armand Maulana dengan sang putri yang telah beranjak dewasa berikut ini, Bun. Yuk, sama-sama belajar.

Menemani anak bermain game online dapat mengontrol penggunaan gadget anak seklaigus juga menguatkan hubungan ayah dan remaja | Shutterstock

Menjadi ayah milenial untuk sang putri

Memiliki putri tunggal yang telah memasuki usia 20-an tak membuat Armand Maulana menjauh dari sang putri. Seperti diketahui, Armand Maulana memang memiliki hubungan yang cukup akrab dengan Naja Dewi, putri semata wayangnya tersebut. 

Baca Juga: Anak Beranjak Remaja dan Mulai Menentukan Masa Depan, Apa yang Dapat Bunda Lakukan?

Sejak kecil, remaja, hingga kini Naja telah memasuki dunia kuliah, Armand Selalu berusaha menjadi ayah terbaik, Bun. 

Berikut beberapa tips Armand Maulana dalam membangun hubungan yang hangat dengan putrinya sejak beranjak remaja:

  • Memposisikan diri sebagai panutan. Armand Maulana selalu menunjukan sisi terbaiknya pada sang putri dengan harapan ia bisa membantu Naja untuk mampu bersikap juga menjalani hidup.
  • Menjaga komunikasi 2 arah yang baik. Armand Maulana akan mendengarkan pendapat sang putri juga memberikan alasan terbaik dan masuk akal untuk setiap larangan maupun aturan yang dibuatnya.
  • Berusaha menjadi rekan, dengan demikian Armand Maulana merasa lebih mudah dalam menjalani proses berbagi maupun berkompromi dengan sang putri.
  • Mencari dan menemukan banyak kesamaan. Dengan cara ini Armand Maulana merasa lebih mudah untuk banyak mengobrol atau bercerita dari hati ke hati dengan sang putri, terutama ketika mereka tengah menghabiskan waktu bersama atau melakukan hobi.
  • Sebisa mungkin mendukung keputusan anak.
  • Selalu hadir saat sang putri membutuhkannya.
  • Menjadi ayah yang penyayang sekaligus memiliki batasan dan tegas, agar sang putri mengetahui mana yang baik dan yang buruk bagi dirinya sendiri.

Pentingnya waktu berkualitas untuk Ayah dan si kecil yang beranjak remaja | Shutterstock

Baca Juga: Ini Sumber Kebahagiaan Terbesar Anak Usia Remaja Menurut Penelitian!

Wah, banyak sekali hal baik yang bisa dipelajari dari cara Armand Maulana dalam membangun hubungan yang dekat sebagai seorang ayah dengan sang putri ya, Bun. Tentu tak akan selalu mudah, apalagi saat diterapkan di rumah dengan berbagai lingkungan maupun kepribadian yang berbeda-beda, Bunda dan Ayah pasti akan menemukan tantangan tersendiri. 

Namun tidak ada salahnya untuk mencoba, karena dengan demikian lah maka Bunda dan Ayah akan menemukan formula tersendiri untuk masing-masing anak. Kalau begitu, selamat mencoba dan membersamai si kecil yang sudah beranjak remaja, Bunda juga Ayah. Semangat!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi