Love as powerful as your mother’s for you leaves its own mark to have been loved so deeply .. will give us some protection forever.
J.K. Rowling

Ikut Menjaga Lingkungan Sekaligus Beribadah di Bulan Penuh Rahmat

author
Ruth Sinambela
Kamis, 23 Maret 2023 | 15:00 WIB
Bawalah kantong belanja sendiri setiap berbelanja bahan makanan ke pasar, Bun! | Shutterstock

Bulan suci Ramadan telah tiba. Bunda dan keluarga pasti telah memiliki segudang rencana, termasuk menyusun menu sahur dan buka puasa, tarawih bersama, hingga sederet jadwal Bukber. Ternyata Bunda bisa lho, ikut menjaga lingkungan sekaligus beribadah!

Khususnya di bulan Ramadan, kebiasaan mengurangi sampah plastik hingga meminimalisir jejak karbon dapat dilakukan dengan cara-cara sederhana lewat tindakan sehari-hari di rumah, termasuk saat membeli takjil atau berbuka puasa bersama. 

Baca Juga: Ikut Menjaga Lingkungan Bisa Dilakukan dari Rumah, Yuk, Mulai Sekarang!

Bunda dan keluarga pun bisa menjadikan momentum ramadan tahun ini lebih spesial dengan melakukan 5 langkah melestarikan lingkungan berikut ini, sekaligus sebagai bentuk ketakwaan kita kepada Sang Pencipta!

Gunakan wadah sendiri
Siapkan dan bawalah wadah juga kantong belanja sendiri saat akan membeli berbagai takjil untuk berbuka puasa ya, Bun. Bayangkan kalau setiap keluarga yang membeli takjil membawa atau menyediakan wadahnya sendiri, berapa banyak sampah plastik yang berkurang dan tentu saja berdampak langsung pada hijaunya bumi.

Membawa alat makan dan minum sendiri dari rumah saat berbuka di luar rumah akan mengurangi penggunaa | Shutterstock

Membawa sedotan dan alat makan sendiri
Biasakan untuk membawa alat makan dan minum sendiri saat datang ke acara Bukber yuk, Bun. Dengan demikian Bunda sekeluarga tidak perlu menggunakan wadah plastik sekali pakai untuk minuman maupun makanan yang disediakan. 

Mungkin pada awalnya akan terasa sedikit repot, namun pikirkan dampaknya bagi lingkungan. Pun sekarang ini membawa alat makan sendiri sudah mulai menjadi sebuah lifestyle yang semakin banyak dilakukan masyarakat. 

Baca Juga: Memiliki Asam Lambung? Bunda Tetap Dapat Beribadah Puasa dengan Aman, kok!

Zero food waste
Pastikan untuk membiasakan seluruh anggota keluarga untuk mengambil makanan dan minuman secukupnya saat berbuka atau sahur. Sampah dari sisa makanan sangat signifikan dalam menghasilkan jejak karbon, yang tentu saja tidak baik bagi lingkungan.

Tidak membeli produk kemasan
Usahakan untuk membuat atau memasak sendiri menu makanan maupun minuman yang ingin Bunda dan keluarga nikmati. Dengan demikian Bunda sekeluarga tidak perlu membeli makanan maupun minuman berkemasan.

Membungkus makanan tidak harus menggunakan plastik, namun bisa juga menggunakan bahan-bahan alami seperti daun pisang | Shutterstock

Berbagi pada sesama
Apabila Bunda berniat untuk berbagi pada sesama, pilihlah produk yang ramah lingkungan. Gunakan wadah eco-friendly seperti daun pisang atau besek yang terbuat dari bambu atau bahan alami lainnya. Apabila tidak memungkinkan, pilihlah wadah yang bisa dipakai lagi atau yang mudah didaur ulang.

Baca Juga: Tips Menanamkan Kecintaan dan Kerinduan Beribadah Puasa di Bulan Ramadhan pada Si Kecil

Mudah kan, Bun? Asal disertai dengan niat yang baik tentu kebiasaan baik ini dapat diupayakan. Selain itu, kebiasaan baik ini akan bisa diteruskan ke orang-orang di sekitar Bunda. Mudah-mudahan dengan demikian semakin banyak orang yang menyadari pentingnya menjaga lingkungan lewat pilihan dan kebiasaan sehari-hari. 

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi