A father holds his daughter’s hand for a short while, but he holds her heart forever.
Unknown

Pasta Gigi Berfluoride Aman Digunakan Anak Usia 2 Tahun ke Atas

author
Ruth Sinambela
Selasa, 18 April 2023 | 10:26 WIB
Menggosok gigi dengan pasta gigi berluoride dapat digunakan sejak anak berusia 2 tahun | Shutterstock

Sudahkah Bunda dan Ayah menggunakan pasta gigi berfluoride untuk si kecil yang masih berusia di bawah 5 tahun?

Meski pada kenyataannya masih jarang orang tua yang memutuskan untuk menggunakan pasta gigi berfluoride bagi buah hatinya yang masih berusia balita, namun faktanya penelitian yang dilakukan oleh para ahli gigi anak menyatakan kalau anak berusia 2 tahun sudah boleh menggunakan pasta gigi berfluoride lho, Bun. 

Baca Juga: Memilih Sikat Gigi Bayi Tak Boleh Sembarangan. Ini Dia Penjelasannya!

Melansir dari Kompas.com, para dokter ahli gigi anak yang tergabung di dalam American Dental Association (ADA) secara resmi merekomendasikan anak usia 24 bulan untuk mulai menggunakan pasta gigi berfluoride tentunya dengan takaran tertentu, yaitu sebesar satu biji kacang polong sebanyak dua kali sehari. Sedangkan bagi anak berusia tiga hingga enam tahun, takaran pasta gigi bisa ditambah lebih banyak!

Mengapa demikian?

Rupanya kesimpulan tersebut disampaikan oleh para ahli setelah melakukan studi dan mendapati kalau semakin banyak atau semakin tingginya kasus gigi berlubang yang terjadi di usia muda, Bunda. 

Gunakan pasta gigi berfluoride secukupnya saja, sesuai usia anak ya, Bun. | Shutterstock

Hal ini lah yang membuat asosiasi terus mendorong orang tua untuk memilih pasta gigi berfluoride bagi buah hatinya sejak usia 2 tahun sebagai upaya pencegahan yang dianggap paling efisien. 

Baca Juga: Tips Supaya Si Kecil Mudah Diajak Sikat Gigi

Meski demikian, ada beberapa hal yang harus benar-benar diperhatikan oleh orang tua dalam penggunaan pasta gigi berfluoride pada anak usia balita, di antaranya:

  • Anak usia dua tahun boleh menyikat gigi dua kali sehari dengan takaran pasta gigi berfluoride sebesar satu biji kacang polong
  • Anak berusia tiga hingga enam tahun dapat menambahkan pasta gigi berfluoride sesuai kebutuhannya
  • Pastikan agar penggunaan pasta gigi berfluoride tidak berlebihan agar gigi anak tidak mengalami perubahan warna ringan atau bercak putih pada gigi, yaitu suatu kondisi yang disebut fluorosis akibat tertelannya pasta gigi fluoride
  • Perhatikan agar anak tidak menelan pasta gigi berfluoride
  • Anak yang sudah bisa meludah biasanya lebih aman saat menggunakan pasta gigi berfluoride, karena dapat meludahkannya setelah menggosok gigi
  • Anak yang belum bisa meludah dapat didampingi sambil terus diajarkan untuk meludah dengan memberikan contoh

Baca Juga: 6 Cara Redakan Sakit Gigi Pada Anak di Rumah

Para ahli gigi anak setuju kalau penggunaan pasta gigi berfluoride untuk anak usia 2 tahun aman dilakukan. Asalkan tetap mengikuti peraturan atau batasan yang telah diberikan para ahli serta orang tua terus mendampingi buah hatinya, maka membersihkan gigi anak secara berkala dengan pasta gigi berfluoride akan sangat berdampak untuk melindungi kesehatan gigi si kecil!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi