I finally realized that being grateful to my body was key to giving more love to myself.
Oprah Winfrey

Libur Lebaran Nggak Ke mana-Mana? Beberes Rumah Sambil Olahraga yuk, Bun!

author
Ruth Sinambela
Jumat, 21 April 2023 | 11:16 WIB
Mengganti dan mencuci semua tirai atau seprai di rumah lebih nyaman dilakukan saat libur panjang, Bun | Shutterstock

Sudah ada rencana apa untuk menghabiskan libur Lebaran tahun ini, Bun? Bagi Bunda yang sudah berada di kampung halaman, selamat menikmati Idulfitri dan libur Lebaran bersama keluarga, ya.

Bagi Bunda yang memutuskan untuk stay at home saja juga tidak perlu bersedih. Banyak cara yang bisa Bunda dan keluarga lakukan untuk bisa tetap menikmati libur Lebaran, lho! Salah satunya dengan beberes dan bersih-bersih rumah. 

Baca Juga: Si Kecil Mendadak Sakit Saat Liburan, Apa yang Sebaiknya Dipersiapkan?

Eits, selain menyenangkan untuk Bunda karena ada bala bantuan yaitu si Ayah dan si Kecil, beberes rumah saat libur panjang juga akan memberi kepuasan tersendiri, selain juga bisa sekaligus membakar lemak-lemak yang menumpuk, Bun. Jadi sambil beberes, Bunda bisa sekaligus olahraga!

Decluttering

Decluttering atau menyortir barang yang tidak terpakai lagi untuk dibuang atau didonasikan | Shutterstock

Keluarkan semua isi lemari pakaian, sortir pakaian yang sudah tidak layak pakai atau tidak pernah dipakai lagi, kemudian tata ulang lemari pakaian.

Tidak hanya lemari pakaian, Bun. Lemari piring, lemari buku, dan lemari lainnya bisa Bunda sortir dan tata ulang yang masih diperlukan atau dipakai saja. Sisanya, apabila masih layak pakai, Bunda bisa mendonasikannya kepada orang yang lebih membutuhkan. Atau dijual lagi dengan mengadakan garage sale di teras rumah, Bun.

Mengganti seprai dan tirai

Mengganti semua seprai dan tirai di rumah kemudian mencucinya bersama si kecil, bisa dilakukan ala-ala drakor, Bun. Taruh semua seprai dan tirai di bak besar kemudian rendam dengan sabun sambil diinjak-injak dengan kaki bersih tentunya, ya. Jadi tidak capek mengucek, Bun. Untuk membilasnya Bunda tinggal minta bantuan si Ayah!

Baca Juga: Lebaran Sebentar Lagi, Rencanakan Mudik Go Green ala Bunda

Bersih-bersih rumah

Mulai dari merapikan kebun atau taman, menyikat kamar mandi, menyapu, mengepel, mengelap kaca jendela, hingga apabila memungkinkan Bunda juga bisa mendekor ulang ruangan atau kamar.

Mengecat ulang tembok rumah dapat dilakukan sendiri saat libur panjang, Bun! | Shutterstock

Mengecat ulang tembok rumah

Meski kelihatannya akan memakan waktu lama dan repot, sebenarnya mengecat tembok rumah sendiri tanpa bantuan ahli bangunan sangat mungkin untuk dilakukan kok, Bun. Untuk memulainya, Bunda bisa mengecat kamar tidur anak atau kamar tidur Bunda sendiri. Bersama-sama si Ayah dan buah hati di rumah tentunya aktivitas ini akan sangat menyenangkan dan menjadi lebih ringan.

Gimana, Bunda mau coba melakukan yang mana nih, untuk libur Lebaran tahun ini? Daripada bosan dan nggak tahu mau ke mana, beberes rumah akan sangat bermanfaat baik untuk kesenangan maupun kesehatan Bunda.

Baca Juga: Rekomendasi Wisata Keluarga untuk Mengisi Libur Lebaran di Jakarta dan Sekitarnya

Nanti setelah beberes, Bunda tinggal mentraktir si kecil jajan es krim dan makan malam sederhana, ya. Kebersamaan seperti ini tidak akan bisa digantikan nilainya dengan liburan apa pun, Bun. Justru malah akan menjadi kenangan yang indah untuk si kecil kenang saat besar nanti! So, selamat menikmati liburan ya, Bunda sekeluarga.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi