You have a lifetime to work, but children are only young once.
Polish Proverb

Aplikasi White Noise untuk Menidurkan Bayi, Aman Nggak, ya?

author
Ruth Sinambela
Rabu, 10 Mei 2023 | 15:00 WIB
Alat penghasil white noise sebaiknya digunakan tidak terlalu dekat, minimal 2 meter jaraknya dari bayi |

Meski bermanfaat untuk menidurkan bayi dan menjaga bayi agar bisa tidur lebih nyenyak, ternyata menggunakan aplikasi white noise pada bayi juga memiliki dampak kurang baik, Bun. 

Mau tahu sisi positif dan negatif dari penggunaan aplikasi white noise bagi tumbuh kembang bayi? Yuk, simak selengkapnya di sini!

Pengertian white noise

Melansir dari Kompas.com, white noise merupakan suara-suara halus berulang yang dihasilkan dari berbagai sumber dan bisa memberikan efek menenangkan.

Baca Juga: White Noise, Ampuh Bikin Bayi Berhenti Menangis

Di dalam kehidupan sehari-hari, white noise paling sering dihasilkan oleh kipas angin berputar, gemerisik daun, atau suara sirine dari kejauhan. Para ahli berpendapat kalau white noise yang didengar secara alami saat akan tertidur atau sudah tertidur, dapat memberi efek tertidur lebih cepat dan memberikan pula durasi tidur yang lebih lama!

Alat penghasil white noise dikhawatirkan bisa membuat bayi ketergantungan | Shutterstock

Amankah untuk bayi?

Beberapa penelitian yang telah dilakukan sebenarnya juga menyimpulkan kalau penggunaan aplikasi white noise tidak akan menimbulkan masalah pada kesehatan bayi, Bun. American Academy of Pediatrics (AAP) bahkan merekomendasikan penggunaan mesin white noise asalkan disetel tidak lebih keras dari 50 desibel.

Namun masalahnya adalah, sebagian ahli mengkhawatirkan penggunaan white noise yang terus-menerus akan membuat anak menjadi ketergantungan dan hanya bisa tidur jika menggunakannya. 

Baca Juga: 5 Faktor yang Bisa Menyebabkan Bayi Newborn Sulit Tidur

Selain itu pada tahun 2014, American Academy of Pediatrics juga telah menguji 14 alat white noise yang dirancang untuk bayi di Amerika Serikat, dan hasilnya mengejutkan. Hasil uji menyampaikan kalau semua alat white noise yang diuji ternyata menggunakan batas kebisingan yang melebihi 50 desibel!

Bagaimana pula kalau Bunda dan Ayah menggunakan aplikasi white noise yang di-download lewat smartphone? Tentu Bunda maupun Ayah kemungkinan besar tidak bisa mengetahui dengan pasti apakah suara yang digunakan kurang dari 50 desibel atau malah lebih.

Tidur yang nyenyak baik untuk tumbuh kembang si kecil | Shutterstock

Rekomendasi ahli

Bagaimana pun, apabila Bunda maupun Ayah tetap merasa membutuhkan alat atau aplikasi white noise untuk membantu tidur bayi, maka ada beberapa hal yang wajib diperhatikan berikut ini, seperti dilansir dari berbagai sumber:

  • Letakkan alat white noise lebih jauh atau minimal 2 meter dari tempat tidur bayi
  • Pasang volume minimal
  • Pilih perangkat yang memiliki fitur off secara otomatis
  • Tidak membiasakan si kecil untuk mendengarkan white noise sepanjang malam dan setiap hari
  • Tetap harus melatih si kecil dengan memiliki jadwal dan rutinitas waktu tidur agar ke depannya bisa lebih mandiri atau tidak ketergantungan dengan alat
  • Pastikan kalau white noise hanya digunakan sebagai pendukung, bukannya andalan untuk menyembuhkan masalah tidur

Aplikasi white noise yang bisa dengan mudah di-download lewat smartphone dan ditujukan khusus untuk bisa membuat bayi tidur lebih cepat dengan durasi yang lebih lama, sekarang ini semakin mudah didapat serta banyak digunakan oleh masyarakat.

Baca Juga: Mengenal Perubahan Jam Tidur pada Bayi

Meski demikian, alangkah baiknya kalau orang tua lebih bijaksana dalam menggunakannya. Selain itu, alat atau aplikasi white noise baiknya hanya digunakan sebagai solusi sementara demi mendapatkan tidur yang berkualitas bagi si kecil, khususnya bayi, Bun. 

Apabila Bunda memiliki kesulitan yang terus-menerus dalam hal menidurkan bayi, maka sebaiknya segeralah berkonsultasi pada dokter ahli untuk mendapatkan bantuan atau terapi yang mungkin dibutuhkan.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi