Love as powerful as your mother’s for you leaves its own mark to have been loved so deeply .. will give us some protection forever.
J.K. Rowling

Si Kecil Bicara Sendiri saat Bermain, Ini 3 Manfaatnya

author
Ruth Sinambela
Kamis, 25 Mei 2023 | 10:00 WIB
Anak suka bicara sendiri saat bermain merupakan salah satu tanda kecerdasan anak | Shutterstock

Pernahkah Bunda melihat atau memperhatikan si kecil bicara atau mengoceh sendiri saat bermain? Ternyata hal ini merupakan kebiasaan yang baik dan memberikan manfaat untuk tumbuh kembang mereka, lho.

Menurut penelitian, berbicara sendiri saat bermain merupakan perilaku yang normal, Bun. Tak hanya itu, berbicara sendiri sebenarnya merupakan representasi dari rasa ingin tahu, serta kesiapan si kecil untuk mulai bereksplorasi dan belajar. Khususnya pada balita, sikap ini justru sangat baik untuk mempersiapkan anak untuk menghadapi fase baru dalam kehidupannya, yaitu fase pra-sekolah.

Baca Juga: Anak Ternyata Butuh Bermain Sendiri, Ini Alasannya

3 Manfaat utama anak bicara sendiri saat bermain

Ada 3 manfaat utama yang bisa didapat si kecil yang suka bicara sendiri saat bermain. Ketiganya merupakan manfaat yang sangat baik untuk pertumbuhan mental dan kecerdasan anak. Ini dia tiga manfaat utamanya:

  • Membantu anak untuk berpikir atau memproses sesuatu yang membangkitkan rasa ingin tahunya.
  • Melatih kemampuan anak menggali ingatan, sesuai dengan tema atau hal-hal yang dibicarakannya saat bermain sendiri.
  • Mengarahkan anak pada minat, bakat, dan cita-cita. Apabila si kecil menunjukkan fase ini, artinya Bunda harus bersiap mendengarkannya bercerita tentang keinginan dan mimpi-mimpinya, ya!

Anak yang suka bicara sendiri saat bermain merupakan representasi dari rasa ingin tahu, serta kesiapannya untuk mulai bereksplorasi dan belajar. | Shutterstock

Baca Juga: Manfaat Luar Biasa Pretend Play bagi Tumbuh Kembang Anak

Selain ketiga manfaat di atas, bicara sendiri saat bermain juga memberikan manfaat lainnya, seperti anak bisa mengekspresikan diri dengan baik, melatih emosi dan bahasa, serta memiliki kemampuan eksplorasi yang semakin baik!

Bicara sendiri saat bermain artinya anak cerdas

Beberapa penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli menyebutkan bahwa suka berbicara sendiri saat bermain merupakan salah satu tanda anak jenius atau cerdas, Bunda.

Hal tersebut bahkan bisa Bunda nilai sendiri saat anak bermain, lho. Lihatlah raut wajah si kecil saat asik bicara dan membuat cerita sendiri sambil memainkan mainan-mainannya, Bun. Keceriaan dan antusiasme yang terpancar itu adalah wujud nyata si kecil sangat menikmati waktu bermainnya. 

Baca Juga: Hati-Hati Jika Si Batita Tak Suka Berimajinasi

Apalagi membuat cerita-cerita, karakter, maupun adegan dalam sebuah imajinasi bukanlah hal yang mudah bagi anak-anak. Dibutuhkan kecerdasan agar mereka bisa membangun, merasakan, dan memainkannya dengan baik. Karena itulah para ahli meyakini kalau anak yang suka bicara sendiri saat bermain artinya si anak memiliki kecerdasan yang baik pula.

Asalkan anak masih terlihat mau berinteraksi dengan anak lainnya, atau menanggapi Bunda saat bermain bersamanya, maka tak ada yang perlu dikhawatirkan.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi