Love as powerful as your mother’s for you leaves its own mark to have been loved so deeply .. will give us some protection forever.
J.K. Rowling

7 Tips Tingkatkan Nafsu Makan Anak saat Sakit

author
Ruth Sinambela
Jumat, 2 Juni 2023 | 10:00 WIB
Saat sakit atau masa pemulihan, anak-anak cenderung kurang memiliki nafsu makan, Bun | Shutterstock

Anak yang sedang sakit seringkali mengalami penurunan nafsu makan. Hal ini bisa menjadi permasalahan yang cukup serius, karena nutrisi yang cukup tentu sangat penting untuk mempercepat proses pemulihan ya, Bun. 

Berikut ini beberapa tips yang dapat Bunda terapkan untuk membantu meningkatkan nafsu makan anak saat sakit!

Pilih makanan yang menarik

Penting untuk menyiapkan makanan yang menarik dan menggugah selera, khususnya saat anak sedang sakit, Bun. Karena saat sakit, otomatis nafsu makan anak akan berkurang bahkan hilang sama sekali. 

Baca Juga: Langkah-Langkah Mengenalkan Makanan Pedas pada Anak

Namun tak ada salahnya untuk tetap mencoba variasi hidangan yang berbeda dan menghidangkan makanan dengan tampilan yang menarik. Misalnya, potongan buah dalam bentuk wajah tersenyum atau makanan dengan warna yang cerah, agar anak tertarik untuk mencobanya.

Berikan makanan dalam porsi kecil dan sering

Sangat wajar apabila saat si kecil sakit ia jadi tidak dapat makan dalam porsi besar. Karena itu, cobalah untuk memberikan makanan dalam porsi yang lebih kecil namun lebih sering, Bun. Ini dapat membantu anak mengatasi nafsu makannya yang hilang. 

Selain itu Bunda juga dapat mencoba memberikan camilan sehat di antara waktu makan utama untuk memastikan anak tetap mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. 

Untuk menyiasati anak yang tidak nafsu makan karena sakit, Bunda bisa memberikan porsi makan yang jauh lebih sedikit namun juga lebih sering | Shutterstock

Ajak anak untuk menyiapkan atau memilih menu

Mengikutsertakan anak dalam persiapan makanan dapat meningkatkan minat mereka untuk makan. Namun saat sakit mungkin kemampuan anak untuk bergerak bebas akan lebih terbatas. Maka Bunda bisa mengajak anak untuk menentukan menu yang ingin ia makan. Atau bisa juga mengajak anak untuk membuat daftar belanja bahan-bahan makanan.

Apabila si kecil sudah sembuh namun nafsu makannya tetap belum membaik, Bunda bisa mencoba untuk mengajak mereka berbelanja ke pasar atau supermarket. Kemudian, ajak juga si kecil untuk membantu dalam proses memasak atau menghias makanan. Mereka pasti akan merasa bangga sekali dengan hasil kerjanya sendiri dan tentu saja lebih bersemangat untuk mencicipi makanan yang sudah mereka bantu siapkan. 

Baca Juga: Perlukah Anak Mengonsumsi Suplemen Penambah Nafsu Makan?

Sajikan makanan dengan beragam rasa dan tekstur

Berikan makanan dengan variasi rasa dan tekstur yang berbeda. Misalnya, sajikan hidangan yang manis, asam, atau gurih. Tambahkan variasi tekstur seperti renyah, lembut, atau kenyal. Ini akan membuat makanan lebih menarik dan memberikan stimulasi yang berbeda bagi lidah si kecil, Bun. Dengan demikian anak akan lebih bersemangat untuk mencoba makanan baru.

Makan bersama

Jadikan waktu makan sebagai momen yang menyenangkan dan hangat. Duduk bersama dengan anak saat makan dan membicarakan tentang hal-hal yang menyenangkan tentu akan sangat baik untuk masa pemulihan si kecil dari sakit yang dideritanya.

Namun ingat untuk memastikan kalau si kecil terhindar dari distraksi televisi atau gadget saat makan ya, Bun. Buatlah suasana yang tenang dan nyaman, sehingga anak dapat fokus pada makanannya dan menikmati momen bersama Bunda dan Ayah. 

Makanan bernutrisi seimbang sangat penting untuk mengembalikan stamina dan membantu proses penyembuhan | Shutterstock

Pastikan makanan bersih dan aman

Pastikan makanan yang disajikan dalam kondisi yang bersih dan aman. Hindari makanan mentah yang berisiko menyebabkan infeksi pada anak yang sedang sakit. Selalu cuci tangan sebelum menyiapkan makanan dan pastikan alat makan yang digunakan juga bersih. Kebersihan dan keamanan makanan sangat penting untuk mengembalikan kesehatan anak dan mencegah penyakit yang lebih parah. 

Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi

Jika si kecil tetap mengalami penurunan nafsu makan yang signifikan atau jika kondisi kesehatannya tidak membaik, penting untuk berkonsultasi dengan dokter, Bun. Dokter dapat memberikan saran yang lebih spesifik dan mungkin meresepkan suplemen makanan yang dapat membantu meningkatkan nafsu makan si kecil yang sedang sakit. 

Baca Juga: 3 Penyebab Nafsu Makan Anak Tiba-Tiba Menurun

Bagaimana Bunda, menjaga nafsu makan anak saat sakit ternyata juga sangat menantang, ya? Tetapi dengan menerapkan tips di atas, Bunda pasti akan dapat membantu anak untuk mendapatkan nutrisi yang cukup selama masa penyembuhan. 

Selain itu,ingatlah untuk tetap memberikan dukungan dan perhatian ekstra pada anak saat mereka sedang sakit. Dukungan emosional juga dapat mempengaruhi nafsu makan mereka, lho. Karena bagaimana pun pendampingan dan perhatian Bunda juga Ayah merupakan hal yang paling penting.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi