Being a parent has made me more open, more connected to myself, more happy, and more creative. I’m more discerning in what I do and how I do it. It’s just made me a better person all the way around.
Alicia Keys

Langkah-Langkah Mengenalkan Makanan Pedas pada Anak

author
Ruth Sinambela
Kamis, 16 Februari 2023 | 10:46 WIB
Cita rasa pedas boleh diperkenalkan pada anak, namun harus bertahap | Shutterstock

Mengenalkan makanan pedas pada anak bagi sebagian orang tua bisa jadi merupakan hal yang penting, namun tidak juga bagi sebagian lainnya. 

Terlepas hari hal tersebut, mengenalkan makanan pedas pada anak sebenarnya boleh-boleh saja Bun, asalkan Bunda maupun Ayah telah mengetahui dan mengikuti langkah-langkah memperkenalkan makanan pedas pada anak. Dan tidak langsung memberikan makanan pedas yang ekstrem, seperti cabai rawit utuh.

Baca Juga: Makan Makanan Pedas Saat Menyusui, Ini Manfaatnya Bagi Bayi

Dapat meningkatkan nafsu makan

Makanan pedas bagi sebagian anak terbukti bisa meningkatkan nafsu makan, hal ini lantaran kandungan capsaicin pada cabai atau bahan bercita rasa pedas lainnya, akan melepaskan reseptor di dalam mulut dan memanipulasi otak untuk berpikir bahwa mulut terasa terbakar.

Selanjutnya tubuh akan memproduksi endorfin untuk menahan rasa pedas ini. Endorfin inilah yang sering dikaitkan dengan perasaan bahagia dan akan membuat seseorang ingin menikmatinya lagi.

Cita rasa pedas diyakini dapat meningkatkan nafsu makan anak | Shutterstock

Meski demikian, orang tua tetap harus mengenalkan makanan atau cita rasa pedas pada anak secara perlahan dan bertahap. Berikut ini langkah-langkah yang direkomendasikan para ahli, Bun.

Baca Juga: Busui, Stop Makan Makanan Pedas Jika Bayi Menunjukkan Gejala Ini

MPASI berbumbu di usia 7 bulan

Mulailah dengan memberikan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang bombay, bawang putih, lada, atau jahe, pada MPASI anak saat berusia 7 bulan. Meski tidak pedas, namun rempah-rempah akan memberikan sensasi pedas di langit-langit mulut si kecil, Bun. Hal ini cukup untuk mengenalkannya pada cita rasa pedas di tahap awal.

Menambah rempah aromatik

Setelah si kecil terbiasa dan menyukai MPASI berbumbu, maka Bunda bisa menambahkan rempah aromatik, seperti jintan, daun mint, kunyit, kemangi, atau kayu manis, pada MPASI anak. Lakukan perlahan dan tidak perlu terburu-buru ya, Bun. Gunakanlah rempah maupun bumbu sesuai dengan menu yang Bunda buat.

Akan sangat baik apabila anak mengenal berbagai cita rasa yang ada | Shutterstock

Gunakan cabai hijau besar tanpa biji

Apabila si kecil mulai menikmati makanan atau menu yang sama dengan seluruh keluarga di rumah saat berusia 1 tahun, maka Bunda bisa mulai mengenalkannya dengan olahan yang mengandung cabai. Namun terlebih dahulu gunakanlah cabai hijau besar yang tidak terlalu pedas dan buang bijinya, ya. Apabila si kecil menolak setelah mencicipinya, jangan dipaksa, coba lagi nanti di lain hari.

Baca Juga: Bolehkah Anak Makan Pedas? Ini Kata dr. Tania Nilam Sari

Apabila Bunda melihat si kecil cukup menyukai menu makanan pedas yang dibuat khusus untuknya, barulah Bunda bisa lanjut menaikkan level pedasnya, sedikit demi sedikit. 

Jangan sampai berlebihan ya, Bun. Karena justru bisa membuat saluran cerna si kecil sakit. Selain itu, pastikan kalau cabai yang Bunda gunakan sudah bersih dan bijinya pun sudah Bunda buang, ya!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi