Keep your face always toward the sunshine, and shadows will fall behind you
Walt Whitman

6 Manfaat Ikut Kelas Kehamilan

author
Ruth Sinambela
Jumat, 16 Juni 2023 | 09:46 WIB
Kelas kehamilan akan sangat membantu Bumil dalam mempersiapkan fisik dan mental jelang kehamilan | John Hopkins Medicine

Masa kehamilan adalah periode luar biasa dalam kehidupan seorang perempuan. Bagaimana tidak, selama sembilan bulan tubuh Bunda akan mengalami perubahan yang luar biasa untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sedang dikandung.

Tentunya hal ini akan membuat perubahan besar dalam segala hal, seperti kesehatan fisik maupun mental. Karena itulah ibu hamil harus memahami betul fase ini untuk bisa siap menghadapinya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengikuti kelas kehamilan, Bun.

Baca Juga: Pastikan Bunda dan Ayah Siap Memenuhi 5 Hal Penting Ini Sebelum Menjalani Promil

Kelas kehamilan sendiri adalah program pendidikan yang dirancang khusus untuk memberikan informasi dan dukungan kepada calon ibu selama masa kehamilan. Kelas kehamilan biasanya dapat Bumil temukan di Rumah Sakit Bersalin atau Rumah Sakit Ibu dan Anak.

Berikut beberapa manfaat penting kelas kehamilan bagi Bumil!

Informasi tentang perkembangan dan perawatan kehamilan

Kelas kehamilan akan memberikan pengetahuan mendalam tentang perkembangan janin dan perubahan yang terjadi dalam tubuh ibu selama kehamilan. Selain itu, Bunda juga akan mempelajari tahapan perkembangan janin, perubahan hormon, dan perawatan kesehatan penting yang perlu dilakukan selama kehamilan.

Kelas kehamilan juga akan mengajarkan calon ibu untuk merawat bayi baru lahir dengan benar | Parents.com

Persiapan persalinan dan perawatan pasca melahirkan

Kelas kehamilan juga akan membantu Bumil dalam memahami proses persalinan. Lebih khusus lagi, Bumil akan belajar mengenai teknik relaksasi, dan perawatan pasca lahir.

Tak hanya itu, Bumil juga akan belajar tentang berbagai metode untuk mengurangi nyeri selama persalinan dan perawatan pasca lahir, termasuk bagaimana perawatan bayi baru lahir dan perubahan yang terjadi pada tubuh setelah melahirkan.

Baca Juga: Operasi Caesar Kedua, Apa yang Harus Dipersiapkan?

Dukungan dan bertukar pengalaman

Kelas kehamilan juga menjadi tempat yang baik untuk berbagi pengalaman dengan ibu hamil lainnya. Bunda dapat bertemu dengan ibu hamil lain yang berada dalam tahap kehamilan yang sama atau berbeda, saling memberikan dukungan, dan bertukar pengalaman serta saran yang berguna.

Menguatkan hubungan dengan pasangan

Kelas kehamilan juga melibatkan pasangan dalam persiapan kehamilan dan persalinan yang akan Bunda lalui. Dengan demikian ini akan memberikan kesempatan bagi calon orangtua untuk mendiskusikan peran mereka, membangun ikatan yang lebih kuat, dan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang perubahan yang akan terjadi di dalam keluarga nantinya setelah si kecil lahir.

Para ayah pun akan dilibatkan dalam kelas kehamilan, Bun! | Verywell Family

Pengetahuan tentang gizi dan kesehatan

Kelas kehamilan juga akan memberikan informasi tentang gizi yang tepat untuk ibu hamil dan pertumbuhan janin. Bunda akan mempelajari jenis makanan yang sehat, kebutuhan nutrisi yang spesifik selama kehamilan, serta gaya hidup sehat yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan Bumil dan bayi.

Persiapan emosional dan mental

Kehamilan juga membawa perubahan emosional yang signifikan. Kelas kehamilan akan membantu Bunda memahami perubahan emosional yang mungkin terjadi, memberikan strategi untuk mengatasi stres, kekhawatiran, dan kecemasan yang mungkin dialami selama kehamilan.

Kelas kehamilan adalah kesempatan yang berharga untuk memperoleh pengetahuan yang penting, mendapatkan dukungan, dan mempersiapkan diri secara fisik dan mental untuk perjalanan kehamilan dan persalinan. 

Baca Juga: Calon Bunda dan Ayah yuk, Kenalan dengan Prakonsepsi

Jika Bunda kini tengah hamil, maka pertimbangkanlah untuk bergabung dengan kelas kehamilan yang tersedia di sekitar tempat tinggal Bunda atau sekarang ini juga banyak kelas kehamilan yang bisa dilakukan via Zoom atau secara online, Bun. 

Namun jangan lupa untuk selalu mendiskusikan kondisi dan niat Bunda pada dokter kandungan ya, Bun. Selain lebih aman, Bumil juga akan mendapat informasi dan saran yang tepat dari ahli yang mengetahui betul bagaimana kondisi kehamilan serta kesehatan Bunda.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi