Try to be a rainbow in someone else’s cloud.
Maya Angelou

Coba yuk, Bun! 5 Aplikasi Pengatur Keuangan Anti Ribet

author
Claudia Tari Aplabatansa
Kamis, 6 Juli 2023 | 13:06 WIB
Keterampilan mengatur keuangan wajib dimiliki Bunda sebagai manajer keuangan di rumah. |

Bunda pasti sering mendengar peribahasa “besar pasak daripada tiang” yang artinya pengeluaran lebih besar daripada pendapatan. Gimana Bun, relate enggak? 

Mengatur keuangan memang bisa jadi sesuatu yang mudah bagi sebagian orang namun tidak sedikit pula yang merasa kewalahan. Tidak perlu khawatir Bunda, kini sudah tersedia beragam aplikasi keuangan yang bisa menjadi salah satu alternatif solusi dalam mengelola keuangan rumah tangga. 

Mengapa Perlu Mengelola Keuangan Keluarga?  

  1. Menghindari masalah keuangan

Dengan mengelola keuangan secara efektif, Bunda dapat menghindari masalah-masalah keuangan yang berujung stres, seperti utang yang menumpuk, keterlambatan pembayaran, atau kekurangan dana di tengah kebutuhan mendesak.

  1. Mencapai tujuan keuangan

Dalam mengelola keuangan, Bunda dan Ayah dapat menetapkan tujuan keuangan jangka pendek dan jangka panjang. Misalnya, menabung untuk membeli rumah, pendidikan anak, atau pensiun. Dengan merencanakan keuangan dengan baik, Bunda dapat mengalokasikan dana secara tepat.

  1. Mengembangkan kebiasaan yang baik

Mengelola keuangan dengan disiplin bisa Bunda lakukan dengan membuat anggaran, pencatatan pengeluaran, dan pemantauan keuangan secara teratur. Dengan melakukannya, Bunda dapat mengembangkan kebiasaan yang baik dalam mengatur uang, meningkatkan pemahaman tentang keuangan pribadi, dan membuat keputusan yang bijaksana dalam pengelolaan keuangan.

Keuangan yang teratur membantu Bunda menghadapi kondisi darurat, seperti kehilangan pekerjaan atau mengalami kecelakaan. | Shutterstock

  1. Menghadapi ketidakpastian

Kehilangan pekerjaan, kenaikan biaya hidup, sakit berkepanjangan, kecelakaan, dan kejadian tak terduga lainnya dapat dihadapi dengan baik jika Bunda dan Ayah telah memiliki manajemen finansial yang matang.

  1. Menciptakan stabilitas keuangan

Keluarga terlindungi dengan asuransi, utang semakin berkurang, tabungan pensiun dan pendidikan aman, siapa yang enggak mau, Bun? Yuk, pelan-pelan atur keuangan keluarga sehingga dapat tercipta stabilitas keuangan yang bikin hidup jauh lebih tenang.

Baca Juga: 4 Tipe Kepribadian Dalam Mengatur Keuangan, Kamu yang Mana?

5 Aplikasi Wajib Coba

Bunda bisa lho, mencoba beberapa aplikasi berikut ini untuk membantu Bunda melakukan pencatatan keuangan keluarga:

1. Money Manager

Bunda yang membutuhkan bantuan untuk mengelola keuangan bulanan maupun harian ada Money Manager, nih. Aplikasi satu ini juga menyediakan laporan keuangan tahunan, lho. Dan Bunda juga akan dimudahkan karena laporan keuangan yang dicatat oleh Money Manager dapat diunduh ke ponsel Android dengan berbagai format, salah satunya PDF.

2. Finansialku

Bunda sudah pernah dengar aplikasi Finansialku? Aplikasi ini direkomendasikan untuk Bunda salah satunya karena memiliki sertifikat CFP (Certified Financial Planner). Pada aplikasi Finansialku, Bunda dapat membuat pencatatan keuangan, perencanaan keuangan, dan juga bisa investasi. Finansialku juga siap memberikan saran yang baik tentang cara mengelola keuangan secara efektif dan efisien. 

3. Monefy

Monefy memiliki berbagai fitur yang dapat digunakan untuk mengatur anggaran, diantaranya pilihan mata uang, periode laporan, chart pengeluaran, serta backup dan export data dengan sekali klik tanpa iklan. 

Untuk pertama kali menggunakannya, Bunda dapat masuk ke pengaturan dengan mengklik ikon di sisi kanan untuk mengubah jenis mata uang yang digunakan. Kemudian klik lingkaran untuk memasukkan besaran uang yang akan dikelola. Bunda juga bisa menyertakan memo atau pengingat dari mana uang tersebut berasal, apakah dari tabungan, deposito atau gaji.

4. Money Lover

Jika Bunda memerlukan asisten untuk mengelola keuangan keluarga, aplikasi yang satu ini bisa dipertimbangkan. Terdapat fitur anggaran, tabungan, dan transaksi yang memudahkan Bunda mengelola pemasukan dan pengeluaran bulanan, seperti makanan, transportasi, bahkan hiburan. Jadi enggak perlu repot menulis laporan keuangan pribadi di kertas lagi, kan? 

5. Andromoney

Aplikasi yang satu ini dapat merinci pendapatan dan pengeluaran Bunda dalam tampilan yang sederhana namun cukup detail. Seluruh data Bunda dapat disimpan melalui Dropbox dan Google Docs.

Baca juga: 4 Jenis Investasi Reksadana, Mana yang Cocok Buat Kamu?

Gimana, Bun? Dari beberapa aplikasi yang direkomendasikan Kanya, kira-kira Bunda pilih yang mana? Apa pun pilihan Bunda, tentu bermanfaat untuk memudahkan Bunda dalam pencatatan dan perencanaan keuangan keluarga yang lebih baik. Dengan keuangan yang sehat Bunda bisa lebih enjoy menjalani hari! 

 

Penulis Claudia Tari Aplabatansa
Editor Ratih Sukma Pertiwi