The best way to make children good is to make them happy.
Oscar Wilde

7 Inspirasi Pesta Perayaan Ulang Tahun untuk Balita

author
Ruth Sinambela
Selasa, 4 Juli 2023 | 10:51 WIB
Merayakan ulang tahun anak dengan tema merah muda | Shutterstock

Merayakan ulang tahun anak, khususnya yang masih berusia balita merupakan momen yang penuh keceriaan dan kebahagiaan ya, Bun. Meskipun si kecil mungkin belum sepenuhnya memahami arti perayaan tersebut, namun merencanakan acara ulang tahun yang menyenangkan dapat menciptakan kenangan indah untuk seluruh anggota keluarga. 

Karena itulah perencanaan yang matang sebaiknya dilakukan demi merayakan pesta ulang tahun yang meriah dan seru, khususnya bagi si kecil dan teman-temannya. 

Berikut 7 inspirasi pesta perayaan ulang tahun yang cocok untuk si kecil!

Baca Juga: Tips Libur Sekolah Minim Gadget untuk Anak dan Orang Tua

Pesta tema

Pilihlah tema yang disukai si kecil, Bun. Anak usia balita biasanya menyukai sesuatu seperti hewan-hewan lucu, karakter kartun favorit, atau benda-benda yang berwarna cerah. Dekorasi, kue, dan kostum yang sesuai dengan tema tersebut akan menciptakan suasana yang meriah.

Pesta di taman

Mengadakan pesta ulang tahun di taman belakang yang luas atau berpesta di taman dekat rumah yang bersih dan nyaman, pasti akan menyenangkan! | Shutterstock

Meski tanpa tema khusus, dengan merayakan ulang tahun di taman, Bunda bisa mengajak si kecil bermain bersama beberapa teman-teman dekatnya. Pilihlah taman yang luas, bersih, dan nyaman, agar semua yang hadir bisa ikut menikmati suasananya. Selain itu, apabila memungkinkan pilihlah taman yang bisa dipakai untuk bermain gelembung, bola plastik, seluncuran, dan ayunan. Tambahkan dekorasi sederhana seperti balon berwarna-warni untuk menambah keceriaan.

Pesta air

Siapa yang akan menolak merayakan pesta ulang tahun sambil basah-basahan bersama teman-teman? | Shutterstock

Mengadakan pesta air di halaman belakang rumah atau menyewa kolam renang umum, keduanya sama asyiknya. Biarkan anak-anak bermain dengan mainan air seperti ember, seluncuran air, dan bola air. Apabila menyewa kolam renang umum, maka Bunda bisa merangkai acara yang lebih seru lagi. Seperti bermain bola di kolam renang. Namun ingatlah untuk memastikan anak-anak selalu dalam pengawasan ya, Bunda.

Pesta bermain bebas

Bermain bebas bersama teman-teman dekat di rumah sambil merayakan ulang tahun tentu akan menyenangkan | Shutterstock

Buatlah pesta di rumah tanpa acara yang resmi, melainkan hanya membebaskan anak-anak untuk bermain. Pasang musik yang ceria dan ajak anak-anak menari bersama. Bunda juga dapat menyewa seorang MC yang dapat mengajarkan gerak tarian sederhana untuk anak-anak.

Baca Juga: Ini Plus-Minus Permainan Trampolin untuk Anak

Pesta piknik

Piknik bersama keluarga maupun teman-teman dan bersantai di alam terbuka cocok untuk pesta tiup lilin ulang tahun, Bun | Shutterstock

Bunda bisa mengajak si kecil dan teman-temannya untuk berpiknik di taman atau di halaman belakang rumah. Sediakan tikar atau matras kecil, serta hidangkan makanan ringan seperti kue-kue, burger, buah-buahan, dan minuman segar. Biarkan anak-anak menikmati waktu bersama di alam terbuka.

Pesta kreatifitas

Berkreasi dan berpesta, mengapa tidak? | Shutterstock

Bunda bisa mengadakannya di rumah atau di lokasi yang khusus menyediakan peralatan seni untuk anak. Apabila akan melakukannya di rumah, sediakan kertas, cat air, maupun aktivitas lainnya untuk anak bisa berkreatifitas lewat seni! Biarkan mereka berkreasi dengan bebas, setelah itu acara pesta bisa dilanjutkan dengan tiup lilin dan lain sebagainya.

Pesta Boneka

Baik anak laki-laki maupun perempuan, keduanya pasti akan menikmati bermain boneka bersama teman-teman sambil merayakan ulang tahun! | Shutterstock

Ajak anak-anak untuk membawa boneka kesayangan mereka. Sediakan area khusus untuk "check-up" boneka dan berikan mereka peran sebagai dokter atau perawat untuk bermain bersama di pesta tersebut. Atau Bunda cukup menyediakan area bermain yang luas untuk si kecil dan teman-temannya bisa bermain bersama boneka mereka, baik anak laki-laki maupun perempuan.

Baca Juga: Si Kecil Bicara Sendiri saat Bermain, Ini 3 Manfaatnya

Merayakan ulang tahun anak adalah kesempatan untuk menciptakan momen kebahagiaan yang tak terlupakan. Dengan ide-ide menarik di atas Bunda dapat mulai merencanakan acara yang sesuai dengan minat dan harapan si kecil. Ingatlah untuk mengutamakan keamanan dan kenyamanan anak selama perayaan, ya.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi