I think a lot about teaching my kids to work hard. I’ve learned something about kids ? they don’t do what you say; they do what you do.
Jennifer Lopez

6 Manfaat Kebiasaan Makan Bersama untuk Balita

author
Ruth Sinambela
Minggu, 18 Juni 2023 | 15:00 WIB
Makan bersama keluarga memberikan banyak manfaat baik untuk anak | The conversation

Makan bersama orang tua memiliki manfaat yang sangat penting bagi perkembangan balita. Melalui interaksi ini, balita tidak hanya memenuhi kebutuhan nutrisi fisiknya, tetapi juga memperoleh manfaat sosial, emosional, dan kognitif yang signifikan. 

Berikut adalah beberapa manfaat makan bersama orang tua bagi balita, yang akan sangat sayang jika dilewatkan, Bun. Yuk, mulai kebiasaan baik untuk rutin makan bersama si kecil setiap hari!

Kualitas nutrisi yang lebih baik

Saat makan bersama, orang tua dapat memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi si kecil benar sehat dan gizinya. Orang tua juga dapat memperkenalkan berbagai jenis makanan yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan balita, seperti sayuran, buah-buahan, dan makanan berprotein tinggi. 

Baca Juga: 7 Tips Tingkatkan Nafsu Makan Anak saat Sakit

Selain itu makan bersama juga membantu balita mengembangkan kebiasaan makan yang baik, seperti mengunyah makanan dengan baik dan terhindar dari jenis makanan yang tidak sehat.

Pembelajaran sosial

Makan bersama orang tua memberikan kesempatan bagi anak untuk belajar tentang etika makan dan norma sosial. Mereka dapat belajar bagaimana menggunakan peralatan makan dengan benar, duduk dengan sopan di meja makan, dan berbagi makanan dengan orang lain. 

Interaksi ini juga akan membantu si kecil dalam memahami pentingnya menghormati waktu makan dan berbagi peran di dalam keluarga, khususnya saat duduk bersama di meja makan.

Makan bersama bisa menjadi ajang orang tua dan anak menceritakan banyak hal satu sama lainnya | Getty Images/iStockphoto

Komunikasi dan bahasa

Saat makan bersama, orang tua dan balita dapat berkomunikasi dengan lebih intens. Orang tua dapat mengajukan pertanyaan tentang makanan yang dikonsumsi atau cerita-cerita menarik seputar makanan. Ini memberikan kesempatan bagi balita untuk berbicara, berbagi pendapat, dan memperluas kosa kata mereka. Komunikasi yang terjalin saat makan bersama juga membantu balita dalam mengembangkan keterampilan berbahasa.

Kedekatan dan ikatan emosional

Makan bersama akan memperkuat ikatan antara Bunda, Ayah, dan si kecil. Saat makan bersama, orang tua dapat memberikan perhatian penuh kepada balita, mendengarkan cerita mereka, dan menghabiskan waktu yang berkualitas bersama.

Baca Juga: Batasi 5 Jenis Makanan Ini Kalau Tidak Ingin Daya Ingat Anak Tumpul

Kebiasaan ini akan menciptakan rasa aman dan nyaman yang sangat dibutuhkan balita, yang juga penting untuk perkembangan emosional mereka.

Mengenal makanan baru

Makan bersama dapat menjadi momen yang tepat untuk memperkenalkan makanan baru kepada balita. Saat mereka melihat orang tua mereka mencicipi dan menikmati makanan yang belum pernah mereka coba sebelumnya, balita akan merasa lebih berani untuk mencoba juga. 

Ini juga akan membantu mereka memperluas pilihan makanan dan mendapatkan pola makan yang seimbang.

Makan bersama akan membuat si kecil terbiasa untuk mencoba makanan atau menu baru | SHUTTERSTOCK

Pendidikan tentang gizi

Makan bersama orang tua juga memberikan kesempatan untuk memberikan pendidikan tentang gizi kepada balita. Orang tua dapat menjelaskan manfaat dari setiap makanan yang si kecil konsumsi dan mengapa penting untuk memilih makanan yang sehat. Ini juga akan membantu balita memahami pentingnya pola makan yang seimbang dan mempertahankan kebiasaan makan yang baik di masa depan, Bun!

Makan bersama orang tua memberikan manfaat yang beragam bagi perkembangan balita. Dalam suasana yang santai dan hangat, balita tidak hanya memperoleh nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh dan berkembang. Tetapi juga mengalami interaksi sosial yang bermakna, membangun ikatan emosional, dan belajar tentang makanan yang sehat. 

Baca Juga: Superfood Wajib untuk MPASI Si Kecil

Karena itulah sangat penting bagi orang tua untuk bisa mengambil peran penting dalam menciptakan lingkungan makan yang positif dan memastikan bahwa waktu makan bersama menjadi momen yang menyenangkan dan berharga bagi seluruh keluarga, khususnya si kecil di rumah.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi